5 Tempat Wisata Religi di Tuban yang Wajib Dikunjungi

Tuban merupakan wilayah yang terletak di pantai utara Jawa. Posisinya berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, tapi secara administratif masuk provinsi Jawa Timur.

Kota Tuban terkenal dengan sebutan Kota Wali karena sejarahnya sangat erat dengan penyebaran agam Islam melalui Walisongo. Enggak heran kalau Tuban akhirnya punya banyak peninggalan bersejarah berkaitan dengan penyebaran Islam di Indonesia.

Kalau kamu tertarik melakukan wisata religi di Tuban, tempat-tempat berikut ini wajib kamu datangi.

 

1. Makam Sunan Bonang

A post shared by Chad (@risyadnurdin) on

Sunan Bonang merupakan salah satu dari sembilan Walisongo yang menyebarkan agama Islam di Jawa. Nama asli beliau adalah Raden Maulana Makdum Ibrahim. Makam Sunan Bonang ini terletak di tengah-tengah kota Tuban, persisnya di sebelah barat alun-alun kota dan di belakang Masjid Agung Tuban.

Uniknya, banyak tempat lain yang diklaim sebagai makam Sunan Bonang seperti di Pulau Bawean, Kediri, dan Rembang. Namun makan Sunan Bonang yang ada di Tuban inilah yang paling ramai dan sering dikunjungi orang.

 

2. Masjid Agung Tuban

A post shared by TUBAN (@ilovetuban) on

Masjid dengan arsitektur megah dan berwarna-warni ini merupakan kebanggaan warga Tuban. Para turis yang berwisata ke Tuban pun banyak yang tertarik berfoto di sini.

Bukan hanya bentuknya yang menarik, Masjid Agung Tuban pun tergolong masjid bersejarah. Masjid ini dibangun pada tahun 1894 ketika Tuban dipimpin oleh Adipati Raden Ario Tedjo. Arsiteknya waktu itu adalah seorang berkebangsaan Belanda bernama H.M. Toxopeus.

Pada waktu pertama kali dibangun, Masjid Agung belum berwarna-warni seperti sekarang. Bangunan masjid baru mengalami perubahan setelah mengalami pemugaran pada tahun 1985 dan 2004.

 

3. Masjid Ashabul Kahfi

A post shared by adilah zainal (@adilahznl) on

Selain terkenal dengan sebutan Kota Wali, Tuban juga dijuluki kota seribu gua. Uniknya, salah satu masjid di kota Tuban didirikan di dalam gua. Nama masjid tersebut adalah Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi.

Bangunan utama masjid yang masih berada dalam kompleks pesantren Al Maghribi ini enggak mendapat cahaya matahari sama sekali. Penerangan seluruhnya berasal dari cahaya lampu. Hal itu justru yang membuat masjid ini tampak unik berikut dengan batu-batu stalaktit dan stalakmitnya. Dari segi arsitektur, masjid ini menyerupai bangunan Arab dengan pilar-pilar yang terbuat dari marmer.

 

4 & 5. Makam Sunan Bejagung Lor dan Kidul

Makam Sunan Bejagung ini terletak di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Di sana terdapat dua makam Sunan Bejagung yaitu makam Sunan Bejagung Lor (Utara) dan makam Sunan Bejagung Kidul ( Selatan). Kedua makam tersebut dipisahkan oleh ruas jalan kampung.

Makam Sunan Bejagung Lor adalah makam dari Sayyid Abdullah Asy’ari, penyebar agama Islam dari Palembang. Sementara makam Sunan Bejagung Kidul merupakan makam Syeh Hasyim Amaluddin, menantu Sunan Bejagung Lor.

Kalau kamu ziarah ke makam ini kamu juga bisa menemukan sumur tua yang disebut warga setempat Sumur Gemuling. Air dari sumur tersebut konon bisa menyembuhnya beragam penyakit, terutama penyakit kulit.

 


 

Leave a Reply