5 Alasan Pentingnya Punya Lebih dari Satu Bisnis

Menjadi entrepreneur yang membangun bisnisnya dari awal bisa disamakan dengan orang tua yang merawat bayinya. Semua energi, sumber daya dan pikiran dicurahkan untuk membesarkan bisnis tersebut. Sesuai dengan prinsip banyak anak banyak rejeki, hal tersebut juga bisa diterapkan pada bisnis.

Semakin banyak bisnis yang kamu miliki, semakin banyak juga kesempatan dan keuntungan yang bisa didapatkan. Namun, tentu saja risiko dan energi yang dikeluarkan harus lebih banyak. Walaupun begitu jangan jadi ketakutan. Kamu perlu baca 5 alasan pentingnya punya lebih dari satu bisnis berikut ini.

1. Keamanan finansial

alasan pentingnya punya lebih dari satu bisnis
via staticflickr.com

Kamu mungkin sudah biasa mendengar berbagai nama startup baru yang bermunculan. Padahal kenyataannya, dari 10 startup, hanya 1 yang sukses. Kamu enggak bisa berharap perusahaanmu langsung sukses seperti Facebook atau AirBnB. Untuk mendapatkan kesuksesan kamu harus memulai dengan memiliki banyak startup.

Namun, tetap ingat risikonya. Kamu menjadi entrepreneur untuk mendulang keuntungan dengan meminimalisir risiko. Tetap pertimbangkan dan analisa risiko tiap bisnis yang kamu ingin lakukan sebelum memulainya.

2. Memupuk pengalaman

alasan pentingnya punya lebih dari satu bisnis
via maxpixel.freegreatpicture.com

Salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari membuat banyak bisnis adalah kamu akan semakin banyak pengalaman bisnis. Membangun bisnis memerlukan banyak waktu dan energi dari mendapatkan dana, mengatur pemasaran, pengembangan produk, riset dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, tiap kali kamu membangun bisnis baru, kamu akan mendapatkan pengetahuan baru.

Kalau kamu sudah memiliki pengalaman mendirikan bisnis, baik sukses atau enggak sukses, kamu bisa belajar dan menggunakan pengalamanmu. Saat pertama menjalankan bisnis kamu mungkin kelabakan. Kali ke dua kamu akan semakin baik, kali ke tiga kamu mulai percaya diri, kali ke empat dan ke lima kamu akan semakin baik. Semakin banyak kamu membangun bisnis, semakin cepat dan mudah kamu melakukannya.

Enggak heran semua entrepreneur bilang kalau pengalaman adalah aset seorang entrepreneur yang paling berharga. Dan kalau kamu sudah punya pengalaman, rasanya sayang untuk enggak menggunakan pengalaman itu untuk membangun perusahaan lain yang sukses atau mengajarkan orang lain untuk membangun bisnis.

3. Membuat aspirasimu tetap tinggi

via pixabay.com

 

Sebanyak apapun pengalamanmu, membuat bisnis baru apalagi yang beda bidang akan memaksamu untuk belajar hal baru. Hal ini akan mendorongmu keluar dari zona nyaman yang seringkali membuatmu malas belajar dan berubah sehingga pada akhirnya kamu jadi susah beradaptasi.

Membuat bisnis baru membuat otakmu terasah, pikiranmu tajam, dan keahlianmu diperbarui terus. Hanya saja perlu diingat bahwa ketika membangun bisnis baru, kamu enggak serta merta lepas tangan dengan bisnis lama. Membangun sesuatu yang baru seringkali memang lebih seru. Namun bisnis lamamu tetap akan butuh perhatian.

4 Jaringan makin luas

via pexels.com

Aset lain yang bisa kamu dapatkan saat membangun bisnis adalah jaringan bisnis. Memulai jaringan bisnis dari awal sangat sulit padahal sangat kamu perlukan.

Semakin sering kamu membangun bisnis, semakin banyak kamu harus berurusan dengan investor, penasihat keuangan, entrepreneur lain, vendor, penyedia jasa dan orang-orang lain yang membantu bisnismu berkembang. Relasi-relasi ini sangat penting untuk memberi landasan saat membangun bisnis. Itu sebabnya jaringan bisnis seringkali lebih penting daripada uang.

5. Memperbesar pengaruh

via pixabay.com

Selain keuntungan yang semakin bertambah, pengaruhmu sebagai seorang entrepreneur juga makin besar. Entrepreneur yang sudah berpengalaman akan diminta untuk berbagi pengalaman, dibayar untuk melakukan pelatihan, dan diminta untuk ikut dalam kesempatan bisnis yang menjanjikan. Bisa dibilang kamu bahkan membangun personal branding.

Personal branding ini sangat menguntungkan karena orang jadi lebih mudah mengenal serta mempercayai bisnismu. Pengaruh ini selain menguntungkan tapi juga menguras banyak energi dan waktu. Sebaiknya kamu mengambil jeda waktu untuk istirahat di antara membangun bisnis lama dengan yang baru. Selain menyegarkan pikiran, kamu juga jadi siap 100 tempur persen.

kalau kamu punya kesempatan untuk membangun bisnis lebih dari satu, bisnis apa saja yang akan kamu pilih? Yuk share jawabanmu di kolom komentar di bawah ini.


 

Leave a Reply