7 Destinasi Wisata di Jakarta Yang Asyik Untuk Berjalan Kaki

via wikimedia.org

Pernah enggak sih kalian merasa jenuh dengan rutinitas kehidupan di Ibu Kota? Ingin pergi berlibur tetapi tidak memiliki bujet atau waktu yang cukup?

Nah, berikut ini penulis rangkumkan sisi lain ibu kota yang menarik. Wajah Kota Jakarta yang sehari-hari kita jumpai namun tak jarang juga kita abaikan. Tempat-tempat yang terlihat biasa ini akan jadi luar biasa jika kita mau mengenalnya lebih dekat dan melihatnya dari perspektif yang sedikit berbeda dari biasanya. Kita berjalan kaki menelusuri destinasi wisata di Jakarta.

Yuk, simak!

 

1. Menelusuri Jejak Etnis Tionghoa di Petak Sembilan Glodok

http://seadestination.weebly.com

Sebagai jantung ibu kota Indonesia, tentunya Jakarta memiliki banyak kisah yang ditinggalkannya. Tinggal kita mau mempelajarinya atau tidak.

Sejarah mencatat  jauh sebelum Belanda datang, etnis Tionghoa sudah terlebih dahulu menempati wilayah Sunda Kelapa. Kawasan Glodok menjadi salah satu pusat perekonomian yang ramai dan menguntungkan, termasuk di dalamnya kawasan Petak Sembilan atau Jalan Kemenangan.

Meskipun dewasa ini kita memandang Glodok sebagai daerah yang kumuh, tempat itu pernah menjadi roda penggerak perekonomian, serta menjadi saksi sejarah ‘Geger Pacinan’ di tahun 1740.

Kita bisa mulai menelusuri jejak-jejak sejarah Tionghoa tersebut dari  Candra Naya, baru ke Petak Sembilan, menuju Kuil Dharma Bhakti, Gereja Santa Maria de Fatima, Kuil Toa Se Bio, diakhiri dengan mengeksplorasi kekayaan kuliner di daerah Gang Gloria.

Jika kamu pergi melemaskan kaki sendirian atau bersama beberapa orang teman, lakukan pada pagi hari ya, karena kawasan Gang Gloria sudah sepi pada pukul dua siang.

Tetapi jika kamu menyukai crowdtraveling cobalah untuk ikut salah satu kegiatan walking tour yang diadakan rutin di tempat ini.

 

2. Menghabiskan Akhir Pekan Berjalan-jalan di Menteng

http://www.kompasiana.com

Tinggal di ibu kota membuat kita terbiasa berjibaku dengan terik matahari. Sedikit sekali kesempatan yang kita miliki untuk bersantai dan melihat pepohonan. Di Taman Menteng, pemandangan yang teduh dan hijau ditawarkan secara gratis untuk kita. Kita juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti joging, olahraga, ikut kegiatan komunitas, bahkan mengajak jalan-jalan dan bermain-main dengan berbagai jenis anjing.

Namun, selain Taman Menteng, ada juga pilihan taman-taman lain di Ibu Kota Jakarta seperti Taman Suropati, Taman Cattleya, Taman Situ Lembang, Taman Ayodya, Taman Prasasti, serta Kalijodo.

Yang mana di antara tempat-tempat itu yang menjadi favoritmu?

 

3. Melemaskan Kaki di Monas, Mengunjungi Museum Gajah, Meneropong Pusat Jakarta dari Bundaran HI

http://www.konsumenreview.com

Kegiatan ini mungkin sering kita lakukan ketika mengikutii acara car free day. Akan tetapi menghabiskan salah satu sore yang biasa di tempat ini pun tidak ada salahnya lho. Di mulai dengan melihat koleksi yang dimiliki oleh Museum Gajah, joging atau olahraga ringan di Monas, dan diakhiri dengan melihat keindahan malam Jakarta dari Bundaran HI.

Tertantang mencobanya?

 

4. Mengelilingi Kota Tua

https://blog.jelaja.com

Tahukah kamu jika Kota Tua merupakan salah satu daerah reklamasi?

Dewasa ini Kota Tua yang merupakan destinasi wisata favorit semua orang semakin hari semakin bersih dan tertata rapi. Sebagian dari kita mungkin hanya mengenal Kota Tua sebagai tempat yang murah, menyenangkan, estetik, dan kaya sejarah. Tetapi tahukah kita sejarah apa saja yang tersimpan di sana? Maka sekali-kali cobalah untuk ikut walking tour Kota Tua, dan kenal lebih dekat sejarah Kota Jakarta dari sana.

 

5. Wisata Kuliner Sambil Melihat Berbagai Percampuran Budaya di Pasar Baru

http://jakarta-tourism.go.id/content/pasar-baru

Pasar Baru bukan hanya sebagai salah satu pusat belanja. Selain menikmati berbagai jenis kuliner yang legendaris dan terkenal, jika kita mau menelusuri setiap sudut jalan dan gang-gangnya yang sempit kita akan melihat kekayaan budaya yang dimilikinya mulai dari budaya Tionghoa, India, dan Eropa bercampur menjadi satu.

 

6. Menyingkap Pesona Tersembunyi Blok M

http://investasiproperti.com

Selain kedai Filosofi Kopinya yang tengah naik daun, Blok M yang kita kenal sebagai salah satu pusat belanja juga menyembunyikan pesona budaya Jepang dan Korea. Kita bisa melemaskan kaki di sini sambil mencicipi kekayaan kuliner Jepang dan Korea yang otentik.

 

7. Bersantai di Kawasan Cikini

https://www.indonesiakaya.com

Cikini merupakan area yang cukup nyaman untuk berjalan kaki sambil menjelajahi berbagai kekayaan kuliner legendaris yang dimilikinya. Selain itu Cikini juga memiliki Taman Ismail Marzuki yang terkenal sebagai tempat berkumpulnya para budayawan dan tempat pentasnya berbagai pertunjukan drama serta teater. Yuk sekali-kali setelah melemaskan kaki, tonton karya yang diproduksi oleh seniman-seniman lokal, yang diolah dengan matang dan elegan.

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari pembaca. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply