Jakarta Market Fest: Hangout di Pasar Ala Milenial

Beberapa waktu lalu, rasanya semua anak muda Jakarta suka hangout di Pasar Santa, Jakarta Selatan. Apalagi di lini masa Instagram berseliweran foto-foto makanan dan minuman kekinian yang seru-seru. Dari waffel Belgia sampai kue cubit matcha jadi bikin Pasar Santa happening banget. Kalau kamu lagi butuh hiburan akhir minggu di Jakarta dan kangen jalan-jalan di Pasar Santa, kamu perlu dateng ke Jakarta Market Fest.

 

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Jakarta Selatan bekerjasama dengan Bank Mandiri dan PD Pasar Jaya mengadakan Jakarta Market Festival untuk mendukung Asian Games 2018 dan HUT RI ke-73. Acara ini digelar di Pasar Santa, Jakarta Selatan, pukul 11.00-20.00 WIB, setiap akhir pekan selama satu bulan hingga awal bulan September.

 

 

Acara ini berkonsep flea market yang pertama kali diadakan di Jakarta. Kenapa diadakan di Pasar Santa? Pasar Santa ini pernah happening banget jadi tongkrongan para milennial dan bisa dibilang berhasil mendobrak stigma bahwa pasar itu enggak keren. Ini pas banget dengan tujuan para penyelenggara yang ingin mengembalikan image pasar sebagai tempat yang seru dan menyenangkan untuk dikunjungi.

 

Festival ini mengambil konsep Pop-up Market Festival yang menawarkan destinasi “one stop shopping“. Berbagai macam kuliner, fashion, dan produk kreatif lokal telah dikurasi secara khusus untuk memeriahkan acara. Berbagai kuliner nusantara kekinian yang sempet bikin Pasar Santa terkenal di kalangan milenial juga turut meramaikan.

 

Ada sekitar 30 UMKM di Jakarta yang hadir di Jakarta Market Fest ini. Enggak heran acara ini sekaligus jadi kesempatan baik bagi UMKM dan UKM untuk mengembangkan usahanya dengan mendapatkan akses pasar sekaligus promosi bagi produk mereka.

 

 

Penting sekali untuk memberdayakan UMKM agar dapat naik kelas. Pasalnya UMKM enggak bisa lagi dipandang sebagai sektor pinggiran. UMKM di Indonesia adalah pelaku ekonomi yang memiliki peran strategis dalam perekonomian Indonesia. Terbukti waktu Indonesia terkena krisis moneter, UMKM adalah sektor usaha yang malah makin berkembang. Oleh karena itu UMKM harus dikembangkan menjadi pelaku bisnis yang memiliki daya saing tinggi dan mampu mengikuti perubahan jaman dalam ekonomi global.

 

Daya saing tersebut dibangun dari peningkatan kapasitas, perbaikan produktivitas dan inovasi. Bukan cuma inovasi dari segi pemanfaatan teknologi yang mampu menghasilkan produk dengan nilai tambah tinggi. Namun juga inovasi seperti yang terlihat pada produk Pecel Ayam Bu Suhi “Whats up“. Dengan packaging-nya yang modern, pecel yang identik dengan makanan tradisional jadi makin menarik dan enggak ketinggalan jaman. Salah satu keunggulan pecel yaitu dibuat saat dipesan juga diusung dengan jargon “as you ordered”. Menarik kan?

 

Selain memberikan kesempatan bagi UMKM, Jakarta Market Fest juga ingin memberikan panggung bagi para pengusaha muda baru. Wirausaha Muda Mandiri (WMM) yang ikut mendukung acara ini turut memberikan tempat bagi para alumni mereka. Terlihat beberapa alumni Wirausaha Muda Mandiri ikut mengisi booth di acara ini. Total ada 8 booth alumni WMM yang berpartisipasi.

 

Salah satu peserta WMM yang berpartisipasi di event ini adalah The Warna. Mereka menampilkan berbagai produk sepatu dan tas yang menggabungkan kain tradisional Indonesia seperti batik dan ulos dengan fashion masa kini. Hasilnya adalah perpaduan yang modis dan memiliki nilai budaya.

 

 

Dari industri Boga, salah satu finalis WMM yang ikut berpartisipasi adalah Zhibond Coffee yang terkenal dengan kekhasan kopi celupnya. Kalau kamu sudah biasa dengan teh celup, maka produk yang satu ini selain praktis juga berkualitas tinggi. Dengan jargon “the finest taste of East Java“, produk dari usaha yang berasal dari Jember ini berhasil mengusung cita rasa kopi khas Jawa Timur dengan kemasan dan penyajian yang modern.

 

 

Enggak ketinggalan tentu saja ada booth Bank Mandiri. Di sini kamu bisa beli e-money edisi Asian Games 2018. Terlihat beberapa merchandise Bank Mandiri dan Asian Games 2018 seperti e-money dengan gambar maskot Kaka, Bhin Bhin dan Atung.

 

Kamu bisa langsung pakai e-money-mu untuk belanja-belanja di sini. Soalnya walaupun namanya pasar, kamu tetap bisa belanja cashless di sini. Pas kan kalau dibilang konsep Jakarta Market Fest ini adalah pasar modern yang happening bagi milenial.

 

 

Nah, weekend ini kamu rencananya kemana? Yuk sambangi Jakarta Market Fest sebelum ketinggalan. Enggak bakal nyesel deh!


 

Leave a Reply