Ingin Menghadiahkan Buku untuk Anak Kecil? Ini Panduan Memilih Buku Anak Sesuai Usia

Siapa sih yang enggak bangga punya keponakan, adik kecil, atau anak yang cerdas? Supaya bukan cuma ikutan bangganya saja, ayo dorong ia untuk mengembangkan kemampuannya. Hadiahkan buku misalnya.

Selatih melatih kemampuan visual dan cara kerja otaknya, menghadiahkan buku juga baik untuk membangun kecintaannya terhadap ilmu dan pengetahuan. Kemampuan berbahasanya juga makin oke.

Hanya saja, menghadiahkan buku kepada anak kecil harus sesuai dengan usianya. Dengan begitu dia bisa paham, belajar, dan mencerna isi buku dengan baik. Seperti apa sih panduan memilih buku anak sesuai usia?

 

Usia 0 – 2 tahun

Baca buku terbuat dari karton tebal via flickr.com

Di usia ini anak kecil sudah mulai belajar mengenal suara, warna-warna, menggerakkan otot motoriknya, menirukan suara dan perilaku. Kamu bisa menghadiahkan buku yang banyak gambar, warna, dan bentuk tapi jangan terlalu banyak tulisannya. Seiring pertumbuhan ia akan mencoba untuk menggapai dan memegang sesuatu, pilihlah buku yang ringan yang terbuat dari busa, kain atau karton tebal untuk dapat dipegang olehnya.

Apa kalau kamu hadiahkan buku, anak itu pasti langsung tekun membacanya? Belum tentu begitu. Supaya ia bisa tertarik dan paham, coba bacakan isi buku tersebut kepadanya.

Kamu bisa berimprovisasi sewaktu membacakannya. Boleh sambil menyanyi dan menari. Boleh juga menirukan hal-hal yang ada di buku itu. Misalnya kalau ada gambar singa, kamu tirukan suara singa. Kalau ada gambar mobil, kamu tirukan suara mobil.

 

Usia 2 – 5 tahun

Panduan Memilih Buku Anak Sesuai Usia
Buku anak-anak via pixabay.com

Di usia ini, anak kecil mulai mulai memerhatikan lingkungan sekitar dan menyerap lebih banyak apa yang ia lihat atau dengar. Kamu bisa menghadiahkan buku mengenai benda-benda di sekitarnya. Misalnya, buku yang menjelaskan berbagai macam bentuk bangunan, berbagai macam alat transportasi, atau berbagai macam hewan di dunia. Buku-buku seperti itu baik untuk meningkatkan daya imajinasi, daya nalar, serta mendorong mereka untuk berpikir kritis.

 

Usia 6 – 11 tahun

Panduan Memilih Buku Anak Sesuai Usia
Menikmati membaca via pixabay.com

Pada usia ini anak kecil mulai belajar membaca kalimat yang panjang. Mereka juga sudah punya minat membaca berdasarkan apa yang mereka ingin baca. Perhatikan apa minat mereka dan berikan buku bacaan yang berkaitan dengan minatnya tersebut untuk menarik mereka agar tetap senang membaca.

Daripada langsung memberikan untuknya, coba ajak dia ke toko buku. Kamu bisa memperkenalkan buku-buku yang ada di sana. Obrolkan alasan ia memilih satu buku dan bukan buku yang lain.

 

Biasanya sih orang yang suka membaca dari kecil dewasanya kelak akan tetap meneruskan hobinya tersebut. Yuk, tanamkan kebiasaan gemar membaca supaya anak Indonesia makin cinta pada pengetahuan. Kalau kamu sendiri, waktu kecil dulu suka baca buku enggak?


 

Leave a Reply