Yuk Belajar Prinsip-Prinsip Berwirausaha dari 5 Game Simulasi Seru Ini

Banyak pengamat bilang game membawa pengaruh buruk. Katanya terlalu sering main game bertema kekerasan bisa memicu perilaku agresif dan brutal orang yang memainkannya.

Kalau game segitu berpengaruhnya, harusnya memainkan game-game yang mengajarkan prinsip berwirausaha berikut ini berguna untuk mendorong kamu jadi orang yang lebih ulet dan mau ambil risiko seperti entrepreneur. Benar enggak ya seperti itu? Coba buktikan saja sendiri.

 

1. Lemonade Tycoon

Tampilan Lemonade Tycoon via ea.com

Kalau kamu sudah sering main game ponsel sejak era Nokia, harusnya sih kenal game ini. Target permainan Lemonade Tycoon ini sederhana banget. Kamu mesti memperkaya diri dengan cara menjual minuman limun.

Di awal kamu harus menentukan resep, harga, serta tempat yang cocok untuk menjual limun. Berbagai variasi situasi dan kondisi juga dimasukkan supaya permainan makin seru. Kondisi itu seperti perubahan cuaca atau kabar-kabar yang berhubungan dengan bisnis limun atau lokasi jualan.

Sama seperti entrepreneur di dunia nyata, kamu harus memikirkan tantangan-tantangan seperti jumlah stok dagangan yang optimal, antrean yang terlalu panjang, promosi yang tepat, dan sebagainya. Kamu bisa bernostalgia memainkan versi desktop Lemonade Tycoon di tautan ini.

 

2. Salt Seller

 

Kamu pernah membayangkan enggak dagang garam bisa jadi satu permainan simulasi yang kompleks? Iya, garam yang dipakai untuk mengasinkan makanan itu. Kalau enggak percaya coba deh jajal Salt Seller.

Lewat permainan yang dikembangkan MIT Management Sloan School bersama dengan Forio ini, para pemain berperan sebagai produsen garam. Target utamanya adalah memaksimalkan keuntungan sambil berkompetisi dengan produsen garam lainnya dalam menentukan harga garam. Tampilannya memang sangat sederhana, tapi simulasinya realistis banget. Permainan ini bahkan memberikan studi kasus perusahaan garam yang benar-benar ada.

Kamu bisa memainkan Salt Seller di desktop lewat tautan ini.

 

3. simCEO

Ingin merasakan jadi bos perusahaanmu sendiri? Coba main simCEO. Dalam permainan edukasional ini, kamu bisa bertindak layaknya pemimpin perusahaan. Di awal kamu akan diberikan perusahaan dan kamu wajib membuat perusahaanmu tersebut meraup untung.

Supaya bisa untung, enggak mudah. Kamu harus riset terhadap perusahaan saingan, melakukan pembelian dan penjualan saham perusahaan secara tepat, sampai merespons kabar atau kejadian yang berhubungan dengan perusahaan.

Permainan ini sifatnya edukasional. Kamu bisa berperan sebagai pembelajar atau sebagai instruktur. Kalau masih awam dengan dunia investasi dan pasar modal kamu bisa jadi pembelajar, tapi kalau sudah punya pengetahuan kamu bisa mendaftar jadi instruktur. Kalau kamu tertarik, coba daftarkan diri di sini untuk memainkannya.

 

4. Farming Simulator 2017

Tampilan Farming Simulator 17 via farming-simulator.com

Jadi penjual limun, ada gamenya. Jadi produsen garam, ada gamenya. Bagaimana kalau jadi petani? Ternyata, ada gamenya juga. Kamu bisa mencoba Farming Simulator 2017.

Dalam game dengan tampilan 3D ini kamu berperan sebagai pemilik tanah pertanian. Targetmu tentu saja memajukan tanah pertanian. Selain bisa menanam tanaman, kamu juga bisa beternak babi, sapi, ayam, dan domba. Kamu juga bisa mengeksplorasi berbagai macam peralatan dan pertanian. Serunya, mesin dan peralatan pertanian di game ini benar-benar ada di dunia nyata lho.

Farming Simulator ini tersedia dalam berbagai platform. Kamu bisa unduh (sayangnya berbayar) dari Steam atau Google Playstore.

 

5. Tahu Bulat

Tampilan game Tahu Bulat via play.google.com

Game yang satu ini adalah buatan dalam negeri. Awalnya game ini dibuat dadakan dan langsung dipamerkan pada ajang Pasar Komik Bandung yang berlangsung pada tanggal 7 dan 8 Mei 2016 kemarin. Enggak disangka-sangka, game ini sukses besar!

Data dari AppAnnie bahkan menunjukkan bahwa game ini berhasil mencapai satu juta unduhan sejak diluncurkan pada 14 Mei 2016. Game Tahu Bulat ini bahkan telah menembus tiga puluh besar Top Grossing di Google Play.

Permainannya sederhana. Pemain mendapat tugas untuk mengelola sebuah bisnis penjualan kudapan tahu bulat. Bisnis ini kemudian bisa bertambah besar bahkan membuka cabang sampai ke seluruh penjuru dunia. Untuk menjaga popularitasnya, pengembang game ini kerap memberikan update permainan yang seru. Langkah ini terbukti berhasil melihat animo masyarakat yang banyak memberikan komentar dan pertanyaan yang antusias di situsnya.

 

Dari 5 game di atas mana yang paling bikin kamu penasaran dan tertarik untuk mencoba?


 

Leave a Reply