5 Elemen Indonesia yang Masuk ke Film dan Komik Asing

Siapa sih yang enggak tahu kalau Indonesia itu terkenal dengan keindahan alam dan keanekaragaman budayanya. Kekayaan alam dan budaya inilah yang membuat banyak film dan komik asing yang memasukkan elemen Indonesia. Berikut adalah lima elemen Indonesia di film dan komik asing yang bisa membuat kamu bangga menjadi orang Indonesia:

1.     Bahasa Indonesia di film Despicable Me

https://www.youtube.com/watch?v=Nfwu8nttTvE

Siapa yang enggak tahu dengan Minions dalam film Despicable Me? Film garapan Pierre Coffin, sutradara Perancis yang merupakan anak dari Sastrawan Indonesian NH Dini  ini memasukkan banyak kata dari Bahasa Indonesia di dalamnya.

Seperti kata ‘Nih lebih nyata, Baris, Kemari, Ini Bob, Lakukan Aja, Paduka Raja, Keren, Buka, Terima kasih, Narsis-narsis Ga Masalah, Sebentar, Lempar, Melempar, Kampreto, Sudah-sudah, Maap, Aduh, Awas, Hati-hati’ dan masih banyak lagi.

2.     Bandara Kemayoran di Komik Tintin

https://www.youtube.com/watch?v=KIbx26m8Rpg

Tintin adalah komik terkenal yang dibuat oleh kartunis dari Belgia yaitu Hergé. Bagi pencinta Komik Tintin pasti kamu tahu salah satu bukunya yang berjudul  ‘Flight 714 to Sydney’. Di dalam seri tersebut Tintin pernah transit di Jakarta, tepatnya di bandara Kemayoran sebelum pergi ke Sydney.

3.     Indonesia di Drama Korea

Ternyata banyak loh drama-drama Korea yang memunculkan produk Indonesia di dalamnya. Sebut saja film Indonesia yang muncul di drama Korea Cheese in the Trap, tempat tidur kayu dari Indonesia di drama Mask, nasi goreng  yang disajikan ke atasan merangkap pacar di drama My Secret Romance, bahasa Indonesia dan makanan Indonesia di K-Food Mini Drama ‘Lunch Box’.

4.     Pencak Silat dan Bahasa Indonesia di film Hollywood

Pencak Silat adalah salah satu seni bela diri di Indonesia yang mulai dilirik oleh mancanegara termasuk untuk film-film laga di Hollywood. Sebut saja The Accountant yang menceritakan masa kecil Christian Wolf di Jakarta dan belajar Pencak Silat, Fast and Furious dimana Joe Taslim memamerkan keahlian silatnya yang keren, atau Iko Uwais di film Man of Tai Chi bareng keanu Rives

5.     La La Land mempromosikan Indonesia

 

Salah satu adegan di film La La Land yang mempromosikan Indonesia adalah adanya percakapan antara Greg dan Kakaknya.

Kakak Greg: “Aku punya saran untukmu. Indonesia”

Greg : “Aku belum pernah mendengarnya.”

Kakak Greg: “Aku tidak ingat semuanya, tapi itu mengubah hidupku. Tempat itu (Indonesia) sangat mempengaruhiku dan luar biasa.”

Greg: “Apakah semenarik itu?”

Kakak Greg: “Penginapannya bintang lima dan bernuansa hutan serta ramah lingkungan. Kau takkan mempercayainya.”

 

Nah terbuktikan Indonesia itu keren dan layak dipromosikan di mancanegara lewat karya seni seperti yang ada di atas tadi. Apakah kamu tahu film atau komik luar yang mempunyai elemen Indonesia di dalamnya?


 

Leave a Reply