Jenis Sepatu Lari Seperti Apa yang Cocok Untukmu? Ini Panduan Memilihnya

Anak muda yang menggandrungi olahraga lagi semakin banyak. Enggak heran industri perlengkapan olahraga ini juga semakin menjamur. Untuk satu benda saja seperti sepatu lari, kamu bisa menemukan beragam produk dengan keunggulannya masing-masing.

Disuguhi banyak pilihan seperti itu memang menyenangkan, tapi di sisi lain juga bikin bingung. Sebelum mengeluarkan kocek yang cukup lumayan untuk membeli sepatu lari, ada baiknya kamu baca dulu panduan memilih jenis sepatu lari yang pas.

 

Jenis Kaki

Pertama-tama kamu harus tahu jenis kakimu. Untuk mengetahuinya, coba beri telapak kakimu perwarna temporer dan letakkan pada selembar kertas. Pola kaki yang tercetak pada kertas tersebut akan menunjukkan jenis kakimu. Bentuknya kira-kira seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

jenis sepatu lari
via shoestracker.com

 

Lengkung Medium atau Normal (Gambar kiri)

Jika kakimu masuk pada tipe kaki normal, maka kamu beruntung! Pola kakimu memiliki lengkung medium dimana berat badanmu terdistribusi secara seimbang. Kamu dapat memakai sepatu jenis apapun.

 

Lengkung Rata atau Rendah (Gambar kanan)

Perhatikan cetakan kakimu, apakah terlihat penuh terisi? Kalau jawabannya ya, maka jenis kakimu menelungkup ke dalam ketika berlari. Orang-orang dengan jenis kaki ini biasanya memiliki kendala pada pergelangan kaki.

 

Lengkung Tinggi (Gambar tengah)

Kamu memiliki lengkung tinggi jika cetakan kakimu pada bagian tengah hanya sedikit atau bahkan hampir tidak ada. Artinya, ketika berlari beratmu tidak terdistribusi dengan baik dan terpusat pada bagian luar kaki.

 

Jenis Rancangan

jenis sepatu lari
via stepzapp.com

Setelah tahu jenis kakimu, selanjutnya adalah pilih sepatu dengan rancangan sesuai kebutuhanmu. Jangan sampai kamu memilih sepatu yang dibuat untuk jenis kaki lengkung rata padahal kakimu memiliki lengkung tinggi.

 

Kendali Gerakan (Motion Control)

Jenis sepatu ini adalah yang paling berat dan kokoh. Sepatu motion control dilengkapi dengan sol yang kuat dibandingkan jenis sepatu lari lain. Karena itu pelari yang cocok dengan sepatu jenis ini adalah yang memiliki kaki lengkung rata atau pelari dengan tingkat kesulitan tinggi.

 

Stabilitas

Sepatu ini direkomendasikan untuk menjaga kestabilan agar berat badan terdistribusi dengan baik sewaktu berlari. Jenis rancangan ini baik untuk orang-orang dengan lengkung kaki tinggi yang rentan terkena cedera lutut.

 

Netral (cushioned)

Orang yang lengkung kakinya medium, pakailah sepatu jenis ini. Sepatu cushioned biasanya memiliki sol minimal.

 

Minimalis (barefoot)

Sepatu ini dirancang untuk menirukan pengalaman berlari telanjang kaki, namun tetap memberikan proteksi pada kaki.

 

Jenis Medan

jenis sepatu lari
via runrepeat.com

Sepatu larimu sudah pas di kaki? Bagus sih, tapi apa sudah cocok dengan medan larimu?

 

Road-running 

Kamu suka joging keliling komplek atau stadion olahraga? Berarti kamu perlu jenis sepatu ini. Sepatu ini dirancang untuk menstabilkan kaki ketika berlari di medan yang keras dan rata seperti aspal atau jalanan perkotaan.

 

Trail-running 

Dirancang untuk medan off-road, jenis sepatu ini cocok untuk kamu yang suka lari lintas alam. Dengan sepatu ini, kakimu akan mendapatkan perlindungan maksimal dari bebatuan, lumpur, akar pohon dan berbagai macam hambatan jalan lainnya. Sepatu ini diperkuat dengan alas yang kokoh untuk memberikan perlindungan telapak kaki yang maksimal.

 

Cross-training 

Para profesional muda yang selalu meluangkan waktu untuk nge-gym pasti suka dengan jenis sepatu ini. Sepatu ini dirancang untuk gym, olahraga crossfit, dan olahraga apapun yang memerlukan keseimbangan. Spesifikasinya memang untuk menopang kaki ketika melakukan kegiatan yang membutuhkan keseimbangan seperti berlari di atas treadmill.

 

Jenis Kelamin

jenis sepatu lari
via footinstitute.com

Sudah tahu sepatu mana yang akan kamu pilih berdasarkan jenis kaki dan trek lari? Tunggu dulu, jenis kelamin juga bisa kamu masukkan sebagai bahan pertimbangan memilih sepatu lari.

Selain berbeda dari segi ukuran dan desain, karakter fisik juga membedakan rancangan sepatu lari. Mengingat perempuan memiliki pinggul yang lebih lebar, tapak kakinya lebih menelungkup ketika bergerak. Jadi perempuan sebaiknya memilih sepatu dengan bantalan yang baik.

Perempuan juga biasanya memiliki berat badan lebih ringan, sehingga sepatu perempuan dirancang memiliki sol yang lebih ringan dan lembut. Galur pada alas sepatu lari perempuan juga lebih dalam untuk memudahkan perempuan menggerakkan sol sepatunya.

 

Bila sudah mempertimbangkan hal-hal di atas, berarti kamu sudah siap untuk lari. Lari tiap pagi bisa membuat harimu jadi lebih semangat lho.


 

Leave a Reply