Pengusaha Muda Harus Bisa Mengubah Mindset dan Paham Digital

WMM Belajar Quality Mind, Digital Marketing, & Revenue Growth-01 (2)

Menjadi pengusaha atau entrepeneur adalah impian hampir setiap orang. Tapi, tidak semua orang bisa menjadi pengusaha. Karena pengusaha berbeda dengan pekerja atau karyawan. Untuk menjadi pengusaha harus melakukan bebrbagai tahap dan untuk mencapainya tidak semudah yang kamu bayangkan.

Pertama yang harus dilakukan untuk menjadi pengusaha adalah mengubah pola pikir atau mindset. Hal ini sangat penting jika kamu benar dan serius terjun di dunia bisnis. Mindset entrepeneurship harus ditanamkan sejak awal.

Mindset yang ditanamkan di antaranya adalah berpikir positif dan tanggung jawab. Dengan berpikir positif, kamu bisa membentuk kepercayaan diri dan juga bisa mengetahui kualitas diri, serta bisa membangun dan memotivasi agar bisa berkembang di masa mendatang.

Selain itu, yang perlu ditanamkan di awal ketika ingin menjadi pengusaha adalah bertanggung jawab. Sebab, menjadi pengusaha harus mampu mengambil keputusan. Karena yang namanya pengusaha itu dapat mengatur dan menjalankan usahanya agar bertahan lama dan sukses.

Pengetahuan di atas juga didapatkan oleh para Wirasuaha Muda Mandiri, para wirausaha muda tersebut mendapatkan pelatihan  dalam acara “Jakarta Business Excellence Forum & Awards” yang dilaksanakan pada Jumat, 7 Desember 2018 di Hotel Dharmawangsa, Jakarta. Acara ini bekerjasama dengan Action Coach Jakarta.

Dalam pelatihan ini bukan hanya Wirausaha Muda Mandiri saja yang hadir, tapi ada juga beberapa pengusaha lain yang sudah berpengalaman menjalankan bisnisnya. Terdapat 3 topik utama yang dibahas, di antaranya adalah Quality Mind, Digital Marketing, dan Revenue Growth.

Para Wirausaha Muda Mandiri belajar Mind Quality, Digital Strategy, dan Revenue Growth
Para Wirausaha Muda Mandiri belajar Mind Quality, Digital Strategy, dan Revenue Growth

Seperti yang sedikit dijelaskan pada awal tulisan bahwa untuk menjadi pengusaha itu harus bisa mengubah pola pikir. Selain itu juga harus berpikir positif. Topik Mind Quality menjadi pembuka dalam pelatihan ini. Sesi ini dibawakan oleh Coach Marvin Suwarso. Coach Marvin memberikan contoh bagaimana caranya untuk memiliki pikiran yang berkualitas.

Setelah Mind Quality dikupas tuntas, pelatihan ini dilanjutkan dengan Digital Strategy. Mau tidak mau, sebagai pengusaha harus melek dan paham dengan dunia digital. Dengan kondisi yang serba digital seperti sekarang, jika pengusaha tidak berinovasi dan tidak belajar digital marketing, bisa-bisa akan tergilas oleh pesaing.

Salah satu cara untuk memenangkan pasar, saat ini adalah dengan melakukan digital marketing. Hingga awal Januari 2018, menurut data dari WeAreSocial, pengguna internet di Indonesia mencapai 132,7 juta jiwa. Artinya, lebih dari 50% penduduk di Indonesia adalah pengguna internet.

Wirausaha Muda Mandiri belajar Mind Quality, Digital Strategy, dan Revenue Growth 2
Wirausaha Muda Mandiri belajar Mind Quality, Digital Strategy, dan Revenue Growth 2

“Kita harus tahu audience terlebih dahulu, karena setiap orang itu berbeda-beda” ungkap Coach Robbin Muliadi. Bukan hanya itu saja, menurut Coach Robbin Muladi, pengusaha harus membangun website untuk usahanya. Tapi, bukan hanya sekadar website saja, karena websitenya juga diupdate secara konsisten. Selain membangun website, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat sosial media usahanya.

Semoga dengan adanya forum ini, para Wirausaha Muda Mandiri bisa menjalankan bisnis dengan strategi yang telah mereka dapatkan.

Leave a Reply