Anak Kos Wajib Tahu Trik Masak Sahur yang Murah dan Praktis Ini

Sebagai anak yang indekos, kamu mungkin sering nelangsa soal sahur. Menu yang akrab atau malah terlalu akrab denganmu adalah nasi, telur, dan abon. Syukur-syukur kalau sempat bangun untuk sahur. Bisa jadi kamu lebih sering melewatkan sahur karena telat bangun.

Duh, hidupmu jangan sesuram itulah. Ayo revolusi mental! Coba siasati dengan trik masak sahur berikut ini.

 

1. Kuliner setrikaan

Selain berguna untuk merapikan baju, setrika juga bisa kamu berdayakan sebagai alat masak lho. Untuk itu kamu perlu sedikit mengembangkan kreativitas.

Kamu bisa melapisi roti beserta isinya dengan alumunium foil atau kertas masak sebelum kamu “panggang” dengan setrika. Kalau kamu suka keju, trik ini juga bisa memudahkanmu dalam membuat roti panggang keju leleh.

Malahan bukan cuma roti panggang, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan lain seperti kulit lumpia, kulit risoles, dan lain sebagainya. Syaratnya, tumpukan yang mau disetrika, jangan terlalu gendut ya. Bukan apa-apa, tumpukan gendut seperti itu susah untuk disetrika.

Memang sih, trik ini agak kebangetan, tapi demi sahur yang lebih bergizi dan mengenyangkan, enggak ada salahnya kamu coba kan?

 

2. Penanak nasi ajaib

Rebus ikan di penanak nasi via wikimedia.org

Benda yang satu ini memang ajaib. Walau namanya penanak nasi, kamu bisa menggunakannya untuk banyak hal. Penanak nasi bisa kamu gunakan untuk menggoreng, mengukus, merebus, memanggang, bahkan membuat kue kering pun bisa. Batasannya hanyalah imajinasimu.

Untuk makan sahur, kamu bisa membuat olahan yang enggak terlalu menyita waktu. Yang paling utama tentu nasi. Usahakan cari resep yang memasukkan semua bahan biar praktis. Kamu bisa masak nasi tim ayam, nasi uduk teri, atau nasi goreng.

Kamu juga bisa masak telur dadar dengan penanak nasi. Kocok telur lalu masukkan bahan-bahan yang kamu suka. Masak selama 5 menit di dalam penanak nasi dan voila, jadilah telur dadar tanpa minyak ala anak kos.

 

 3. Microwave-kan saja!

Makanan dalam mug bisa dibuat dalam waktu cepat via flickr.com/photos/usdagov

Kalau kamu cukup beruntung punya microwave di tempat indekos, kamu bisa gunakan alat tersebut untuk membuat berjuta resep masakan. Mulai dari telur dadar sampai roti. Selain itu kamu juga bisa menerapkan tren baru masak praktis dengan microwave. Namanya mug food atau makanan dalam gelas mug. Satu tip penting, kamu bisa memasukkan gelas yang diisi air supaya masakanmu tidak terlalu kering.

 

4. Bumbu giling untuk semua suasana

via flickr.com/photos/36967498@N00

Tambahkan bumbu dalam makanan sahurmu supaya rasanya enggak membosankan dari hari ke hari. Kalau tempat indekosmu punya kulkas, kamu bisa menjadikannya tempat menyimpan berbagai bumbu masakan. Bumbu yang mudah diolah dan dicampur-campur menjadi kreasi masakan antara lain bawang putih, bumbu kuning, bumbu kari, jahe, cabe, kemiri dan lain sebagainya.

Bagaimana kalau enggak punya kulkas? Kamu bisa beli bumbu halus kering untuk dicampurkan dengan makananmu. Simpan dalam wadah aman yang tertutup.

 

5. Makanan instan penuh nutrisi

Makanan instan yang perlu kamu beli di sini bukan yang biasa dijual di supermarket seperti nugget, sosis, bakso ya. Selain enggak sehat, harganya pun mahal. Lebih baik kamu buat sendiri stok makanan yang bisa langsung direbus atau digoreng. Beberapa contohnya seperti tempe bacem, ayam bumbu kuning, atau ikan teri sambal.

Kalau tempat indekosmu punya dapur, kuatkan tekad untuk beranjak masak sahur. Berhubung makanan yang kamu masak adalah makanan instan, kamu tinggal cemplung-cemplungkan semua ke dalam wajan.

 

Bagaimana, seru kan berbagai trik masak sahur di atas? Semoga berguna sehingga kamu enggak melewatkan sahur lagi. Tapi omong-omong, biasanya apa sih yang sering bikin kamu susah sahur?


 

Leave a Reply