5 Kegiatan Seru untuk Menyambut Hari Bumi 2017

Setiap tanggal 22 April, warga dunia memperingati Hari Bumi. Banyak kegiatan bertema seputar peduli lingkungan dilakukan pada hari ini, tidak terkecuali di Indonesia. Beberapa kegiatan seru di Indonesia yang diselenggarakan untuk menyambut Hari Bumi 2017, misalnya:

 

1. Malu Dong Festival, Badung, Bali

5 Festival untuk Merayakan Hari Bumi 2017
Malu Dong Festival via whatsnewbali.com

Untuk memperingati Hari Bumi 2017, warga Bali punya acara bertajuk Malu Dong Festival. Acara ini diadakan pada tanggal 22 dan 23 April 2017 di Lapangan Puputan, Kabupaten Badung.

Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menggugah masyarakat supaya menghentikan kebiasaan buang sampah sembarangan. Bentuk acaranya bermacam-macam. Kamu bisa nonton film dokumenter bertema lingkungan, ikutan pelatihan pengolahan sampah, melukis mural, sampai melihat pertunjukan musik. Beberapa band atau musisi yang turut meramaikan seperti Jangar, Rollfast, Zat Kimia, dan Navicula.

 

2. Hutan Jakarta

5 Festival untuk Merayakan Hari Bumi 2017
Hutan Jakarta via instagram.com/hutanjakarta

Jakarta juga punya acara seru untuk menyambut Hari Bumi 2017. Nama acaranya Hutan Jakarta. Dalam acara yang diselenggarakan pada tanggal 22-23 April ini kamu bisa berkemah di salah satu hutan yang masih tersisa di Jakarta, yakni Hutan Kota Srengseng.

Jangan bayangkan kamu akan duduk-duduk dalam kemah saja. Di sini kamu bisa ikutan lokakarya, menanam bibit pohon, sampai nonton film bertema hutan. Lebih asyiknya lagi acara ini dimeriahkan pertunjukan stand up comedy dan musik lho. Beberapa musisi yang tampil seperti Ari Reda, Marco Marche, dan Sarah n Soul.

 

3. Festival Sungai Jangkuk, Mataram

5 Festival untuk Merayakan Hari Bumi 2017
Festival Sungai Jangkuk 2017 via kicknews.today

Kota Mataram di Nusa Tenggara Barat mengadakan beberapa kegiatan untuk memeriahkan Hari Bumi. Salah satunya adalah Festival Sungai Jangkuk. Festival yang berlangsung dari tanggal 28-30 April 2017 ini bertempat di tepi Sungai Jangkuk.

Sungai Jangkuk yang membelah kota Mataram dirasakan sudah tidak jernih dan bersih seperti dulu lagi. Karena itu lewat festival ini diharapkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai dapat terbangun. Selain bersih sungai, dalam festival ini juga diadakan acara donor darah, lomba menggambar, mewarnai, bazar jajanan lokal, pemeriksaan kesehatan, dan yang paling seru berperahu menyusuri sungai.

 

4. Tanam Bakau, Surabaya

5 Festival untuk Merayakan Hari Bumi 2017
Hutan bakau di Wonorejo via intisari-online.com

Di kota yang berjuluk kota pahlawan, Surabaya, pemerintah kotanya juga punya acara untuk menyambut Hari Bumi 2017. Bekerjasama dengan organisasi Tunas Hijau dan UKM Kerohanian Islam Universitas Airlangga, mereka mengadakan kegiatan tanam bakau.

Tanam bakau tersebut dilaksanakan tepat pada peringatan Hari Bumi, yakni tanggal 22 April 2017. Lokasi penanaman berada di kawasan konservasi hutan bakau Wonorejo, Rungkut, Surabaya. Rencananya akan ada 1.000 bibit bakau yang akan ditanam pada acara tersebut.

 

5. Melepas Bibit Abalon dan Teripang, Bali

5 Festival untuk Merayakan Hari Bumi 2017
Seremoni pelepasan bibit abalon dan teripang via kabarnusa.com

Seluruh kehidupan di bumi saling terkait. Kepunahan satu spesies dapat mengancam spesies yang lainnya. Dengan alasan itulah Balai Penelitian Observasi Laut (BPOL) bersama dengan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kelautan dan Perikanan yang ada di Bali dan Conservation International Indonesia mengadakan acara pelepasan bibit abalon dan teripang.

Acara yang diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan Hari Bumi 2017 ini diadakan pada tanggal 19-22 April 2017. Lokasinya bertempat di Pantai Mengening, Desa Cemangi, Kabupaten Badung. Ada sekitar 3.000 bibit abalon dan 500 bibi teripang dilepaskan pada acara tersebut. Selain menjaga keanekaragaman hayati, abalon dan teripang juga menjadi sumber penghasilan masyarakat sekitar.

 

Kegiatan yang sifatnya sekali-sekali ini penting untuk menguggah kesadaran kita akan pentingnya kelestarian lingkungan. Namun yang tidak kalah penting adalah kebiasaan sehari-hari kita untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan asri.


 

Leave a Reply