Bukan Cuma Untuk Mainan, Boneka Berfaedah Untuk Hal-Hal Ini Juga

Boneka identik sebagai mainannya anak perempuan. Bentuknya yang lucu dan imut memang sangat memikat. Tapi kamu pasti belum tahu tentang manfaat lain boneka. Mainan anak-anak ini juga punya manfaat yang bisa dirasakan oleh orang dewasa, baik pria maupun wanita. Penasaran? Simak di bawah ini.

 

1. Edukasi

Boneka cocok jadi media pembelajaran ke anak-anak via oneworldrotary.org

Selain buat mainan, boneka juga bisa dijadikan media pembelajaran anak-anak. Dengan menggunakan mainan yang sudah pasti mereka sukai, anak-anak jadi gampang menyerap pesan yang disampaikan oleh pendidik. Bermacam-macam pesan bisa kamu sampaikan menggunakan alat bantu boneka. Mulai dari kesehatan, kedisiplinan, sampai pelajaran yang lebih serius.

 

Cara merawat bayi pakai media boneka via realityworks.com

Isu serius dan sensitif yang sudah lazim diterangkan dengan alat bantu boneka seperti misalnya isu seksualitas atau kekerasan. Malahan bukan cuma anak-anak yang bisa mengambil manfaat dari boneka. Masyarakat di daerah tertentu yang kurang tersentuh dengan pendidikan formal pun bisa. Dengan menggunakan boneka, pesan penyuluhan dapat tersampaikan lebih nyaman dan jelas.

 

2. Terapi

Memeluk boneka bikin hati nyaman via forum.alzheimers.org.uk

Di serial kartun Crayon Shincan, ibu Nene, teman sekelas Shincan, suka meninju boneka ketika sedang gondok. Walau praktiknya agak sadis, ini merupakan pemanfaatan boneka sebagai alat terapi.

Kalau cara yang lebih normal, kamu bisa melakukannya dengan cara mendekap atau memeluk boneka. Enggak bisa dipungkiri memeluk boneka menimbulkan rasa nyaman. Apalagi kalau bonekanya berbulu tebal. Memeluknya terasa empuk dan hangat.

Karena itu banyak panti jompo dan rumah sakit anak yang pasiennya mengidap sakit keras menggunakan boneka sebagai alat penawar stres. Sesi terapi kejiwaan juga ada yang menggunakan alat bantu boneka. Dengan alat bantu tersebut, seseorang dapat lebih mudah menyampaikan hal yang mengganjal di hati dan pikirannya.

 

3. Investasi

Boneka Barbie seharga setengah juta dolar AS via ifitshipitshere.blogspot.co.id

Jangan salah, banyak boneka yang harganya mahal, bahkan lebih mahal dari harga emas. Boneka-boneka yang biasa menjadi incaran kolektor seperti barbie atau boneka porselen yang memiliki sejarah.

Kalau kamu suka boneka, kamu bisa menjadikan kegemaran tersebut sebagai ladang uang. Mulailah mempelajari nilai dan harga boneka-boneka. Setelah itu mulai deh berburu boneka-boneka unik, yang enggak pasaran, atau yang bersejarah. Jual beli koleksi boneka tersebut memang modalnya agak banyak, tapi keuntungan yang didapat bisa lebih banyak lagi.

 

Tuh kan, boneka bukan cuma untuk mainan saja. Selain ketiga manfaat di atas, boneka juga bisa menambah pahala kamu. Caranya, boneka yang masih bagus tapi sudah tidak pernah kamu sentuh, sumbangkan ke anak-anak yang membutuhkan. Mereka senang, kamu menebarkan kebaikan pada orang lain. Klop.


 

Leave a Reply