7 Tips Menjadi Girl Boss yang Sukses

Naik jabatan atau menempati posisi baru sebagai seorang atasan tentunya suatu pencapaian yang sangat membanggakan dalam berkarir. Jika kamu perempuan yang baru terpilih menjadi seorang atasan, selamat! Kalau kamu masih enggak percaya diri, tenang saja. Siapapun bisa menjadi pemimpin yang baik. Kamu bisa menjadi Girl Boss yang sukses dengan mengikuti beberapa tips berikut:

1.     Percaya diri dan tunjukan dirimu yang terbaik

via pixabay.com

Kunci utama untuk bisa menjalankan tanggung jawab dan tugas-tugas berat adalah dengan memiliki keyakinan. Ubah pola pikirmu, berikan self-respect dan keyakinan pada dirimu bahwa kamu bisa. Dengan begitu maka energi positif akan datang dan kamu enggak akan takut dalam bertindak.

Abaikan hal-hal negatif yang kamu dengar diluar sana. Jadikan hal tersebut sebagai cambuk untuk tetap bekerja dengan baik dan tunjukkan bahwa kamu bisa melakukan pekerjaanmu dan meraih kesuksesan bersama timmu.

2.     Membangun Personal Branding

via pixabay.com

Memiliki jabatan baru sebagai seorang atasan mengharuskan kamu untuk menyesuaikan diri dan membangun personal branding yang baru sebagai seorang Girl Boss. Bangun pagi, berdandan rapih dan berpakaian profesional akan memberikanmu kepercayaan diri menghadapi hari-harimu di kantor dan ketika kamu bertemu dengan orang lain.

3.     Atur waktu dan disiplinkan diri

via pixabay.com

Kesibukan yang datang karena tuntutan dan tanggung jawab pekerjaan hanya dapat diselesaikan dengan mengatur waktumu lebih baik.  Susunlah agenda kerja yang dapat mengelola aktivitasmu sehari-hari. Jangan jadikan kesibukan sebagai alasan untuk kamu enggak memperhatikan kesehatan atau menikmati kehidupan pribadimu.

4.     Menjalin komunikasi yang terbuka dan belajar mendengarkan

via pixabay.com

Enggak semua atasan tahu apa yang terjadi di level bawah. Tetapi dengan menjalin komunikasi yang baik dan tetap terbuka, maka bawahan enggak akan sungkan untuk mendiskusikan segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan.

Keahlian yang penting untuk diasah sebagai seorang pimpinan adalah kemampuan untuk mendengarkan. Menjadi pendengar yang baik lebih penting dibandingkan lebih banyak bicara. Dengan lebih banyak mendengarkan maka kamu akan mengasah kepekaan kamu dan juga otakmu untuk mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi.

5.     Profesional

via pixabay.com

Terkadang perempuan lebih memperhatikan segi emosional dari suatu kondisi atau situasi. Oleh karena itu untuk menjadi Girl Boss yang perlu diperhatikan adalah tetap profesional dalam berpikir dan bertindak.

Jangan sungkan untuk mengambil inisiatif dalam membantu kelancaran suatu proses kerja dengan memberikan arahan dan bimbingan yang jelas untuk dimengerti dan dilaksanakan oleh bawahan. Tingkatkan kemampuan kepemimpinanmu dengan fokus ke hal-hal yang besar dibandingkan dengan hal-hal kecil.

Jika kamu seorang atasan di kantormu, apakah kamu memiliki tips lainnya?


 

Leave a Reply