5 Museum di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

Museum memang sudah identik dengan berbagai macam peninggalan kuno, seperti artefak, candi, keramik, dan barang-barang lainnya. Kebanyakan, para wisatawan masih berpikir apabila berkunjung ke museum adalah hal yang membosankan. Namun, museum sendiri bukan berarti tempat yang dihindari untuk tujuan berlibur. Di sana, kalian bisa banyak melihat berbagai barang yang antik sekaligus mengedukasi pikiran secara mandiri lewat jalan-jalan lucu.

Dari sini, penulis ingin merekomendasikan kepada para pembaca untuk melihat berbagai museum yang patut untuk dikunjungi. Tak perlu jauh-jauh melancong ke luar negeri, Indonesia sendiri adalah negara yang banyak menyimpan museum yang menarik untuk disimak. Berikut adalah lima museum yang wajib dikunjungi di Indonesia yang mungkin cocok jadi tujuan liburanmu.

1. Museum Tsunami Aceh (Banda Aceh)

5 Museum di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi
via cdn.idntimes.com

Museum ini didirikan untuk mengenang tragedi Tsunami Aceh pada tahun 2004 lalu. Jika kalian melihat ke dalam, kalian akan melihat beberapa nama korban Tsunami Aceh. Museum yang dirancang oleh Ridwan Kamil ini juga menjadi pusat pendidikan terhadap kalian yang ingin tahu kejadian mengerikan beberapa tahun silam. Tak hanya itu, tempat ini juga menyediakan tempat perlindungan darurat apabila bencana tsunami kembali terjadi.

2. Museum House of Sampoerna (Surabaya)

5 Museum di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi
via cdn.idntimes.com

Pada awalnya, bangunan ini merupakan sebuah gedung pentas yang dimiliki oleh perusahaan rokok terbesar di Indonesia, PT. Sampoerna. Namun, tempat itu kemudian disulap menjadi museum yang berisi tentang seluk beluk rokok kretek, mulai dari pembuatannya hingga koleksinya. Selain itu, kamu juga bisa melihat bagaimana cara pembuatan rokok yang dibuat oleh Pabrik Sampoerna juga loh.

3. Museum Rekor Indonesia (Semarang)

5 Museum di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi
via cdn.idntimes.com

Museum ini sendiri dikenal dengan nama MURI. Di sini, kalian akan melihat beberapa rekor yang berhasil dipecahkan oleh rakyat Indonesia, baik di skala nasional maupun skala internasional. Jika kalian mengunjungi museum ini, siapa tahu kalian bisa terinspirasi untuk membuat rekor baru di Indonesia. Waduh…

4. Museum Anak Kolong Tangga (Yogyakarta)

5 Museum di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi
via cdn.idntimes.com

Buat kalian yang lahir di periode 1990-an, kalian pasti akan bernostalgia dengan masa kecil kalian. Di museum ini, kalian bisa membalaskan rindu, terutama terhadap mainan-mainan sewaktu kecil dulu. Museum mainan pertama dan satu-satunya yang ada di Indonesia ini menyajikan 16.000 koleksi berupa mainan, buku cerita, dan gambaran. Mainan itu tak hanya berasal dari Indonesia loh, ada juga yang dari luar negeri.

5. Museum Nasional (Jakarta)

5 Museum di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi
via wikimedia.org

Tak lengkap rasanya jika saya tak memasukkan museum ini dalam tulisan. Sebab, di sinilah kamu bisa menemukan berbagai peninggalan barang peninggalan nenek moyang. Entah mulai dari alat memasak, pakaian, hingga senjata pun dihadirkan di museum ini. Jangan heran jika kalian akan lelah, letih, lesu, lemah, lunglai, lebay setelah memutari ruangan di museum tersebut. Namun jangan khawatir, di sini juga ada kafe untuk sekadar istirahat sekaligus makan minum lucu.

Itulah sajian museum yang bisa saya sajikan di tulisan ini. Apabila anda tengah memasuki weekend, tak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat tersebut. Sebab, liburan akan berasa lebih menyenangkan apabila otak juga mendapat asupan, hehehe.

Tulisan di atas adalah kiriman dari Dicky Prastya. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply