3 Hal Unik dari Gumuk Pasir Parangkusumo

Kamu sedang menyari destinasi liburan yang berbeda dari biasanya? Nah, ada sebuah lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Kabupaten Bantul Yogyakarta yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo yang merupakan sebuah gundukan pasir luas terhampar. Gundukan pasir ini biasanya dimanfaatkan untuk melakukan sand boarding oleh para wisatawan yang datang. Maka tak heran jika lokasi wisata ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara.

Selain untuk sand boarding lokasi wisata ini juga kerap kali digunakan untuk latar foto pre-wedding bahkan sampai menjadi tempat syuting video klip artis terkenal seperti Agnes Monica. Namun tahukan kamu jika Gumuk Pasir Parangkusumo ini memiliki keunikan? Berikut 3 Hal Unik dari Gumuk Pasir Parangkusumo.

 

1. Gumuk Pasir Bertipe Barchan

Selain Gemuk Pasir Parangkusumo ternyata di Indonesia masih ada lho gundukan pasir ditempat lainnya seperti puncak Bromo dan Tengger. Nah meskipun ketiganya sama-sama berupa gundukan pasir, ternyata memiliki perbedaan jenisnya. Gemuk Pasir Parangkusumo tegolong kedalam tipe Barchan yang tercipta dari hasil erupsi gunung Merapi berupa endapan pasir yang terbawa akibat aliran sungai yang bermuara di Pantai Selatan yaitu Sungai Opak dan Sungai Progo.

sumber: kompas.com

Tipe Barchan ini memiliki ketinggian antara 1-5 meter, berbeda dengan gemuk pasir puncak Bromo maupun Tengger. Karena ketinggiannya inilah yang membuat lokasi ini bisa dijadikan sebagai tempat sand boarding bagi para wisatawan.

Sejak tadi kita membahas tentang Gemuk Pasir terus tanpa tahu artinya. Nah, Gemuk Pasir ini merupakan salah satu bentang alam yang terbentuk akibat pengaruh angin sehingga pasir-pasir tadi menumpuk terus menerus sampai berjumlah sangat besar.

 

2. Tempat Sand boarding Satu-Satunya di Asia Tenggara

sumber: kompas.com

Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang memiliki gemuk pasir. Di Asia Tenggara sendiri terdapat Vietnam dan juga Filipina yang memiliki gumuk pasir. Namun, meski negara-negara tadi memiliki gumuk pasir, ternyata hanya Gumuk Pasir Parangkusumo yang bisa dijadikan tempat untuk sand boarding. Kamu cukup mengeluarkan uang Rp 70 ribu sudah bisa menikmati serunya berseluncur di atas pasir dan juga bisa menjadi tempat uji adrenalin lho.

 

3. Ciri Khas Yang Istimewa Dan Langka

sumber: kompas.com

Kenapa hanya Gumuk Pasir Parangkusumo yang bisa dijadikan tempat sand bording? Hal itu karena keistimewaan dan kelangkaan dari daerah lokasi wisata ini.

Gumuk pasir tercipta dan terklasifikasi berdasarkan iklim yang membentuknya. Gumuk Pasir Parangkusumo ini terbentuk akibat iklim tropika basah. Seharusnya secara teori tidak mungkin bisa terbentuk karena adanya ketidaksesuaian iklim. Maka gumuk pasir ini termasuk yang istimewa dan langka di dunia.

Itulah tadi 3 Hal Unik dari Gumuk Pasir Parangkusumo. Semoga hal unik tadi membuat kamu tergoda untuk mengunjunginya ya.


 

Leave a Reply