5 Tips agar Mulut Selalu Segar di Bulan Puasa

Puasa yang dijalani umat muslim selama bulan Ramadan membawa banyak pengaruh bagi tubuh. Selain kondisi yang lebih lemas dari biasanya, mulut yang tidak tersentuh makanan dan minuman selama belasan sampai dua puluhan jam juga biasanya mengeluarkan bau yang kurang sedap.

Supaya masalah yang terakhir itu enggak mengganggu kegiatan dan kenyamanan orang-orang di sekelilingmu, yuk simak tips menciptakan mulut segar saat puasa berikut ini.

 

 1. Minum air yang cukup

Banyak minum air ampuh untuk mengurangi bau tidak sedap di mulut via maxpixel.freegreatpicture.com

Kondisi mulut kering rentan mengeluarkan bau kurang sedap. Untuk itu perbanyak minum air saat berbuka puasa hingga waktu menjelang sahur. Kamu juga bisa membersihkan mulut dengan air saat puasa, misalnya saat wudu sebelum salat. Tapi ingat, airnya jangan sampai tertelan lho ya.

 

2. Bersihkan lidah

Pembersih khusus lidah bisa kamu dapatkan di apotek via wikimedia.org

Membersihkan lidah dengan pembersih lidah adalah cara yang efektif untuk mencegah bau mulut. Bersihkan lidah dua kali sehari untuk mengenyahka sisa makanan dan lendir dalam mulut. Kamu bisa menggunakan sikat gigi yang memiliki bagian pembersih lidah atau membeli pembersih khusus lidah di apotek. Kalau masih kurang juga, kamu bisa mencoba berkumur dengan air garam.

 

3. Menjaga kebersihan mulut dan gigi

Kebersihan mulut yang kurang terjaga bikin kamu susah unjuk gigi via pixabay.com

Mulut dan gigi yang kotor adalah penyebab utama bau mulut. Jadi kalau mulutmu bau, berarti kebersihan mulut dan gigimu kurang terjaga.

Sikatlah gigi dua kali sehari. Saat puasa, kamu bisa menyikat gigi sehabis sahur. Durasinya kurang lebih 4-5 menit. Sikat gigi lagi jika saat berbuka, kamu minum dan makan produk susu, ikan, dan daging.

Untuk membersihkan bagian yang tidak terjangkau sikat gigi, kamu bisa menggunakan benang gigi. Gunakan benang gigi tanpa bau sehingga kamu bisa mendeteksi bagian gigi yang mengeluarkan bau tidak sedap. Kalau perlu kamu juga bisa berkumur dengan obat kumur sehingga napas terasa lebih segar.

 

4. Mengurangi makan makanan sumber bau tidak sedap

Lebih baik makan makanan yang sehat seperti wortel via maxpixel.freegreatpicture.com

Beberapa makanan dan minuman seperti bawang putih, minuman bersoda, dan petai dapat menyebabkan bau mulut. Kurangi konsumsi makanan dan minuman tersebut agar bau tidak sedap dari mulutmu tidak semakin menjadi-jadi. Hindari juga makan makanan yang terlalu berlemak. Selain tidak sehat, makanan tersebut juga akan membuat lambungmu mengeluarkan gas yang bikin mulutmu berbau enggak enak.

 

5. Perawatan ke dokter gigi

Berkunjung ke dokter gigi secara berkala via i.vimeocdn.com

Perawatan ke dokter gigi harusnya dilakukan secara berkala, paling tidak setiap 6 bulan sekali. Sayangnya banyak yang menyepelekan hal ini.

Sebelum bulan Ramadan tiba, kamu bisa ke dokter gigi untuk melakukan perawatan atau membersihkan gigi. Jadi kamu bisa terhindar dari gigi berlubang atau tumpukan plak yang membuat mulut bau selama bulan puasa.

 

Walau menurut hadis, Allah meridai bau mulut orang yang berpuasa, bukankah lebih bagus lagi jika mulut kita tetap segar saat berpuasa.


 

Leave a Reply