7 Tips menjadi Entrepreneur

Mungkin banyak dari kita yang tertarik untuk menjadi entrepreneur tetapi binggung harus mulai dari mana. Untuk menjadi entrepreneur tidak harus mempunyai modal besar loh asal kita dapat melakukan hal-hal yang penting untuk membangun bisnis yang sukses. Entrepreneur atau wirausahawan merupakan seseorang yang melakukan aktivitas pengenalan produk dengan cara produksi yang baru, menyusun manajemen operasi, memasarkannya, dan mengatur permodalan usahanya. Berikut adalah tips menjadi entrepreneur untuk kamu yang ingin memulai wirausaha:

 

1. Melakukan survey kebutuhan pasar

7 Tips menjadi Entrepreneur
via wikimedia.org

Melakukan survey penelitian pasar bertujuan untuk mengetahui apa kebutuhan masyarakat saat ini. Setelah mengetahui apa yang dibutuhkan pasar, kita dapat membuat produk atau jasa sesuai dengan apa yang dibutuhkan atau diinginkan oleh masyarakat.

2. Membuat produk yang unik

7 Tips menjadi Entrepreneur
via flickr.com

Produk yang kita buat haruslah berbeda dari produk-produk yang telah ada. Produk tersebut boleh saja jenis yang sama dengan produk yang telah ada tetapi tetap harus memiliki ciri khas dan kelebihan dari produk lainnya sehingga orang mau membeli produk yang kita akan sediakan.

3. Menentukan target pasar

7 Tips menjadi Entrepreneur
via flickr.com

Sebelum memulai usaha, kita sebaiknya menentukan terlebih dahulu apa target pasarmu. Apakah kalangan menengah ke bawah, kalangan menengah ke atas atau kalangan atas? Sehingga kita dapat menentukan harga produk kita dengan baik dan sesuai.

4. Menguasai bisnis yang akan kamu jalani

7 Tips menjadi Entrepreneur
via flickr.com

Kita harus menguasai dasar-dasar bisnisĀ  untuk membantu kita dalam berwirausaha. Lebih dari itu, kita harus benar-benar menguasai bisnis yang akan kita jalani. Hal ini membantu kita ketika kita akan mencari dana melalui investor. Apabila kita tidak menguasai dengan baik bisnis yang akan kita mulai, bagaimana orang bisa yakin untuk menanamkan modalnya pada bisnis yang akan kita bangun.

5. Memperluas koneksi

7 Tips menjadi Entrepreneur
via flickr.com

Kenalan atau jaringan yang luas sangat berpengaruh pada suatu bisnis. Kita perlu banyak berkenalan dan belajar dari pengusaha yang telah lebih dahulu sukses. Konektivitas bahkan dianggap sebagai hal terpenting apabila ingin memulai suatu usaha. Koneksi dapat membantu kita untuk melakukan promosi, maupun sebagai pemasok produk kita.

6. Menghilangkan rasa gengsi

7 Tips menjadi Entrepreneur
via pixabay.com

Memulai usaha dari nol membuat kita kadang tidak percaya diri. Bisnis yang masih kecil mungkin membuat kita diejek oleh teman atau orang lain. Kita harus menjual sendiri barang dagangan kita kepada teman membuat kita merasa gengsi. Tapi dengan tetap yakin dan bekerja terhadap bisnis yang akan kita jalani, suatu saat ketika kita sudah berhasil, orang yang telah mengejek kita malah akan kagum terhadap kita.

7. Tidak mudah menyerah

7 Tips menjadi Entrepreneur
via maxpixel.net

Saat mendirikan sebuah bisnis, seringkali tidak langsung berhasil. Tidak sering kita ditimpa masalah bahkan sampai kegagalan. Oleh karena itu, kita harus memiliki sikap menerima, pantang menyerah dan mau bangkit. Kegagalan yang dialami hendaknya menjadi pelajaran sehingga kita menjadi lebih berhati-hati dan mendapatkan pelajaran dari kegagal tersebut sehingga kemampuan kita menjadi meningkat.

Menurutmu, poin mana yang paling sulit untuk diterapkan? Kamu ada tips lain?

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Amelia Hadiwinata. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply