9 Cara Meningkatkan Follower Media Sosial untuk Mempromosikan Bisnismu

Media sosial sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari bisnis. Dengan media sosial, pemasaran dan promosi produk jadi jauh lebih mudah dan murah. Entrepreneur yang paham bagaimana memanfaatkan media sosial akan bisa mengembangkan bisnisnya dengan efektif dan cepat.

Akhirnya banyak entrepreneur yang berlomba-lomba untuk meningkatkan popularitas produk atau perusahaan mereka di media sosial. Salah satu caranya adalah dengan mengumpulkan follower di media sosial sebanyak-banyaknya. Enggak heran kalau Kim Kardashian sukses dengan berbagai macam lini bisnis yang menyandang namanya.

Mau ikutan Kim dalam mengembangkan kerajaan bisnisnya? Yuk baca 7 cara meningkatkan follower media sosial untuk bisnismu ini.

1. Temukan lingkaran sosial yang tepat

9 Cara Meningkatkan Follower Media Sosial untuk Mempromosikan Bisnismu
via pixabay.com

Masuki lingkaran media sosial yang menghargai produk dan keahlianmu sehingga kamu bisa menjadi influencer di antara mereka. Jangan hanya menunggu untuk diundang namun aktiflah mencari.

Buat koneksi dengan bisnis lain yang sesuai segmentasimu dan promosikan satu sama lain. Follow mereka dan berinteraksilah seperti membagi konten, tag, mention atau sekedar memberi komentar. Kamu akan bisa membangun hubungan dengan mereka dan kemungkinan besar mereka juga akan mempromosikan produkmu.

Berikan tautan akun media sosialmu di newsletter, email, blog, dan lain sebagainya. Buat followermu tertarik untuk mengikuti akun media sosialmu yang lainnya. Promosikan kegiatan-kegiatan menarik yang terjadi di akun media sosialmu dengan yang lainnya.

2. Tau apa yang diinginkan audiens-mu

9 Cara Meningkatkan Follower Media Sosial untuk Mempromosikan Bisnismu
via staticflickr.com

Apa yang kamu pikir menarik belum tentu menarik untuk audiens-mu. Identifikasi post dan konten apa saja yang selama ini populer. Populer berarti banyak mendapat komentar atau di-share. Post dan konten inilah yang disukai dan ingin dilihat oleh audiens-mu.

Posting konten yang original, relevan dan lain dari yang lain. Berikan informasi dan edukasi yang berguna bagi banyak orang sehingga kamu memiliki kredibilitas untuk memberikan informasi. Bagikan konten yang unik dan hanya kamu yang tau.

Bangkitkan emosi (baik positif maupun negatif) dengan post dan kontenmu. Cari tahu bagaimana cara membuat konten viral. Hal-hal ini bisa meningkatkan reshare. Pastikan juga kamu menempatkan tombol share di setiap konten atau post agar lebih mudah untuk di share.

3. Gunakan tagar (#) yang tepat

9 Cara Meningkatkan Follower Media Sosial untuk Mempromosikan Bisnismu
via pixabay.com

Menggunakan tagar yang populer akan membuatmu konten atau postinganmu banyak mendapat like, share dan komentar. Namun, kalau kamu mau mempromosikan bisnismu, gunakan tagar yang relevan. Hal ini berarti kamu perlu mencari tagar yang banyak dicari namun juga bisa mendeskripsikan produk atau bisnismu.

Cobalah menggunakan tagar dan kata kunci yang berbeda-beda dan temukan yang paling efektif untuk mempromosikan bisnismu. Gunakan tagar ini untuk menarik calon follower yang mencari dengan menggunakan kata kunci dan tagar tersebut.

Setelah menemukan yang bagus, kelompokkan tagar sesuai dengan kategori produk. Ciptakan juga daftar tagar yang populer secara lokal dan berkaitan dengan bisnismu. Sistem ini akan memudahkanmu untuk menaruh tagar ketika akan membuat posting baru.

4. Posting pada waktu yang tepat

9 Cara Meningkatkan Follower Media Sosial untuk Mempromosikan Bisnismu
via maxpixel.freegreatpicture.com

Selain sering dan konsisten membuat post, kamu juga perlu mengatur waktu untuk merilisnya. Pelajari dari yang sudah-sudah, waktu kapan saja yang merupakan saat-saat terbaik untuk mendapatkan respon publik. Waktu posting yang optimal akan berbeda antar jenis bisnis, media sosial, segmentasi dan lain sebagainya.

Ujilah dengan berbagai posting pada waktu yang berbeda dan lihat mana yang menghasilkan reaksi dan share paling banyak. Kamu juga bisa menggunakan program untuk menentukan jadwal post-mu.

5. Menjadi sponsor

9 Cara Meningkatkan Follower Media Sosial untuk Mempromosikan Bisnismu
via staticflickr.com

Gunakan influencer media sosial untuk mempromosikan bisnismu. Para influencer ini adalah public figure yang memiliki follower banyak dan bisa mengenalkan produkmu kepada audiens yang lebih luas. Tentu saja sesuaikan produkmu dengan influencernya, misalnya kalau kamu menjual kosmetik, cari beauty blogger yang terkenal.

Tarif tiap influencer berbeda-beda tergantung dari jumlah followernya. Kamu juga bisa mengirimkan produkmu jika perlu ulasan lebih lanjut dan perlu penjelasan. Buat agar iklan terlihat alami dan enggak terlalu komersial. Promosi seperti ini biasanya paling banyak disukai.

6. Berikan hadiah

9 Cara Meningkatkan Follower Media Sosial untuk Mempromosikan Bisnismu
via staticflickr.com

Adakan kuis dimana memberi like dan menjadi follower akun media sosialmu menjadi syarat untuk memenangkan hadiah. Berikan penawaran eksklusif untuk followermu agar mereka merasa menjadi bagian dari suatu inner circle. Berikan juga berbagai insentif seperti diskon, kupon, sampel produk atau hadiah untuk fans dan follower baru.

7. Responsif

9 Cara Meningkatkan Follower Media Sosial untuk Mempromosikan Bisnismu
via pixabay.com

Responsif adalah kunci dari menjaga dan menambah jumlah follower. Balas pertanyaan, komentar dan keluhan dengan aktif. Banyak sekali perusahaan dan merek besar yang memiliki follower yang besar namun tidak memelihara dialog dengan follower mereka. Ini adalah kesalahan besar.

Berikan respon yang membantu dan enggak melulu promosi. Pertahankan kualitas respon di akun media sosialmu secara konsisten. Memiliki beberapa akun media sosial yang aktif akan lebih baik daripada memiliki banyak namun enggak konsisten.

8. Jangan terlalu komersil

9 Cara Meningkatkan Follower Media Sosial untuk Mempromosikan Bisnismu
via staticflickr.com

 

Agar enggak terlalu komersial dan terkesan promosi banget, gunakan cerita-cerita yang bisa membuatmu terhubung dengan fans dan follower. Cerita akan lebih banyak di share daripada konten promosi.

Berikan juga sentuhan humor untuk memberi hiburan dan memanusiakan produk atau merekmu. Unggah quote dan foto yang menginspirasi untuk mendapatkan banyak reshare.

Biarkan followermu melihatmu sebagai seseorang yang menyenangkan daripada bisnis biasa. Hal ini akan membuat mereka merasa lebih terhubung denganmu.

9. Pakai tools yang bagus

9 Cara Meningkatkan Follower Media Sosial untuk Mempromosikan Bisnismu
via pixabay.com

 

Selain itu, alat atau tools yang bagus akan sangat berguna untuk promosi produkmu di media sosial. Beberapa alat media sosial di bawah ini akan sangat membantu membuat akunmu efektif:

  • Schedugram dapat digunakan untuk menjadwalkan posting instagram sesuai dengan waktu yang kamu tentukan.
  • IconoSquare memberikan info, analisa, dan pengetahuan mengenai akun dan follower-mu.
  • Webstagram dapat menemukan tagar terbaik untuk post yang akan kamu langsir dan orang-orang yang tepat untuk post bersponsormu.
  • Plugin menyediakan berbagai alat yang sesuai di WordPress.
  • Hashtagify.me dapat menemukan tagar yang relevan dan sedang trending.
  • Twitter Embedded Timeline untuk membuat tombol media sosial yang menarik dan enggak biasa.
  • Inline Tweet Sharer adalah plugin untuk mendorong pengunjung akunmu untuk men-share konten tweet-mu.
  • Buzzsumo untuk menemukan influencer di Youtube yang sesuai untuk bisnismu.
  • Fanpage Karma dapat membantumu mengidentifikasi postingan terpopuler di lingkaran media sosialmu, membuat daftar Facebook Interest dan mem-follow sumber-sumber ternama di Twitter untuk bidang bisnismu dan membagikan berita terbaru dengan follower-mu.
  • Post Planner membantumu menyediakan gambar dan konten yang terbukti bisa viral.
  • Rafflecopter adalah alat yang mempermudahmu membagikan hadiah di akun media sosialmu.

Apakah kamu punya tips lainnya untuk mempromosikan bisnismu? yuk share tipsmu di kolom komentar di bawah ini.


 

Leave a Reply