5 Pulau Cantik di Indonesia Timur yang Belum Terjamah

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau. Pulau-pulau tersebut tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan ciri khas masing-masing. Jika ingin pergi berlibur ke pulau yang indah, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena di Indonesialah pulau-pulau cantik itu berada. Berikut adalah 5 pulau cantik di Indonesia Timur yang belum terjamah oleh banyak orang dan menjadi destinasi banyak turis baik lokal maupun mancanegara:

1. Pulau Kanawa

A post shared by Indonesia  ?? (@yunojunior) on


Apabila kamu berniat pergi ke Nusa Tenggara Timur, kamu wajib mengunjungi pulau cantik ini. Pulau Kanawa merupakan pulau kecil yang indah. Pulau ini jauhnya 10 km dari Labuan Bajo dan sangat cocok untuk dijadikan tempat diving, snorkeling atau sekedar berjemur. Karena keindahannya, pulau Kanawa seringkali dijadikan tempat untuk foto pre-wedding bagi pasangan yang ingin menikah.

2. Pulau Arborek

A post shared by Anton Chandra (@antonchandra) on


Raja Ampat memang terkenal dengan pesona bawah lautnya yang sangat memukau. Pulau Arborek merupakan salah satunya yang wajib kamu kunjungi. Pulau Arborek memiliki pantai yang landai dengan dihiasi pohon kelapa yang berjejer. Dari pusat kota, untuk sampai di pulau ini dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dengan menggunakan boat.

Pulau ini pasirnya putih dan lembut. Warnya airnya biru dan sangat jernih sehingga dapat terlihat dengan jelas. Di pulau ini, kita dapat melihat ikan pari. Untuk melihat ikan pari, kita harus berenang hingga kedalaman 20 meter. Untuk kamu yang merasa belum puas menghabiskan waktu di tempat ini, kamu dapat menginap di homestay. Harga penginapan di pulau ini mulai dari Rp 450 ribu per orang per malam.

3. Pulau Moyo

A post shared by Pulau Moyo (@pulau_moyo) on


Untuk mencapai pulau ini, dibutuhkan waktu sekitar 6-7 jam dari kota Mataram, Lombok. Alternatif lain adalah dengan menggunakan pesawat, tetapi hanya ada 2 maskapai penerbangan ke tempat ini yakni Merpati Nusantara Airlines dan Trans Nusa. Apabila menggunakan pesawat terbang, hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit. Waktu terbaik untuk menggunjungi pulai ini adalah bulan Juni dan Juli.

Walaupun pulau ini berada jauh dari pusat kota, rasa lelah akan terbayar begitu sampai ke pulai ini. Keindahan pulau Moyo dengan pasirnya putih begitu memikat. Selain itu, pulau ini juga masih bersih dan bebas dari polusi. Di pulau ini juga terdapat air terjun Mata Jitu yang sangat populer. Air yang yang jernih disertai dengan pemandangan yang jernih menarik, siapa yang dapat menolaknya?

4. Pulau Morotai


Pulau ini terletak di Kepulauan Halmahera, Maluku Utara, Indonesia, di seberang Samudra Pasifik. Pulau ini luasnya kurang lebih 2,5 km persegi. Di pulau ini terdapat banyak sekali obyek wisata. Jika kamu ingin mengunjungi objek wisata dengan air terjun, kamu dapat pergi ke Air Terjun Nakamura, Air Terjun Raja, dan Air Terjun Leo Leo.

Selain itu kamu juga dapat menyeberang menuju pulau-pulau kecil nan indah. Pulau-pulau cantik yang dapat kamu kunjungi adalah Pulau Sumsum yang dahulunya menjadi tempat peristirahatan Jendral D Mac. Arthur, atau Pulau Tabailenge yang berada di dekat Desa Bere Bere, atau Pulau Kokoya yang sangat indah.

5. Pulau Derawan

Pulau Derawan berlokasi di Kalimantan Timur. Di pulau ini, terdapat terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau atau hutan mangrove. Selain itu, terdapat pula spesies yang dilindungi seperti: lumba-lumba, ketam kelapa, duyung, penyu hijau, penyu sisik, paus, dan ikan barakuda. Pulau ini luasnya sekitar 45 hektar.

Air laut tampak bergradasi warna biru dan wijau dengan hamparan pasir putih. Di tempat ini kamu dapat diving dan menikmati biota lautnya yang beragam atau naik speedboat, banana boat, atau kano dan menikmati keindahan lautnya dari atas permukaan laut. Jika kamu ingin menginap, di tempat ini terdapat homestay di rumah penduduk dengan biaya yang terjangkau.

Itulah pulau-pulau Indonesia yang menawan. Liburan nanti, kamu tertarik mengunjungi yang mana?

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Amelia Hadiwinata. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!