4 Cara Mengatur Uang agar Tidak Berhutang

Berhutang bukan langkah yang tepat untuk bisa mewujudkan segala sesuatu yang kamu inginkan. Pasti kamu pernah mendengar tentang kasus penyitaan aset karena ada yang enggak mampu melunasi hutangnya. Pastinya kamu enggak menginginkan hal itu terjadi dong. Oleh sebab itu kamu perlu mengelola finansial agar enggak terjerat hutang.

Berikut adalah 4 cara mengatur uang agar tidak berhutang sehingga kita bisa lebih bijak menggunakan uang. Yuk baca terus.

Beli Sesuai Dengan Kebutuhan Kita

4 Cara Mengatur Uang agar Tidak Berhutang
via pxhere.com

Jika saat ini ada suatu barang yang sangat ingin kamu beli, coba tanyakan pada diri sendiri, apakah barang ini merupakan kebutuhan atau hanya keinginan saja. Bisa saja diskon yang ditawarkan cukup menggiurkan.

Jika hanya keinginan sebaiknya jangan dibeli, sebab jika kita terus menuruti keinginan maka ketika sedang tidak punya uang akan sangat mungkin kita mencari pinjaman atau kredit barang.

Catatlah semua barang yang memang menjadi kebutuhan kamu saat, terutama saat akan pergi berbelanja. Jangan tergiur atau terkecoh dengan diskon-diskon yang diberikan. Hanya beli saat diskon jika dapat menekan pengeluaran kamu, dan sesuai dengan daftar belanjaanmu. Dengan cara ini kamu sudah menghindari penumpukan barang yang enggak kita butuhkan.

Beli Sesuai Dengan Anggaran Belanja Kita

4 Cara Mengatur Uang agar Tidak Berhutang
via pxhere.com

Oke, jika kamu sudah mencatat semua barang yang menjadi kebutuhan. Maka cara selanjutnya adalah menyesuaikan harga barang dengan anggaran belanja yang kita miliki. Jangan sampai kita mencari gengsi dengan membeli barang-barang bermerek padahal fungsinya sama saja. Coba luangkan waktu untuk membandingkan kualitas, kuantitas dan harga.

Sabar Dan Rencanakan Membelinya Di Masa Depan

4 Cara Mengatur Uang agar Tidak Berhutang
via media.defense.gov

Tidak selalu barang yang kita butuhkan harus dibeli saat itu juga. Kalau memang harga barang tersebut melebih anggaran belanja, maka sebaiknya kamu bersabar dan rencanakan untuk membeli di waktu mendatang.

Banyak keuntungan yang bisa dapatkan dengan menunda pembelian, contohnya adalah handphone. Semakin banyak keluar modelnya maka model terdahulu harganya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan model terbaru. Dengan cara ini kamu sudah terhindar dari berhutang dan bisa jauh lebih hemat.

Minta Nasihat Orang Tedekat yang Paham Keuangan

4 Cara Mengatur Uang agar Tidak Berhutang
via media.defense.gov

Suatu masalah memang tidak bisa dilihat dari suatu sisi saja melainkan harus dari sisi lainnya juga. Begitu juga dengan pengaturan finansial. Kita sebaiknya meminta nasihat kepada orang lain yang lebih paham tentang keuangan.

Dengan begitu kamu akan lebih terbuka wawasannya tentang keuangan dan memiliki pola pikir untuk enggak berhutang. Sebab orang yang paham soal keuangan pasti tahu bagaimana risiko yang ditimbulkan jika berhutang. Apalagi jika nominalnya besar dan penghasilan kamu pas-pasan.

Itulah 5 cara mengatur uang agar tidak berhutang. Enggak susah kan? Yuk coba untuk menghindari hutang agar terhindar dari banyaknya risiko yang ditimbulkan.


 

Leave a Reply