5 Spot Wisata Menarik di Kota Cantik, Palangka Raya

Ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah ini semakin sering terdengar namanya seiring bergulirnya wacana pemindahan ibu kota negara. Ya, ada kabar ibu kota akan dipindahkan dari Jakarta ke Palangka Raya, mengikuti visi Presiden Sukarno.

Terlepas dari wacana tersebut, kota yang diresmikan pada tanggal 17 Juli 1957 ini merupakan satu dari sedikit kota di Indonesia yang tata ruang kotanya direncanakan dengan teliti dan cermat. Palangka Raya pun dijuluki kota cantik. Selain karena tata kotanya yang cantik, juga sebagai akronim dari terenCana, Aman, Nyaman, Tertib, Indah, dan Keterbukaan.

Bagaimana dengan pariwisatanya? Berikut ini adalah destinasi wisata Palangka Raya yang menarik untuk kamu kunjungi.

 

1. Rumah Betang Mandala Wisata

A post shared by ceritakalteng (@ceritakalteng) on

Rumah betang merupakan rumah adat suku Dayak. Rumah tradisional ini biasanya terletak di sekitar hulu sungai. Ukurannya amat besar. Satu rumah punya panjang antara 30-150 meter dengan tinggi tiang antara 3-5 meter.

Nah, Rumah Betang Mandala Wisata ini adalah replika rumah betang tradisonal suku Dayak. Pemerintah Kota Palangka Raya membangun rumah tersebut untuk tujuan pariwisata. Karena keterbatasan lahan, rumah ini tidak sebesar ukuran rumah betang asli.  Selain untuk foto-foto, rumah betang ini juga digunakan sebagai aula untuk acara atau pertunjukan budaya.

 

2. Arboretum Nyaru Menteng

A post shared by Visit Kalteng (@kalteng_budpar) on

Pulau Kalimantan memiliki fauna khas yang tidak bisa kamu jumpai di tempat lain, misalnya orangutan Kalimantan. Sayangnya, pembalakan hutan, perburuan liar, dan laju pembangunan tidak terkendali semakin mendesak populasi orangutan tersebut.

Arboretum Nyaru Menteng merupakan salah satu konservasi dan cagar alam di Palangka Raya tempat menangkarkan orangutan. Bagi kamu yang ingin orangutan dari dekat sekaligus belajar mengenai alam dan perlindungan orangutan, tidak ada salahnya berkunjung ke tempat ini.

 

3. Danau Tahai

Tidak jauh dari Arboretum Nyaru Menteng terdapat Danau Tahai. Danau ini menarik untuk dikunjungi karena airnya berwarna merah. Air Danau Tahai merupakan air tanah gambut dan akar-akar pohon di tempat tersebut.

Di sini kamu bisa berjalan mengelilingi danau dari atas jembatan-jembatan kayu. Kamu bisa melihat pemandangan hutan gambut dan rumah lanting, rumah terapung milik penduduk lokal. Kalau beruntung, kamu juga bisa melihat monyet wak-wak.

 

4. Sungai Kahayan

A post shared by Caturmukha (@caturmukha) on


Sungai Kahayan adalah salah satu sungai terbesar di Pulau Kalimantan. Untuk menikmati sungai ini, kamu bisa melakukan wisata susur sungai menggunakan kapal.

Sepanjang perjalanan, kamu bakal disuguhi pemandangan alam seperti pepohononan yang rimbun dan hewan primata seperti orangutan, wak-wak, dan bekantan yang bergelantungan. Begitu tiba di bagian yang banyak penduduknya, kamu bisa melihat kegiatan keseharian masyarakat suku Dayak.

 

5. Pulau Kaja


Pulau Kaja adalah bagian dari wilayah BOS (Borneo Orangutan Survival) atau wilayah perlindungan orangutan. Walau Pulau Kaja tidak dapat dimasuki oleh masyarakat umum, namun masih bisa kamu nikmati. Bagaimana caranya? Kamu bisa mengarungi Sungai Rungan menggunakan kapal klotok. Dari atas kapal kamu berkesempatan untuk melihat orangutan di alam bebas.

 

Itu tadi beberapa destinasi wisata Palangka Raya yang menarik. Apa kamu tahu tempat wisata menarik lainnya di kota cantik ini?


 

Leave a Reply