5 Tips Memaksimalkan Gadget agar Hidup Makin Produktif

Gadget seperti smartphone atau tablet merupakan kebutuhan yang sudah enggak bisa dipisahkan dari kehidupan modern saat ini. Kalau menolak, bisa-bisa kamu ketinggalan perkembangan terkini.

Di sisi lain, kalau terlalu tenggelam dengan gadget, waktumu pasti banyak habis untuk hal yang sebenarnya enggak terlalu penting. Gadget berubah jadi alat untuk menunda-nunda pekerjaan atau kabur dari tanggung jawab.

Terus, solusinya seperti apa dong? Coba deh lakukan tips-tips memaksimalkan gadget agar hidup makin produktif berikut ini.

 

1. Ubah Pengaturan agar Tidak Terganggu Berbagai Macam Notifikasi

Ubah pengaturan ke mode “Tidak boleh diganggu” via pixabay.com

Ketika kamu butuh waktu untuk fokus dengan pekerjaan, ubah pengaturan gadget ke mode “Tidak boleh diganggu.” Kalau misalnya enggak ada mode pengaturan seperti itu, bisa gunakan airplane mode. Mode pengaturan ini akan mematikan total koneksi internetmu.

Takut melewatkan pesan darurat? Kamu enggak perlu khawatir karena orang masih tetap bisa mengontakmu via telepon atau SMS kok.

 

2. Pakai Penanda yang Kelihatan

Bisa juga tandanya dengan membalikkan handphone via pexels.com

Kalau misalnya pengaturan itu malah bikin kamu tambah cemas dan tidak fokus bekerja, gunakan tanda yang lebih terlihat seperti mengikatkan karet gelang pada gadget. Ketika melihat gadgetmu dilingkari karet gelang seperti itu ingatkan diri bahwa itu tanda kamu harus fokus bekerja dan enggak boleh menunda-nunda.

Kalau kamu ngotot untuk tetap menerima pesan, pekerjaanmu malah enggak selesai dan jadwalmu bisa berantakan. Enggak efektif, kan?

 

3. Maksimalkan Penggunaan Aplikasi

Pasang aplikasi yang bisa bikin kamu makin produktif via maxpixel.freegreatpicture.com

Deretan aplikasi yang ada di gadgetmu harus kamu manfaatkan secara maksimal. Saat senggang coba ulik fitur-fitur yang ada di aplikasi tersebut. Bisa jadi ada fitur yang semakin memudahkanmu melakukan sesuatu.

Penggunaan aplikasi juga bisa kamu perluas. Kalau biasanya kamu memanfaatkan Skype cuma untuk ngobrol dengan pacar yang sedang studi di negara lain, besok-besok kamu bisa gunakan aplikasi tersebut untuk rapat dengan teman kerja atau tim.

Kamu juga bisa memasang aplikasi lain yang berguna untuk membantu kamu agar jadi lebih produktif. Misalnya Evernote sebagai platform menulis ide-ide yang melintas di kepala, Expense Manager untuk mencatat keuangan, dan lain sebagainya. Kamu tinggal mencari yang sesuai dengan kebutuhanmu.

4. Ubah Deretan Aplikasi yang Muncul di Layar Tampilan Depan

Sembunyikan aplikasi tipe hura-hura dari layar tampilan depan ponsel via pixabay.com

Ubah sedikit tampilan layar depan gadget milikmu supaya pikiranmu enggak terus menerus ingin main gadget. Kalau biasanya aplikasi yang terpajang adalah Facebook, Instagram, Twitter, atau aplikasi tipe hura-hura lainnya, coba ganti dengan aplikasi yang lebih serius seperti Google Calendar, ToDoist, dan lain sebagainya.

 

5. Matikan Sementara

Solusi akhir, matikan handphone via Pixabay.com

Ada kalanya aplikasi yang berguna untuk memaksimalkan produktivitas justru menjadi pengalih perhatian dari tugas yang harusnya dikerjakan. Kalau kamu sudah sampai pada kondisi seperti itu cara paling ampuh adalah mematikan handphone. Kamu benar-benar bisa mengerjakan tugas dengan tenang tanpa diganggu oleh notifikasi, telepon, atau hal-hal lain dari handphone.


 

Leave a Reply