5 Alasan Kamu Harus Mempromosikan Indonesia ke Teman-temanmu di Luar Negeri

Kedatangan mantan Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama, dan keluarganya untuk berlibur ke Indonesia pada Juni 2017 lalu banyak mendapat sorotan media di dalam dan luar negeri. Padahal sih, sudah banyak selebritis luar negeri yang berlibur diam-diam ke Indonesia.

Sebut saja bintang film Gwyneth Paltrow, top model dunia Tyra Banks, pemain Descendants of the Sun Song Joong-ki dan Song Hye-gyo, dan masih banyak lainnya. Terbukti kalau Indonesia memang bagus banget di mata orang luar negeri.

Kalau mereka saja terpesona dengan Indonesia, harusnya kita lebih cinta lagi dengan negara kita. Berikut adalah 5 alasan kenapa kamu harus mempromosikan Indonesia ke teman-temanmu di luar negeri:

1.     Kaya akan Budaya

Alasan Kamu Harus Mempromosikan Indonesia ke Teman-temanmu di Luar Negeri
Ragam Budaya dan Adat istiadat di Indonesia via wikimedia.org

Indonesia terdiri dari 33 provinsi dengan begitu banyak adat istiadat, budaya, dan kesenian yang masih dilakukan oleh masyarakatnya. Masyarakat Indonesia sendiri terdiri dari berbagai etnis dan suku jadi enggak heran kalau Indonesia adalah salah satu negara dengan kekayaan budaya yang tertinggi di dunia.

2.     Musim yang bersahabat

Alasan Kamu Harus Mempromosikan Indonesia ke Teman-temanmu di Luar Negeri
Wisatawan luar suka mencari matahari dan ombak di Indonesia. Surfing via pixabay.com

Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa hanya mempunyai dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Suhu dan keadaan cuacanya yang enggak berubah terlalu ekstrim membuat para wisatawan bisa berwisata sepanjang tahun. Enggak heran banyak orang asing yang kangen dengan cuaca di Indonesia ketika pulang ke negaranya.

3.     Banyak Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Alasan Kamu Harus Mempromosikan Indonesia ke Teman-temanmu di Luar Negeri
Bromo via pixabay.com

Banyak aktivitas seru yang dapat dilakukan di Indonesia. Mau diving, snorkeling, hiking, trekking, paralayang, belajar menanam padi, wisata Candi, wisata pasar tradisional, wisata kuliner? Semua bisa dilakukan di Indonesia.

Sebut saja tempat-tempat seperti Wayag, Raja Ampat, Nias, Derawan, Gunung Bromo, Gunung Semeru, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Puncak Lawang Danau Maninjau, Gunung Banyak, Paralayang Puncak Bogor, Matatimali Palu dan banyak tempat lainnya. Masing-masing daerah di Indonesia memiliki kekhasannya sendiri-sendiri dan dijamin bisa bikin kangen.

4.     Banyak Instagrammable Spots

Alasan Kamu Harus Mempromosikan Indonesia ke Teman-temanmu di Luar Negeri
Gili Trawangan via Pixabay.com

Banyak tempat-tempat di Indonesia yang instagrammable. Sebut saja Pantai Merah Muda di NTT, Rumah Gadang di Sumatera Barat, Danau Toba di Sumatera Utara, Kawah Putih di Ciwidey-Jawa Barat, Gua Jomblang di Yogyakarta, Kota Tua di Jakarta, Nusa Penida di Bali, Gili Trawangan dan Rinjani di Lombok, Wae Rebo di Flores, Ranu Kumbolo di kaki Gunung Semeru.

5.     Surganya hewan dan tumbuhan endemik

Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa hanya mempunyai dua musim yaitu musi
Komodo di Pulau komodo via pixabay.com

Indonesia adalah surga bagi para peneliti hewan dan tumbuhan karena masih banyak hewan dan tumbuhan endemik atau hanya ada di sini. Sebut saja Komodo, Anoa atau Sapi Hutan, Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, Burung Merak, Badak Cula Satu, Babi Rusa, Orang Utan, Kijang, Penyu, Burung Maleo, Tarsius Tarsier, Beruang Kuskus, dan masih banyak lainnya.

Sedangkan untuk tanaman endemik kita memiliki bunga Rafflesia Arnoldi, Bunga Abadi (Edelweis), Bunga Bangkai, Cempaka Wangi, Sirih Merah, Matoa, Damar, Bayur, Kantong Semar, Cendana, Sarang Semut, Palem Merah, Kecapi dan masih banyak lainnya. Wisatawan dapat melihat Komodo di Pulau Komodo dan bunga Rafflesia Arnoldi di Kebun Raya Bogor.

Nah, itulah alasan-alasan kenapa kamu harus mempromosikan Indonesia ke teman-temanmu untuk berkunjung ke Indonesia. Apakah kamu punya alasan lainnya?


 

Leave a Reply