5 Alasan Kamu Perlu Mengunjungi ART|JOG 2017

Beberapa waktu mendatang, Jogja bakal punya event seru dan kece. Dalam event tersebut para pengunjung dapat melihat mural, patung, dan berbagai karya seni unik.  Sudah bisa menebak? Yap, event tersebut adalah ART|JOG 2017.

Sedikit kilas balik, Art Jog pertama kali diadakan pada tahun 2008. Tahun itu namanya masih Jogja Art Fair serta masih bagian dari rangkaian acara Festival Kesenian Yogyakarta. Setahun setelahnya, Jogja Art Fair berdiri sendiri, dan pada tahun 2010 namanya diubah menjadi Art Jog.

Untuk penyelenggaran tahun 2017 ini, Art Jog mengusung tema “Changing Perspective.” Ada 72 seniman ikut berpartisipasi memamerkan karya-karyanya. Kalau kamu belum apa menariknya atau mau apa di sana, ini sedikit pencerahan buatmu

 

1. Membuka Wawasan

Lewat tema “Changing Perspective“, ART|JOG 2017 ingin menawarkan cara pandang baru dalam mencari kebenaran. Biasanya kan apa yang kebanyakan orang sebut kebenaran tersebut harus bisa dirasakan oleh indera (empiris), masuk akal (logis), dan ilmiah.

ART|JOG 2017 ini menyajikan kebenaran di luar dari yang mampu dirasakan indera atau logika ilmiah. Dengan begitu pengunjung bisa diajak melihat suatu fenomena, entah itu politik, ekonomi, alam, agama, dan lainnya dalam cara pandang yang berbeda. Kira-kira bakal seperti apa? Cari tahu sendiri makanya.

 

2. Berburu Koleksi Unik

via jumardanm.com

Jogja terkenal sebagai gudangnya kreativitas dan seni. Itu bisa kita lihat dari beragamnya cendera mata dan suvenir yang bisa kita dapatkan di Jogja.

Bagi kamu yang hobi mengumpulkan cendera mata atau suvenir unik, tidak salah kalau berkunjung ke ART|JOG 2017. Dalam program Merchandise Project, 21 seniman akan memasarkan produk-produk mereka. Mereka membuat cendera mata khusus untuk event ini. Sudah pasti, barang-barang yang ditawarkan enggak akan pasaran.

 

3. Mengenal Seniman Kontemporer Baru

via twitter.com/artjog

ART|JOG amat terbuka bagi publik dan seniman, baik yang sudah punya nama ataupun pemula, untuk ikut berpartisipasi. Bila lolos kurasi, karya yang terpilih akan dipresentasikan.

Oleh sebab itu, di event ini kamu dapat melihat karya-karya yang masih gres. Selain hasil karya anak bangsa, kamu juga bisa melihat karya seniman dari Singapura, Jepang, Inggris, Amerika Serikat, dan Australia.

Bukan cuma melihat, kamu juga bisa berinteraksi dengan seniman-seniman tersebut. Pada sesi Meet the Artist, pengunjung akan dipertemukan langsung dengan seniman pembuatnya. Kamu bebas deh menanyakan apapun. Mulai dari maksud karya tersebut, proses penciptaannya, ilhamnya dapat dari mana, dan hal-hal lainnya yang ingin kamu ketahui.

 

4. Menghibur

Menulis harapan dan permintaan di karya instalasi seni interaktif via artjog.co.id

Salah satu alasan yang tidak bisa dipungkiri adalah, kamu akan sangat terhibur ketika menghadiri acara ini. Berbagai pameran dan pertunjukan akan memanjakan panca indera kita.

 

via artjog.co.id

 

Pameran yang berlangsung dari tanggal 19 Mei – 19 Juni 2017 ini akan penuh berbagai karya seni menarik. Beberapa karya seni malah harus dinikmati dengan cara berinteraksi atau disentuh.

Agar lebih memahami karya-karya seni yang dipamerkan, penyelenggara juga menggelar tur kuratorial. Kurator yang menyeleksi karya-karya yang dipamerkan di ART|JOG akan mengajak kamu berkeliling. Ia akan menerangkan karya, lengkap dengan konsep yang ingin disampaikan pembuatnya. Tur ini akan diselenggarakan empat kali, yakni pada tanggal 27 Mei, 10 Juni, 4 Juni, dan 18 Juni 2017.

 

via artjog.co.id

Selain pameran, berbagai pertunjukan menarik juga akan diadakan tiap hari. Pada malam pembukaan tanggal 19 Mei, kamu bisa melihat penampilan Doctor & The Professor feat Sruti Respati dan penari Astri Kusuma Wardani.

Hari-hari selanjutnya akan ada pertunjukan seni, musi, tari kontemporer, fesyen, teater, dan film. Setiap akhir pekan akan ada penampilan khusus di antaranya pertunjukan performance art dari Melati Suryodharmo, pemutaran film Setan Jawa karya Garin Nugroho, musik karya Rahayu Supanggah, hingga penampilan tari kontemporer yang dibawakan Bimo Wiwohatmo.

 

via prestigeonline.com

 

5. Instagrammable

Art Jog 2017
via thejakartapost.com

Terakhir, ART|JOG terkenal dengan karya-karya yang menggelitik persepsi dan berestetika tinggi. Semua karya yang dipamerkan serta pertunjukan seninya sudah diseleksi dengan begitu cermat. Enggak heran ketika diabadikan dalam foto, hasilnya akan sangat ciamik. Mau foto yang sangat instagrammable? Kamu perlu datang ke ART|JOG 2017.

 

Sekali lagi, catat tempat dan tanggalnya ya. Art Jog 2017 akan diadakan di Museum Nasional Jogja dari tanggal 19 Mei – 19 Juni 2017. Satu bulan penuh. Sampai jumpa di sana!


 

Leave a Reply