Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Wawancara Kerja

Kamu yang masih fresh grad maupun yang sedang mencari-cari pekerjaan pasti kenal banget dengan yang namanya wawancara kerja. Undangan yang satu ini bikin perasaan campur aduk. Senang karena dapat kesempatan mendapatkan pekerjaan sekaligus deg-degan karena takut gagal. Padahal, kalau kamu tahu trik-triknya mudah saja kok. Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dan perhatikan ketika kamu diundang untuk wawancara kerja. Berikut adalah 5 hal yang pantang kamu lakukan saat wawancara kerja:

1.     Datang terlambat

Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Wawancara Kerja
Mengejar waktu via pixabay.com

Ketika kamu sudah mendapat undangan dan jadwal wawancara, pastikan kamu sudah melakukan survei tempat sehari sebelumnya. Kamu perlu tahu apa transportasi yang harus kamu gunakan dan estimasi waktu yang diperlukan untuk tiba di tempat tersebut.

Disarankan untuk tiba di tempat paling enggak 15-30 menit sebelum wawancara. Dengan datang awal, kamu jadi punya waktu untuk merapikan penampilan dan juga mengatur nafas. Akibatnya kamu jadi lebih percaya diri dan tenang ketika mulai sesi wawancara.

2.     Bad First Impression

Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Wawancara Kerja
Penampilan buruk vs Penampilan baik via hiringjoint.com

Wawancara enggak hanya sekedar tanya jawab. Sang pewawancara akan melihat penampilan kamu dan penampilanmu adalah first impression yang dianggap mencerminkan penampilanmu ke depannya. Kenapa first impression penting? Kalau kamu diterima bekerja, berarti kamu akan mencerminkan perusahaan juga.

Kalau penampilan kamu lusuh, enggak rapi atau memakai terlalu banyak asesoris, pewawancara dapat menilaimu sebagai orang yang enggak punya kapasitas dalam bekerja. Apalagi kalau kamu bau badan, pastinya kamu akan merusak mood pewawancara untuk menilaimu.

3.     Tidak ada semangat

Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Wawancara Kerja
Berpikir terlalu lama via pixabay.com

Pada saat sesi wawancara, jangan menjawab atau menjelaskan sesuatu tanpa semangat. Hal ini akan memberikan kesan kepada pewawancara bahwa kamu enggak benar-benar niat untuk bekerja di perusahaan tersebut. Kamu akan dianggap berpotensi menjadi pekerja yang enggak mempunyai semangat dan enggak memberikan kontribusi bagi perusahaan.

4.     Bahasa Tubuh

Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Wawancara Kerja
Bahasa tubuh pada saat wawancara via pixabay.com

Di saat berhadapan dengan pewawancara ada beberapa bahasa tubuh yang pantang kamu lakukan. Hindari sikap duduk yang membungkuk atau bersandar, memegang-megang wajahmu, menggerak-gerakkan jari-jarimu, dan menggoyang-goyangkan kakimu. Bahasa tubuh seperti itu bisa menyebabkan konsentrasi pewawancara buyar dan menganggap kamu enggak menghargai dia.

Bahasa tubuh yang tepat contohnya adalah tersenyum saat bertemu pewawancara. Jabat tangannya dengan kuat tapi jangan sampai terlalu erat. Duduklah dengan tegap dan punggungmu enggak menyentuh sandaran. Ketika kamu menerangkan sesuatu, kamu bisa menggunakan gerakan tangan yang wajar. Tataplah mata pewawancara ketika diskusi.

5.     Tidak tahu informasi tentang pekerjaan & perusahaan yang dilamar

Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Wawancara Kerja
Buat daftar apa saja yang harus kamu ketahui sebelum wawancara kerja via pixabay.com

Ketika pewawancara menanyakan kenapa kamu tertarik melamar, kamu harus sudah siap dengan jawabannya. Kalau kamu enggak bisa menjawab, maka pewawancara akan berasumsi bahwa kamu asal melamar saja. Apalagi kalau enggak tahu apa-apa tentang perusahaan yang kamu lamar. Nilaimu langsung minus. Ada baiknya kamu mengetahui seluk beluk pekerjaan dan perusahaan yang sedang kamu lamar.

Selain itu, kamu juga perlu mencari tahu kisaran gaji untuk pekerjaan yang kamu lamar dan reputasi perusahaan tersebut. Hal ini agar kamu terhindar dari pekerjaan bergaji enggak layak dan perusahaan abal-abal.

Nah, itu adalah 5 hal dasar yang harus kamu perhatikan saat wawancara guys. Apakah kamu pernah mempunyai pengalaman buruk ketika wawancara kerja?


 

Leave a Reply