5 Desainer Indonesia yang Karyanya Diakui Dunia

Leluhur bangsa Indonesia sudah mewariskan karya-karya desain yang menakjubkan. Lihat saja relief candi, corak kain tradisional, hingga bentuk unik alat musik tradisional. Itu merupakan beberapa contoh nyata hasil karya desain generasi pendahulu kita.

Bagaimana dengan pada era sekarang? Sama hebat dan membanggakannya kok. Tidak sedikit desainer asal Indonesia yang karyanya diakui dunia. Beberapa nama desainer Indonesia itu antara lain:

 

1.     Didiet Maulana

 

Selain batik, Indonesia punya banyak kain tradisional lain yang tidak kalah indah. Salah satunya adalah tenun ikat. Nah, Didiet Maulana adalah desainer sekaligus entrepreneur yang fokus mengembangkan produk berbahan dasar tenun ikat.

Produk pakaian tenun ikatnya ini sudah mendapat tempat di industri mode Indonesia, bahkan pernah menjadi “seragam” para menteri yang menghadiri KTT APEC Bali tahun 2013.

Momen lain yang makin mengangkat pamornya adalah ketika brand tas internasional, Tumi, mengajaknya berkolaborasi. Bersama enam desainer Asia lainnya, tas rancangan masing-masing desainer tersebut menjadi goodie bag bagi para pemenang ajang penghargaan musik internasional, Grammy Awards 2016.

Kira-kira siapa ya musisi yang beruntung mendapatkan tas rancangan Didiet?

 

2. Niluh Djelantik

Terkadang kamu tak bisa memilih pekerjaan yang kamu cintai. Mungkin karena kamu baru saja memulai karirmu. Mungkin karena kamu harus mencari jalan untuk membiayai hidupmu. Mungkin karena kamu harus melanjutkan usaha orang tuamu. Atau bahkan mungkin karena keterbatasan jenis pekerjaan didaerahmu yang tak sesuai dengan keahlianmu. Jangan patah semangat. Belajarlah mencintai pekerjaanmu, berikan dia kesempatan dan waktu untuk mengajakmu kedunia yang penuh tantangan dan berwarna. Dimana kamu bisa belajar dan sekaligus menambah wawasan dan pengalamanmu. Cintai dia dengan kejujuran, ketulusan dan sepenuh hati. Berikan dia loyalitas dan dedikasimu. Lakukan yang terbaik yang kamu mampu. Kamu tak pernah tahu. Suatu hari kamu kan mencintainya juga. Dan jika saat itu tiba. Kamu tak akan menyesal telah memperjuangkannya. Love you, Niluh.

A post shared by Niluh Djelantik (@niluhdjelantik) on

 

Perempuan bernama lengkap Ni Luh Putu Ary Pertami Djelantik ini merupakan desainer dan entrepreneur yang terkenal dengan produk sepatu hak tingginya. Sepatu-sepatu karyanya memang terlihat indah, seksi, serta nyaman untuk dipakai. Artis-artis Hollywood seperti Julia Roberts, Uma Thurman, Bundchen, hingga Tara Reid pun sampai kepincut dengan sepatu buatannya.

Bukan cuma sepatu hak tinggi, lewat brand Niluh Djelantik, perempuan Bali ini juga memasarkan produk lain seperti sendal, tas, dan clutch. Kalau penasaran, intip sendiri deh produk-produknya di sini.

 

3. Tex Saverio

Nama Tex Saverio mulai berkibar sejak ia memenangkan penghargaan tingkat regional, Mercedes-Benz Asia Fashion Award tahun 2006. Ciri khas rancangan yang ia buat adalah penuh fantasi, teatrikal, dan avant-garde. Karya-karyanya yang tidak biasa itu sukses merebut perhatian pencinta dan pemerhati fashion dunia.

Beberapa rancangan Tex Saverio pernah dikenakan oleh selebritis internasional seperti Lady Gaga, Kim Kardashian, dan Ayumi Hamasaki. Karyanya juga sempat masuk film Hollywood, The Hunger Games: Catching Fire lho. Katniss Everdeen, karakter utama yang diperankan Jennifer Lawrence mengenakan gaun rancangan Tex Saverio dalam adegan parade. Keren, kan!

 

4. Fahrani Empel

 

Model Indonesia bernama lengkap Fahrani Pawaka Empel ini beberapa tahun terakhir hijrah ke Berlin, Jerman. Di sana ia menjalankan bisnis yang tidak jauh-jauh dengan dunia yang digelutinya, fashion. Ia mendesain dan memasarkan produk kacamata dengan brand Pawaka.

Kacamata rancangan Fahrani ini bentuknya sangat trendi. Kalau biasanya orang memakai kacamata dengan bingkai elips, bulat, atau kotak, Pawaka menawarkan bingkai berbentuk segienam, segidelapan, hingga setengah lingkaran. Beberapa selebritis dunia yang pernah memakai kacamata Pawaka antara lain Rihanna, Lady Gaga, dan model androgini Andreja Pejic.

 

5. Rinaldy A. Yunardi

Laki-laki yang akrab disapa Yungyung ini merupakan desainer aksesori kenamaan Indonesia. Karyanya sudah dikenakan oleh banyak selebritis Indonesia seperti Anggun C. Sasmi, Andien, Syahrini, Melly Goeslaw, Chelsea Olivia, dan Sandra Dewi. Namun yang lebih membanggakan, karya Yungyung juga mejeng di video klip Chained to The Rhythm Katy Perry dan No Frauds-nya Nicky Minaj.

Hebatnya, menurut Yungyung dua karya yang ia buat untuk penyanyi-penyanyi internasional tersebut, proses pembuatannya tidak terlalu lama. Ia hanya butuh 3 hari untuk merancang sepatu Katy Perry dan 1 minggu untuk topeng Nicky Minaj. Keren banget!

 

Lewat kerja keras dan semangat menekuni passion, lima desainer Indonesia di atas berhasil mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Semoga ini bisa menjadi inspirasi kamu untuk tetap berjuang untuk passion-mu ya.


 

Leave a Reply