Do’s & Don’ts untuk Entrepreneur Pemula

Banyak orang yang enggak ingin selamanya bekerja untuk orang lain dan bercita-cita untuk membuat usahanya sendiri. Namun tentu saja banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar usahamu sukses dan impianmu tercapai. Pasalnya, menjadi entrepreneur memang banyak tantangannya. Sebelum memulai, baca dulu do’s & don’ts untuk menjadi entrepreneur pemula:

Do’s

1.      Melakukan sesuatu yang disukai

via pexels.com

Bekerjalah dengan hati! Ketika kamu bekerja dengan hati maka kamu enggak akan merasa seperti bekerja. Mengerjakan sesuatu yang kamu sukai akan memberikan kamu semangat untuk melakukan yang terbaik.

2.      Siap untuk gagal

Enggak ada usaha yang enggak pernah gagal sebelum meraih kesuksesan. Kegagalan adalah sesuatu yang wajar dan dapat terjadi kepada siapa saja. Di saat-saat seperti inilah seorang entrepreneur sejati akan bangkit dan melihat kegagalan sebagai suatu pemicu untuk lebih keras bekerja untuk mencapai kesuksesan.

3.      Memberikan pelayanan yang memuaskan

via pexels.com

Hargai dan berikanlah pelayanan yang terbaik untuk para klien atau pelangganmu tanpa pandang bulu. Dengan memberikan pelayanan yang terbaik maka kamu dapat membangun kepercayaan mereka terhadap usahamu. Bukan enggak mungkin kalau mereka akan membantu usahamu dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut.

4.      Tidak takut mencoba hal baru

Salah satu ciri entrepreneur yang sukses adalah enggak takut mencoba hal baru. Dengan mengeksplor hal baru maka kamu bisa mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman yang secara langsung maupun enggak langsung akan mempengaruhi usahamu.

5.      Aktif di media sosial

Salah satu cara yang ampuh sekarang ini untuk membuat usaha atau produkmu terkenal adalah dengan aktif mempromosikannya di media sosial. Dengan aktif di media sosial maka kamu akan membangun awareness ke publik tentang keberadaaan produkmu. Selain itu kamu bisa melakukan tukar pendapat dimana kamu akan mendapatkan pengetahuan baru untuk produk dan juga strategi pemasaranmu.

Don’ts

1.      Menunda untuk memulai usaha

via pexels.com

Setiap orang mempunyai impian. Namun enggak semua orang berani untuk mewujudkan impiannya. Jika kamu punya impian untuk membangun usaha, wujudkanlah dengan memulailah dengan pelan namun pasti.

2.      Mengharapkan sukses dengan cepat

Enggak ada kesuksesan tanpa proses. Jadi jangan pernah mengharapan kesuksesan akan datang dengan cepat tanpa adanya usaha dan kerja keras. Ayo singsingkan lengan bajumu!

3.      Mengacuhkan kritik atau masukan

via pixabay.com

Ketika kritik atau masukan datang, jangan mengacuhkannya. Bukalah pikiran dan coba mendengarkannya lebih baik. Hal tersebut dapat menjadi pintu keberhasilan kamu. Kalau kamu bersikukuh melakukan hal yang sama padahal enggak berhasil, berarti kamu memang perlu mengubah sesuatu.

4.      Menelantarkan karyawan dan pelanggan

Dalam proses mendapatkan kesuksesan atau bahkan ketika sudah sukses, jangan pernah melupakan orang-orang yang telah membantumu. Setiap orang mempunyai andil akan kesuksesanmu. Keluarga, teman, karyawan, klien atau pelanggan adalah orang yang membawamu kesuksesan dengan doa ataupun dengan usaha.

5.      Mengasumsikan uang adalah segalanya

Enggak semua bisa dibeli dengan uang. Namun kamu bisa mendapatkan banyak uang dengan kerja keras, passion dan inovasi. Asahlah kemampuan yang kamu punya untuk tetap berkembang. Investasi yang enggak akan hilang adalah investasi untuk dirimu sendiri. Kamu bisa mengambil kursus atau pelatihan untuk mendapatkan keahlian baru ataupun mengasah kemampuan kamu sekarang.

Sudah siapkah kamu untuk menjadi seorang entrepreneur? Jawab yang jujur di kolom komentar ya?


 

Leave a Reply