5 Tips agar Tetap Hemat saat Berbelanja

Belanja merupakan kegiatan favorit sebagian besar orang terutama wanita. Apabila sedang berbelanja, seringkali kita menjadi kalap dan berujung membeli hal-hal yang sebenarnya tidak kita butuhkan, alhasil uang kita jadi terpakai untuk hal-hal yang tidak seharusnya dan keuangan kita menjadi kacau. Berikut adalah 5 tips hemat agar kamu berbelanja dengan cerdas dan tidak kebablasan:

1. Buat perencanaan

5 Tips agar Tetap Hemat saat Berbelanja
via pixabay.com

Sebelum pergi berbelanja, buatlah terlebih dahulu daftar barang yang kita butuhkan dan ingin kita beli. Daftar belanjaan tersebut dapat ditulis di kertas atau diketik di handphone. Sehingga ketika sampai di tempat belanja kita tidak perlu binggung lagi harus membeli apa. Selain itu, kita akan terhindar dari belanja barang yang tidak diperlukan dan malah lupa membeli barang yang kita perlu.

2. Siapkan uang pas

5 Tips agar Tetap Hemat saat Berbelanja
via pixabay.com

Ketika mau pergi berbelanja, jangan bawa uang terlalu banyak. Bawalah uang secukupnya sesuai dengan kebutuhan untuk barang yang sudah kita catat. Jangan takut untuk kehabisan uang, karena kita dapat membeli di lain waktu. Uang yang berlebih akan mendorong kita untuk terus berbelanja.

3. Jangan bawa kartu debit maupun kartu kredit

5 Tips agar Tetap Hemat saat Berbelanja
via pixabay.com

Kartu pembayaran seperti kartu debit dan kartu kredit memungkinkan kita tetap berbelanja walaupun uang tunai yang kita bawa telah habis. Untuk itu, tinggalkan saja kartu ATM-mu di rumah. Kita boleh menyisahkan uang cadangan untuk keamanan apabila ada keadaan mendesak terjadi. Namun, pastikan jumlahnya tidak terlalu banyak.

4. Cek harga

5 Tips agar Tetap Hemat saat Berbelanja
via wikimedia.org

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang, cermati dulu harga barang tersebut apakah sesuai dengan kualitas barangnya. Kamu juga dapat mengunjungi toko lain, siapa tahu kamu dapat menemukan barang sama dengan harga yang lebih murah. Apabila kamu merasa harga barang tersebut cukup mahal, tidak ada salahnya untuk kamu memutuskan tidak membeli barang tersebut.

5. Pulang

5 Tips agar Tetap Hemat saat Berbelanja
via flickr.com

Setelah selesai berbelanja sesuai dengan daftar yang telah dibuat, langsung lah pergi pulang. Apabila kita lanjut pergi berjalan-jalan keliling toko, hal ini memungkinkan kita melihat barang lainnya dan jadi tertarik untuk membeli barang yang sesungguhnya tidak kita butuhkan tersebut.

Itulah beberapa cara agar belanjamu lebih terarah dan menjaga agar dompet tidak menjadi tipis. Kamu punya tips lain dalam berbelanja yang bisa dibagikan? Tulis dalam kolom komentar ya.

 

Tulisan di atas adalah kiriman dariĀ  Amelia Hadiwinata. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply