Berbisnis di Usia Tua, Kenapa Enggak?

Mungkin kamu pernah punya usaha sampingan selain sebagai pekerja kantoran dan punya mimpi untuk serius berbisnis. Namun dikarenakan kesibukan dan keterbatasan modal, kamu memutuskan untuk menunda bisnismu. Jika kamu memutuskan untuk menunda tentu saja usiamu pun akan bertambah tua saat memulai. Tapi jika kamu ingin tetap berkarir saat ini dan berencana mewujudkan impianmu untuk berbisnis di usia tua, kenapa enggak? Berikut adalah keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika berbisnis di usia tua.

 

Berbisnis di Usia Tua, Kenapa Enggak?
Toko musik antik via pixabay.com

1.     Banyak waktu untuk belajar bisnis

Dengan menunda bisnismu, maka kamu bisa mempergunakan waktu luangmu untuk banyak belajar. Belajar mengenai berbagai jenis bisnis yang menarik dan ingin kamu geluti ke depannya. Kamu bisa membaca banyak buku tentang entrepreneurship atau biografi para entrepreneur sukses.

Selain dari buku, kamu juga bisa belajar dari berbagai sumber seperti komunitas bisnis atau kelas entrepreneur. Jika kamu memiliki teman yang sudah memulai usahanya, kamu juga bisa bertanya-tanya kepadanya mengenai semua hal yang perlu kamu tahu dalam mempersiapkan diri untuk terjun ke dalam dunia wirausaha.

2.     Banyak waktu untuk mempersiapkan diri

Selain banyak waktu untuk belajar, kamu juga bisa punya banyak waktu untuk mempersiapkan dirimu. Seperti mempersiapkan mental, keuangan, strategi dan lain sebagainya. Kamu bisa mulai observasi jenis usaha apa yang akan kamu pilih, produk yang ingin kamu ciptakan atau jual nantinya, usaha lihat tren apa yang akan ada di depan, dan menentukan target pasar untuk usahamu ke depannya.

Berbisnis di Usia Tua, Kenapa Enggak?
Bercita-cita memiliki toko roti sendiri? via wikimedia.org

3.     Buat jaringan dan wawasan yang luas

Selagi bekerja kantoran, buatlah networking yang luas untuk menambah wawasan dan juga untuk bisnismu nanti. Share rencana idemu dengan siapa saja. Tanya apakah mereka punya seseorang yang bisa dijadikan mentor untuk usahamu nanti.

Kamu juga bisa melakukan kegiatan lain untuk menambah skill-mu seperti bakerycoding, atau sekolah kepribadian. Selain bisa mengurangi tekanan pekerjaan, siapa tahu kamu akan memperoleh kenalan baru untuk membangun usahamu nantinya.

4.    Semangat baru untuk tetap produktif

Ketika sudah tidak bekerja nantinya, tentunya kamu akan memiliki waktu luang yang banyak. Kamu bisa melakukan hobimu kapan saja sambil membangun bisnismu.

Jangan jadikan usahamu sebuah beban setelah tidak berkantor lagi. Tapi jadikan usahamu passion yang akan menghasilkan sesuatu yang benar-benar kamu inginkan sejak lama walau kamu mengerjakannya bukan nine to five.

Jika kamu sudah memiliki bekal yang cukup seperti modal, ilmu dan mental, kamu juga akan memiliki semangat untuk membangun bisnismu.  Pertahankan semangatmu untuk memiliki usaha di masa datang.  Hal ini akan membuatmu tetap produktif.

 

Berbisnis di Usia Tua, Kenapa Enggak?
Ingin memiliki tempat bimbel sendiri? via pixabay.com

5.     Penghasilan tambahan

Tentunya setelah tidak bekerja kamu harus memiliki cukup dana untuk menunjang masa pensiunmu. Apalagi kalau kamu ingin berbisnis saat pensiun. Pastikan untuk mempersiapkan dana khusus untuk membangun usahamu yang terpisah dari dana untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan memiliki bisnis, selain kamu akan mendapatkan uang pensiun per bulannya, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Jadi, kamu mau mulai berbisnis sebelum pensiun atau berbisnis setelah pensiun? Itulah pertanyaannya. Yuk share jawabanmu di kolom komentar.


 

Leave a Reply