5 Tips Agar Uang THR Kamu Enggak Cuma Numpang Lewat

Menjelang hari raya Idul Fitri, pasti kamu kepingin uang THR awet alias enggak cuma sekadar lewat di rekening. Harapanmu, seenggaknya masih ada sisanya di kemudian hari lah. Bisa enggak ya seperti itu?

Jawabannya jelas tentu bisa. Kuncinya kamu harus mewaspadai beberapa pengeluaran yang bisa bikin kamu boros di bulan Ramadan ini. Selain itu kamu juga harus pintar-pintar mengatur uang supaya enggak terbawa nafsu beli ini beli itu. Lebih lengkapnya, coba simak tips THR awet di bawah ini.

 

1. Buat Anggaran

Tips agar Uang THRmu Awet
Buat anggaran dan daftar pengeluaran hari raya Idul Fitri via pixabay.com

Semua dimulai dari anggaran. Buat rencana anggaan sedetail mungkin. Kamu bisa tuliskan semua daftar pengeluaran. Buatnya sesuai dengan prioritas ya. JadiMandiri pernah membuat artikel soal pos pengeluaran yang biasanya ada jelang Idul Fitri. Barangkali dari pos pengeluaran itu ada yang sesuai dengan keadaanmu?

Selain pengeluaran-pengeluaran terus, jangan lupa juga membuat pos tabungan serta pos dana darurat di dalam anggaran yang kamu susun tersebut. Kan katanya enggak mau THR sekadar lewat. Berarti kamu harus menyimpan secukupnya di dalam tabungan.

 

2. Utamakan Zakat

Tips agar Uang THRmu Awet
Hitung dan bayarlah zakatmu via pixabay.com

Salah satu kewajiban yang dijalankan di bulan Ramadan selain berpuasa adalah membayar zakat fitrah. Berhubung pengeluaran ini hanya ada sekali setahun (dan lagi pula kewajiban agama), jadi lebih baik prioritaskan uang THR untuk pos ini dulu deh.

Di Indonesia pembayaran 1 sha’ zakat fitrah disepakati setara dengan 2,5 kilogram beras per orang. Kalau harga beras yang kamu konsumsi per kilogramnya adalah 10 ribu rupiah, berarti jumlah zakat yang harus kamu bayarkan adalah 25 ribu rupiah. Kamu bisa membayarkan zakat fitrah ke masjid di lingkungan rumahmu atau organisasi resmi seperti Bazis (Badan Amal, Infak, Zakat, dan Sedekah) dalam bentuk uang atau kalau mau dalam bentuk beras juga boleh.

 

3. Gunakan Uang Tunai

Tips agar Uang THRmu Awet
Pakai uang tunai supaya belanjanya lebih “terasa”  via pixabay.com

Jelang hari raya biasanya banyak promo belanja berseliweran, entah dari toko online, gerai mal, atau supermarket. Tips yang lumayan ampuh untuk mengerem nafsu belanja adalah belanja menggunakan uang tunai. Kamu akan merasakan sendiri perubahan ketebalan dompet atau nominal saldo di ATM-mu sebelum dan sesudah belanja. Harapannya, semoga perubahan itu bikin kamu sadar dan memutuskan belanja yang penting-penting saja.

 

4. Ubah Pola Pikirmu tentang THR

Tips agar Uang THRmu Awet
Berikan bonus THR untuk dirimu juga via pixabay.com

Walau namanya tunjangan hari raya, kamu enggak harus menghabiskannya saat Lebaran tiba. Selain untuk keperluan berhari raya, kamu bisa saja menjadikan THR sebagai hadiah kepada dirimu sendiri. Hadiah berpuasa dan menjalankan ibadah dengan baik sepanjang bulan Ramadan. Kamu bisa menabungkan “hadiah” tersebut untuk kamu gunakan di kemudian hari.

Prinsipnya mirip-mirip dengan istilah uang transport. Apakah kamu benar-benar menghabiskan semua uang transport untuk keperluan perjalanan? Biasanya sih enggak kan, masih ada lebihnya untuk dibelanjakan keperluan yang lain. Begitu pula dengan uang THR.

 

5. Ubah Dana Darurat menjadi Investasi

Tips agar Uang THRmu Awet
Ubah dana darurat menjadi investasimu setelah hari raya berakhir via pixabay.com

Tips ini dapat kamu terapkan satu bulan sesudah Lebaran. Kalau dana darurat yang kamu simpan enggak terpakai, kamu bisa memasukkannya ke dalam pos investasi. Lumayan lho, dananya kamu putar lagi.

 

Banyak pengeluaran tidak terduga selama bulan Ramadan dan menjelang hari Lebaran. Ayo tetap ketat menjalankan anggaran supaya kondisi keuanganmu tetap aman sentosa hingga hari-hari sesudah Lebaran. Biasanya uang THR kamu belanjakan untuk keperluan apa saja sih?


 

Leave a Reply