Mandiri Jakarta Coffee Week 2018: Pesta Kopi Ala Milenial

Tren menikmati kopi pada anak muda nampaknya enggak memperlihatkan tanda-tanda akan mengalami penurunan. Pasalnya budaya ngopi sudah mendarah-daging di dunia dan kini mendapatkan napas baru dari generasi milenial. Itu sebabnya Jakarta Coffee Week atau Jacoweek adalah salah satu event yang paling ditunggu oleh para milenial, terutama pencinta kopi.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by JAKARTA COFFEE WEEK (@jktcoffeeweek) on

Jacoweek digelar sebagai rangkaian perayaan HUT Bank Mandiri ke-20 dan merupakan bagian dari program Mandiri Coffiesta yang telah diselenggarakan sejak Maret sampai Agustus 2018. Rangkaian Parade Kopi Mandiri ini sudah dilaksanakan di Pontianak, Surabaya, dan Medan dengan Jacoweek sebagai acara puncaknya.

Acara ini juga merupakan kontribusi Bank Mandiri untuk mendorong dan mengembangkan potensi kopi lokal Nusantara. Pasalnya kopi Indonesia telah memiliki reputasi mendunia dengan beragam varian dan rasa yang unik sesuai dengan daerah asal kopi tersebut.

Di acara ini gaya hidup dan budaya menyesap kopi berkualitas diangkat. Para profesional di bidang kopi, dari barista, distributor peralatan pembuat kopi, produsen kopi baik besar maupun indie dari luar dan dalam negeri saling bertemu. Bahkan para petani dari berbagai daerah di Indonesia didatangkan di acara ini. Di sini para petani akhirnya bertemu muka dengan konsumen produk mereka. Para petani bisa mendapatkan pengetahuan mengenai pasar yang biasanya enggak mereka dapatkan di desa mereka. Para penikmat kopi juga jadi lebih memahami dan menghargai kopi yang mereka sesap.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by JAKARTA COFFEE WEEK (@jktcoffeeweek) on

Selain merayakan budaya minum kopi, Jacoweek juga berusaha untuk lebih memperkenalkan para milenial dengan budaya cashless society. Jadi para Nasabah Mandiri bisa mendapatkan berbagai promosi menarik dengan melakukan pembayaran non-tunai dengan kartu Mandiri baik kartu kredit, kartu debit, e-Cash, atau e-Money. Salah satu benefit-nya adalah promo ngopi hemat hingga 50 persen dengan fiestapoin.

 

 

View this post on Instagram

 

Join the crowd, today is the last day!

A post shared by JAKARTA COFFEE WEEK (@jktcoffeeweek) on

Lalu, ada acara apa saja sih di Jacoweek ini? Wah, jangan ditanya. Selain bisa icip-icip kopi gratis dan menikmati penampilan para DJ kenamaan, para pengunjung bisa menyaksikan berbagai acara seru.

 

Mereka bisa menyaksikan sendiri kompetisi berskala Nasional untuk Barista yang dinamakan Indonesia Aeropress Competition yang diadakan oleh ABCD School of Coffee setelah sebelumnya diadakan dua kompetisi regional di Medan dan Surabaya. Pertandingan finalnya diselenggarakan di Jacoweek 2018 dimana juara nasional dapat pergi ke Sydney untuk mewakili Indonesia di World AeroPress Championship 2018.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by JAKARTA COFFEE WEEK (@jktcoffeeweek) on

Selain itu, ada juga Fire and Gas Roasting Competition yang diadakan oleh ABCD School of Coffee. Banyak roasters dari Jakarta dan kota lain ikut berpartisipasi di turnamen ini. Pasalnya, kini merek-merek kopi indie atau micro roasters mulai menjamur dan memiliki banyak fans. Dengan kompetisi ini mereka bisa membangun merek kopi mereka.

Kamu sendiri kemarin datang enggak ke Jacoweek 2018? Kalau enggak sempat, jangan sampai ketinggalan untuk tahun depan yah.


 

Leave a Reply