9 Proyek Teknologi Tinggi Elon Musk bagi Kemakmuran Umat Manusia

Pernah dengar nama Elon Musk? Pencipta Paypal itu merupakan sosok inovator jenius sekaligus entepreneur kelas wahid. Bukan cuma Paypal, Elon Musk punya sederet ide dan pencapaian yang amat super.

Misalnya saja, Tesla Motors. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan pertama yang mampu memproduksi mobil listrik ramah lingkungan dengan harga terjangkau. Soal kenyamanan, enggak kalah dengan mobil berbahan bakar bensin atau solar.

Proyek teknologi tinggi Elon Musk enggak berhenti sampai di sana saja. Dia masih mempunyai banyak proyek lain yang katanya akan mempercepat peradaban manusia menjadi jauh lebih maju, beradab dan makmur. Penasaran? Ini nih daftarnya.

 

1. Turisme luar angkasa

via wikimedia.org

Melalui Space X, Elon berencana untuk bisa meluncurkan turis ke bulan pada tahun 2018. Keren ya! Tes awal bahkan sudah dilakukan tahun 2017 ini. Turisme luar angkasa ini bisa diselenggarakan karena Elon Musk dan Space X merancang transportasi yang menjadikan perjalanan luar angkasa lebih cepat dan amat. Kabarnya sih, pengecekan dan pelatihan untuk proyek ini akan selesai pada akhir 2017.

2. Roket yang dapat digunakan ulang

via wikimedia.org

Kini bukan cuma botol atau galon yang bisa dipakai ulang, roket juga bisa. Elon berencana mengembangkan teknologi yang memungkinkan untuk penggunaan ulang roket luar angkasa. Teknologi ini tentu saja bakal bikin perjalanan luar angkasa jadi lebih murah.

Selama ini kan perjalanan luar angkasa jadi mahal karena roket hanya bisa digunakan satu kali saja. Itu pun butuh biaya jutaan dolar AS.

 

3. Kolonisasi Planet Mars

via wikimedia.org

Elon benar-benar amat terpikat dengan dunia antariksa. Entrepreneur ini juga pernah punya rencana membangun koloni di Mars. Visinya ini menurut Elon bisa direalisasikan pada tahun 2022.

Seperti di film-film fiksi ilmiah, Elon berpendapat suatu saat bumi akan jadi tempat yang tidak layak huni lagi. Oleh sebab itu pengembangan teknologi untuk menjelajah ke planet lain dirasa perlu. Sebagai bukti visinya ini enggak mengawang-awang, perusahaan Space X miliknya sudah punya pengalaman mengantarkan kargo ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada tahun 2012 lalu.

 

4. Transportasi berkecepatan suara

via flickr.com

Pada tahun 2013 Elon memperkenalkan konsep Hyperloop yaitu sistem transportasi berkecepatan tinggi yang terbuka untuk masyarakat umum. Sistem ini berupa jaringan moda transportasi kapsul penumpang yang berlandaskan udara di dalam tabung perjalanan.

Hyperloop bertenaga matahari dan dapat melaju hampir dengan kecepatan suara. Alat transportasi ini dapat mengantarkanmu sejauh 620 km atau dari Jakarta ke Mojokerto, Jawa Timur, hanya dalam waktu 35 menit saja.

 

5. Transfer pikiran ke komputer

via flickr.com

Neuralink adalah perusahaan yang digagas oleh Elon dan sedang mengembangkan teknologi yang dinamakan “neural lace“. Teknologi ini adalah gebrakan besar dan terdengar hampir seperti film Hollywood.

Neural lace memungkinkan kita untuk berkomunikasi langsung dengan mesin elektronik melalui elektroda yang terhubung dengan otak kita. Hal ini memungkinkan manusia untuk mengunduh dan mengunggah pikirannya ke komputer.

 

6. Jaringan Wifi global dengan harga murah

via maxpixel.freegreatpicture.com

Elon juga memikirkan cara untuk memberi akses wifi murah sampai ke seluruh pelosok paling terpencil di bumi. Dia merencanakan untuk meluncurkan 4.000 satelit yang dapat menyediakan internet bagi siapapun di dunia, terutama bagi mereka yang miskin dan terisolasi. Rencana ini diharapkan akan terealisasi 4 tahun lagi.

 

7. Pabrik energi baterai litium-ion raksasa

via flickr.com

Gigafactory adalah pabrik raksasa untuk baterai litium-ion yang bertujuan untuk menghasilkan energi bagi kendaraan energi terbarukan seperti mobil Tesla. Gedung ini merupakan gedung terbesar di dunia dan dapat mendukung permintaan energi bagi 500.000 mobil listrik setiap tahunnya.

 

8. Intelejensi Artifisial

via pixabay.com

Pengembangan teknologi intelejensia artifisial (AI) dewasa ini menciptakan berbagai risiko bagi manusia. Elon melihat hal ini dan menginvestasikan 10 juta dolar AS untuk mengembangkan keamanan AI. Dia berkelakar bahwa harus ada yang mencegah manusia menjadi peliharaan robot.

 

9. Pembangkit surya terbesar di dunia

via wikimedia.org

Elon adalah pemegang saham Solar City terbesar. Dengan perusahaan ini dia memiliki visi untuk menyimpan energi surya serta memanen sehingga menghasilkan energi yang lebih dari cukup untuk semua umat manusia. Guna mencapai impian ini dia akan membangun pembangkit surya terbesar dan pabrik baterai untuk menyimpan energi surya.

 

Salah satu proyek teknologi tinggi Elon Musk bahkan ada yang rencananya dibuat di Indonesia lho. Perusahaan Hyperloop sedang mengerjakan studi kelayakan di Indonesia. Hmm, menurutmu proyek ini cocok enggak sih di Indonesia?


 

Leave a Reply