Jangan Remehkan Hal Ini Agar Uangmu Tak Cepat Terkuras

Pernahkah kamu merasa uang kamu cepat habis padahal baru seminggu yang lalu kamu mendapat gaji dari hasil keringatmu? Kamu merasa sudah merencanakan seberapa besar pengeluaran yang akan kamu gunakan nantinya. Sekian rupiah untuk makan, sekian rupiah untuk belanja, sekian rupiah untuk membayar tagihan.

Namun tahukah kamu bahwa banyak orang tidak sadar uang yang telah mereka keluarkan adalah untuk hal-hal yang sepele? Memang jumlahnya tak seberapa, tetapi akan sangat terasa jika kamu mengeluarkannya secara terus menerus. Apa saja sih pengeluaran kecil yang menguras uang? Yuk simak poin-poin di bawah ini.

1. Biaya Parkir

via pixabay.com

Kamu pengendara motor? Berarti kamu pasti sering mengalami hal ini saat bepergian dengan motormu. Saat kamu belanja sebentar ke minimarket, atau melipir sejenak ke ATM untuk mengambil uang, tiba-tiba tukang parkir akan secara misterius datang dan menagih biaya keamanan. Padahal sewaktu kamu datang ke sana, kamu sama sekali tak melihat adanya petugas parkir yang mengawasi kendaraan bermotor.

Mari berhitung, jika biaya parkir sekitar Rp2 ribu, sedangkan keperluan kamu bisa dilakukan lima kali dalam sehari. Berapa biaya yang sudah kamu keluarkan? Padahal, biaya ini bisa dikurangi jika kamu merencanakan kegiatanmu agar bisa dilakukan sekaligus dan terjadwal. Jadi, kamu tidak perlu sedikit-sedikit ke luar dan harus membayar uang parkir. Selain hemat, hidupmu juga jadi lebih produktif.

2. Uang Kembalian Belanja

via flickr.com

Saat kamu belanja di minimarket dan membayar di loket, petugas kasir akan memberikan kwitansi dan uang kembalian jika pembayaranmu berlebih. Pernahkah kamu memilih untuk tidak mengambilnya karena gengsi ketika jumlahnya kecil? Walaupun itu jumlahnya kecil, janganlah disia-siakan. Terlebih jika kamu sedang mengalami masa suram dalam keuangan. Uang receh juga akan sangat berguna dalam mengisi kekosongan perutmu.

3. Traktiran

via pixabay.com

Seringkali tanpa diduga, entah itu saat jalan-jalan maupun tengah nongkrong, temanmu akan menitipkan kepadamu apa yang akan ia beli. Semisal, “Mau ke sana ya? Boleh nitip sekalian air minum merek X gak?” Sebagai teman yang baik tentu saja kamu akan penuhi. Pertanyaannya adalah, apakah kamu sering lupa atau tidak enak untuk menagih hutang titipan temanmu?

Biasakan untuk mencatat pengeluaran, sampai hal-hal kecil seperti barang titipan teman yang harganya murah. Walaupun harganya tak sampai Rp5 ribu, tetapi itulah yang bisa mengacaukan rencana belanja bulanan kamu.

4. Paket Internet

via maxpixel.net

Terkadang saat kamu tengah browsing sesuatu, mendadak kuota internet kamu sudah habis. Padahal kamu baru mengisinya beberapa hari yang lalu. Di zaman serba canggih ini, mau tak mau kamu harus kembali mengisi agar tak ketinggalan informasi.

Padahal kamu tak akan menyangka jika hal inilah yang mempengaruhi pengeluaran kamu. Bayangkan jika kuota internet bulanan ternyata sudah habis di minggu ke tiga. Di minggu ke empat kamu akan kembali membelinya. Siklus pun berulang dan pada akhirnya uang kamu menipis.

5. Belanja Persediaan Makanan

via pixabay.com

Saat gaji sudah turun, pastilah kamu akan mulai membeli berbagai macam keperluan hidup. Salah satunya adalah makanan seperti cemilan yang akan menemani hari-harimu. Namun terkadang secara tidak sadar kamu terlalu berlebihan dalam berbelanja. Akibatnya, makanan yang sudah kamu beli sudah kadaluwarsa. Sia-sia bukan?

Itulah masalah sepele yang mengganggu finansial kamu sehari-hari. Mulai saat ini, yuk berhitung belanja pengeluaran kamu plus hal-hal di atas.

Tulisan di atas adalah kiriman dari Dicky Prastya. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply