Penting Nggak Sih Cetak Buku Tabungan Secara Berkala?

Fasilitas yang bank berikan kepada nasabahnya makin beragam. Untuk mengecek saldo atau transfer uang, nasabah tidak perlu lagi capek-capek datang ke bank. Nasabah cukup memanfaatkan fasilitas seperti ATM, mobile banking, atau internet banking.

Berbagai kemudahan ini kemudian menimbulkan pertanyaan, masih perlu enggak sih cetak buku tabungan? Jawabannya, masih. Ini alasan kamu sebaiknya tetap mencetak buku tabungan secara berkala.

 

1. Untuk Menganalisis Uang Masuk dan Keluar

Rajin mencetak buku tabungan akan memudahkanmu dalam berbagai keperluan keuangan via rivaekaputra.com

Dengan mencetak buku tabungan rutin tiap bulan, kamu bisa mengetahui rincian jelas uang yang masuk dan keluar dari rekeningmu. Kamu tidak perlu koneksi internet dan data transaksinya lebih lengkap jika dibandingkan mengecek lewat ATM.

 

2. Mudah Ajukan Pembuatan Kartu Kredit

Pihak bank yang mengeluarkan kartu kredit dapat melihat kesehatan keuanganmu lebih jelas dari lembar buku tabungan via baomoi.com

Meski kartu kredit menggoda penggunanya untuk hidup konsumtif, tapi banyak juga manfaat yang bisa penggunanya dapatkan. Misalnya, promo diskon dan cashback untuk pembelian barang di gerai tertentu tertentu.

Nah, untuk bisa mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit, biasanya bank meminta kamu memberikan fotokopi buku tabungan. Mirip-mirip rapor, dari situ bank menilai layak tidaknya kamu punya kartu kredit.

 

3. Syarat Utama Mengajukan KPR

Salah satu tampilan rumah KPR yang banyak diminati pasangan muda via okezone.com

Bila kamu mengajukan KPR atau Kredit Perumahan Rakyat, salah satu syarat yang pengembang minta adalah buku tabungan. Mereka biasanya ingin mengetahui kesehatan keuangan dengan cara melihat transaksi tabungan selama 3 bulan terakhir. Jika transaksi tabungan lancar, maka ajuan KPR-mu tentu akan lebih mudah cair.

 

4. Untuk Pelaporan Pajak Tahunan

Buku tabungan menjadi salah satu syarat yang diminta petugas pajak via bisnis.com

Bagi wajib pajak, keberadaan buku tabungan merupakan dokumen wajib. Biasanya dinas pajak meminta wajib pajak melampirkan salinan lembar buku tabungan selama satu tahun penuh dalam pelaporan pajak tahun tersebut.

 

5. Buku Tabungan Sebagai Identitas Diri

Jadi pastikan jangan membuat masalah pada buku tabunganmu sendiri ya! via medanbisnisdaily.com

Bisa dibilang buku tabungan sama seperti KTP, sebagai identitas diri kita yang terefleksikan dalam transaksi keuangan. Buku tabungan yang memiliki transaksi yang baik tentu menunjukkan pribadi yang baik juga pada si pemiliknya. Begitu pun dengan transaksi yang buruk menggambarkan juga diri si pemiliknya. Jika transaksi atau alur keuangan kita di rekening bagus, akan mudah juga untuk mengajukan KPR dan berbagai kredit lainnya bukan?

 

Itu dia beberapa alasan mencetak buku tabungan bank penting dilakukan. Apakah ada tambahan lain? Silakan tulis di kolom komentar ya!


 

Leave a Reply