Wisata Pantai Ora: Surga Tersembunyi di Maluku

Sebuah perahu terlihat seolah-olah melayang di udara karena air yang ada di bawahnya begitu jernih sebening kaca. Pernah lihat foto yang fenomenal itu? Kalau kamu menyangka lokasi foto itu ada di luar negeri, kamu seratus persen salah! Foto itu diambil di negeri kita sendiri, yakni di Pantai Ora di Maluku.

 

A post shared by Kakaban Trip (@kakabantrip) on

Pantai Ora terletak di Pulau Seram tepatnya di Kecamatan Seram Utara, Provinsi Maluku. Pantai yang sangat indah ini memiliki pasir putih dengan air yang sangat jernih dan tenang serta kekayaan biota laut yang beraneka ragam dan berwarna warni. Airnya begitu jernih sehingga koral dan ikan-ikan yang sedang berenang bisa dilihat sangat jelas dari atas permukaan air.

Keanekaragaman biota laut Pantai Ora sangat kaya, diantaranya adalah ikan kaisa, losi, samanda, gaca, sikuda, ikan tato, kaluna, dan ikan singaro. Terumbu karang di sekitar Pantai Ora umumnya adalah terumbu karang dengan kontur tipe landai, karena lautnya yang dangkal. Kalau kamu enggak bisa berenang, kamu bisa menunggu air laut surut untuk menikmati hamparan terumbu karang yang indah tanpa harus menyelam.

Begitu banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini, seperti berenang, diving, snorkeling, jelajah gua dan fotografi. Kamu juga bisa bersantai sambil berjemur dan main pasir putih yang indah atau jalan-jalan di sekitar pantai menikmati indahnya pemandangan pantai. Panoramanya begitu fantastis sehingga sayang kalau kamu lupa bawa kamera.

Di Pantai Ora enggak ada warung-warung makan selain dari fasilitas penginapan-penginapan di sana. Jadi lebih baik kamu bawa bekal yang cukup kalau mau jalan-jalan di pantai.

 

A post shared by Malaysia (@si_budakkampung) on

Akomodasi di Pantai Ora

Untuk penginapan, kamu pasti pernah melihat juga foto-foto resor indah yang seperti mengapung di laut. Ada beberapa pilihan untuk penginapan seperti ini di Pantai Ora. Selain itu, di desa Sawai juga terdapat pondok wisata yang berada di antara pemukiman penduduk yang beberapa juga terapung di pantai.

Harganya beragam sesuai dengan letak dan fasilitasnya. Harga per malam mulai dari Rp 400 ribu untuk tipe rumah darat, Rp 450 ribu untuk rumah panggung dan Rp 750 ribu untuk resor terapung. Harga–harga tersebut tidak dihitung per kamar namun dihitung per orang. Harga dapat berubah tergantung musim.

 

 

A post shared by Kakaban Trip (@kakabantrip) on

Cara ke Pantai Ora

Untuk mencapai Pantai Ora dari Jakarta, perjalanan udara dilakukan menuju bandara Pattimura di Kota Ambon. Beberapa penerbangan komersial Indonesia menawarkan beberapa alternatif jadwal penerbangan Jakarta – Ambon. Dari bandara, kita harus menuju ke Pelabuhan Tulehu menggunakan angkutan umum.

Dari Pelabuhan Tulehu, kamu harus meneruskan perjalanan ke Pelabuhan Amahai (Masohi) di Pulau Seram kapal feri cepat berkapasitas 350 penumpang dengan ongkos Rp 150.000,- untuk VIP dan Rp 92.000,- untuk ekonomi. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Pelabuhan Amahai dari Pelabuhan Tulehu sekira 2 jam.

Kapal feri ini beroperasi dua kali setiap harinya dengan jadwal Tuleho – Amahai pukul 09.00 dan 16.00 pada hari Senin-Sabtu, sementara hari Minggu hanya satu kali perjalanan pada pukul 11.00. Untuk jadwal kembali kapal ferry Amahai – Tuleho tersedia pada pukul 08.00 dan 14.00 di hari Senin-Sabtu, sementara hari Minggu 15.00.

Dari pelabuhan Amahai untuk ke pelabuhan Desa Saleman yang menghubungkan dengan Pantai Ora belum ada angkutan umum. Alternatif transportasi darat yang bisa kamu ambil adalah dengan menyewa kendaraan Trans Seram. Waktu tempuh perjalananan dari Amahai ke Desa Saleman sekitar 2,5 jam dengan menyusuri wilayah kota Masohi dan wilayah Teon, Nila dan Serua (TNS).

 

A post shared by Dwi Sumaiyyah M (@dwisumaiyyah) on

Taman Nasional Manusela

Sepanjang perjalanan kamu bisa menikmati liku-liku jalur pegunungan yang indah dan wilayah Taman Nasional Manusela. Setelah mencapai pelabuhan Desa Saleman, kamu bisa naik perahu bermesin dengan waktu kecil sekitar 15 menit untuk sampai ke pantai Ora.

Kalau tertarik untuk menjelajah alam di sekitar Pantai Ora kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Manusela. Taman Nasional Manusela yang memiliki kekayaan keanekaragaman hayati yang sangat banyak. Beberapa diantaranya adalah tumbuhan seperti tancang (Bruguiera sexangula), bakau (Rhizo acuminate), ketapang (Terminalia catappa), meranti (Shorea selanica).

Sementara untuk jenis burung beberapa diantaranya adalah burung kesturi ternate (Lorius garrulous), nuri tengkuk ungu/nuri kepala hitam (L. domicella), dan kakatua Seram (Cacatua moluccensis).

Tertarik? Ayo menabung supaya punya cukup uang untuk berlibur ke Pantai Ora.


 

Leave a Reply