5 Hal yang Perlu Kamu Cermati agar Dapat Belanja Online Dengan Aman

Cukup klik sana, klik sini, barang segera diantar ke tempat yang sudah kita tentukan. Berbelanja barang secara online memang sangat memudahkan kehidupan.

Meski begitu, berbeda dengan belanja langsung di toko, belanja secara online punya celah keamanan tertentu. Bila tidak hati-hati kamu bisa jadi korban kejahatan online. Karena itu cermatilah hal-hal berikut agar dapat belanja online dengan aman.

 

1. Reputasi Toko Online

Pilih situs yang sudah terpercaya via mirror.co.uk

Kalau kamu berniat berbelanja via online, alangkah baiknya kamu survei mencari barang di toko-toko yang terkenal dan sudah punya nama. Jika barang yang kamu cari adanya di suatu marketplace, lihat testimoni yang diberikan para pelanggannya. Penjual yang bagus memberikan respons yang cepat dan tepat, serta dapat memberikan jaminan keterangan di situs sesuai dengan produk aslinya.

 

2. Keamanan Situs

Pastikan situsnya terproteksi dengan baik via helpnetsecurity.com

Untuk mengetahui keamanan suatu situs perhatikan alamat situs yang tertera di browser. Apakah ada tulisan https dan simbol gembok di sana?

Batalkan niat untuk berbelanja kalau situs yang kamu kunjungi tidak terdapat proteksi keamanan. Panduannya adalah tulisan dan simbol tersebut. Apabila kamu mengetik alamat situs yang sering kamu kunjungi namun tidak ada https yang muncul, bisa jadi situs yang kamu kunjungi adalah situs yang menduplikat situs asli yang memang dimaksudkan untuk menipu.

 

3. Kerahasiaan Data Pribadi

Masukkan data diri seperlunya saja via youngupstarts.com

Apabila kamu pertama kali mendaftar ke situs belanja online tersebut, perhatikan data-data apa saja yang kamu harus isi. Jangan berikan terlalu banyak informasi mengenai data pribadimu. Ingat, data dirimu adalah hal yang sensitif. Cukup berikan data-data yang sederhana yang diperlukan untuk kebutuhan pengiriman produk.

 

4. Username dan Password yang Digunakan

Rahasiakan nama akun dan password via digitaltrends.com

Untuk membuat akun pertama kali untuk kegunaan berbelanja online, buatlah nama akun dan password yang unik agar tidak mudah ditebak oleh pelaku kejahatan online. Pisahkan akun e-mail untuk kebutuhan pribadi dan pekerjaan. Buatlah kata kunci yang kuat, unik, panjang dan berbeda untuk setiap akun yang kamu punya.

 

5. Penggunaan Hotspot Wi-Fi

Akses internet menggunakan hotspot WiFi punya risiko keamanan yang cukup besar via play.google.com

Kamu mungkin tidak pernah menyangka kalau hotspot WiFi ternyata mempunyai risiko keamanan yang cukup besar. Mengingat siapa saja bisa mengakses hotspot WiFi, jaringan ini bisa dengan mudah diserang peretas atau pelaku kejahatan online.

Apabila kamu memang harus menggunakan jaringan ini, kamu harus lebih hati-hati dalam memasukkan data pribadi yang sifatnya rahasia ke suatu situs.

Ketika berkunjung ke tempat yang menawarkan akses internet hotspot WiFi, gunakan seperlunya saja. Kalau ingin memasukkan data yang sifatnya pribadi lebih baik gunakan koneksi data internet dari gadget-mu sendiri. Kalau kamu menggunakan modem WiFi milik sendiri, lindungi dengan password yang aman dan kuat.

 

Langkah-langkah sederhana ini bisa membuatmu terlindung dari risiko kejahatan online. Belanja pun jadi lebih aman dan menyenangkan.


 

Leave a Reply