Tips “Menjual Diri” Dalam 5 Menit untuk Sukses

Pernahkah kamu bertemu dengan seorang calon investor, atau calon klien yang potensial namun karena waktu yang terbatas jadi enggak bisa melakukan promosi maksimal? Jika belum, inilah saatnya untuk mempersiapkan dirimu dengan Elevator Speech atau menjual diri dengan singkat selama 5-10 menit. Berikut adalah tips bagaimana menjual dirimu dalam waktu lima menit:

Konsep 4 W dan 1 H

Tips "Menjual Diri" Dalam 5 Menit untuk Sukses
via maxpixel.freegreatpicture.com

Gunakan rumus 4 W dan 1 H : Who, What, Why, Where dan How untuk membuar daftar hal-hal yang perlu kamu presentasikan. Jadi, coba tanyakan pada dirimu:  Who are you? What do you do? Why you do it? Where you do it? How you do it? Who is your audience? How is the prospect now and then? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini akan membantumu menyusun presentasi yang singkat namun efektif.

Brainstorming

Tips "Menjual Diri" Dalam 5 Menit untuk Sukses
via pexels.com

Lakukan brainstorming dengan menuliskan apa saja yang ingin kamu katakan ketika memperkenalkan dirimu dan bisnismu kepada orang lain. Dimulai dengan salam yang diikuti dengan perkenalan, namamu, perusahaan/organisasi tempatmu bekerja, dan posisimu saat ini. Kemudian tulis motivasimu dalam melakukan bisnismu atau pekerjaanmu, lalu semua kelebihanmu maupun produkmu.

Tambahkan fakta atau data

Tips "Menjual Diri" Dalam 5 Menit untuk Sukses
via pexels.com

Sebutkan juga fakta-fakta yang membuatmu berbeda dari lainnya. Seperti daftar prestasi atau pencapaian yang sudah diraih. Kemudian kamu bisa membuat daftar apa yang kamu lakukan, produk atau jasa apa yang kamu tawarkan, bagaimana peluang bisnis ke depan saat ini dan kedepannya, serta goal-mu yang dapat memikat sang calon klien atau investor.

Sortir dan Susun

Tips "Menjual Diri" Dalam 5 Menit untuk Sukses
via wikimedia.org

Setelah kamu menghasilkan daftar yang cukup panjang. Saatnya kamu membacanya lagi dan mulai menyortir mana saja yang perlu orang lain ketahui. Pilihlah yang terbaik untuk menonjolkan kelebihan yang kamu punya dan susunlah ke dalam susunan kalimat yang singkat, jelas dan padat.

Latihan Presentasi

Tips "Menjual Diri" Dalam 5 Menit untuk Sukses
via wikimedia.org

Setelah memiliki susunan kalimat presentasi, berlatihlah di depan cermin. Dengan berlatih sesering mungkin, kamu akan terbiasa dan luwes dalam memperkenalkan dan menjual dirimu. Jika kamu belum percaya diri, kamu bisa meminta kerabat atau kolegamu untuk menilai bagaimana kamu mempresentasikan dirimu. Apakah sudah cukup bagus atau masih ada yang perlu diperbaiki?

Latih Bahasa Tubuhmu

Tips "Menjual Diri" Dalam 5 Menit untuk Sukses
via wikimedia.org

Dengan latihan presentasi selain melatih cara bicaramu, kamu juga bisa melatih bahasa tubuhmu. Kamu bisa mengetahui bagaimana sikap tubuh yang harus kamu tampilkan untuk memberikan kesan yang baik kepada CEO, Investor atau Klien. Satu hal yang penting dalam sikap tubuh adalah jangan lupa untuk tersenyum. Dengan senyum maka secara otomatis kamu akan membangun kepercayaan dirimu dalam menghadapi tantangan.

Sudah siap menjual dirimu dengan Elevator Speech? Ayo buat Elevator Speech kamu yang dapat membuat Investor dan Klien ingin mengetahui tentang dirimu lebih lanjut! Good luck!


 

Leave a Reply