Mendapatkan Penghasilan dari Hobi? Anak Muda Harus Coba!

Setiap orang pasti mempunyai minat atau kegiatan ekstra yang dilakukan untuk mengisi waktu senggang dan membuat hati senang. Aktivitas yang dilakukan untuk jeda sejenak dari rutinitas yang membosankan. Yeah, that’s hobby!

Sejalan dengan banyaknya minat dan renjana (passion) manusia, hobi pun juga beragam. Mulai dari yang tidak membutuhkan kemampuan spesifik seperti mendengarkan musik, membaca buku, atau menonton film hingga yang perlu skill khusus seperti merajut, bermain alat musik, hingga mendaki gunung.

Mau melakukan hobi yang perlu skill khusus ataupun tidak, semua sah-sah saja. Tidak ada hobi yang lebih baik daripada yang lain. Semua tergantung minat masing-masing.

Malahan kalau kamu begitu cinta dengan suatu hobi, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari hobi tersebut. Menjadikan kecintaan terhadap hobi sebagai peluang bisnis. Di luar sana sudah cukup banyak orang yang melakukannya. Apalagi seperti yang dikatakan oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil, pekerjaan yang paling menyenangkan di dunia ini melakukan hobi yang dibayar.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari hobi? Simak uraian berikut ini.

 

1. Cari hobi yang potensial

Hidup adalah pilihan. Begitu pun dalam menentukan hobi. Enggak ada yang memaksa kamu harus menekuni hobi ini atau itu. Hanya, kalau untuk dijadikan cara menambah penghasilan mungkin tidak semua hobi cocok.

Sebagai contoh, kamu menyukai tiga hobi sekaligus: memasak, bermain bulu tangkis, dan mengoleksi prangko. Dari ketiga hobi tersebut, mana yang paling memungkinkan untuk diduitin?

Pada dasarnya, ketiga hobi tersebut bisa saja dikembangkan dan dijadikan peluang usaha. Namun, kamu perlu perhatikan juga keberlangsungan ke depannya. Dari ketiga hobi tersebut, memasak kelihatannya jadi hobi yang lebih potensial digarap jadi sumber pendapatan. Bukankah semua orang butuh makan, tapi tidak semua orang butuh prangko atau butuh bermain atau perlengkapan bulu tangkis?

Trik yang sangat direkomendasikan adalah mengolah camilan atau makanan yang tadinya biasa saja jadi heboh dan menarik. Misalnya, martabak yang tadinya cuma punya rasa manis keju, coklat, dan kacang dimodifikasi sedemikian rupa. Martabak itu dapat ditambahkan rasa teh hijau, blueberry, stroberi, dan sebagainya. Kamu juga bisa meletakkan berbagai varian rasa tersebut dalam satu loyang martabak. Anak sulung Presiden Joko Widodo, sukses membuka usaha martabak dengan modifikasi seperti itu. Gerainya sekarang sudah tersebar ke berbagai kota di Indonesia.

Berkaca dari contoh tersebut, apakah kamu tertarik mendapatkan penghasilan dari hobi memasakmu? Mungkin kamu bisa berinovasi dengan membuat pizza rasa rendang.

 

Selain memasak, adakah hobi lain yang kira-kira potensial? Jawabnya ada!

  • Menggambar dan Menjahit

Sama seperti memasak, hobi menjahit juga bagus untuk dijadikan peluang usaha. Kenapa? Karena tidak semua orang punya keahlian menjahit, maka orang yang bisa menjahit akan dicari orang. Apalagi kalau selain menjahit kamu juga bisa membuat pola dan atau memodifikasi suatu pakaian untuk menjadi lebih indah dan unik.

Sekarang ini pakaian enggak cuma jadi kebutuhan, tapi juga jadi pembentuk identitas seseorang. Industri fesyen bisa dibilang enggak ada matinya mengingat suatu mode pasti akan terus berulang dan berkembang. Jadi, mulai deh menyusun konsep fesyen seperti apa yang hendak kamu kembangkan.

 

  • Selfie

Dalam mitologi Yunani, ada karakter bernama Narsisus yang begitu kagum dengan penampilannya sendiri. Dari sanalah asal kata narsis. Hubungannya dengan selfie? Orang yang narsis dan pedenya tinggi pasti suka sekali selfie. Orang itu pasti enggak akan jauh-jauh dari kamera.

Kalau kamu tergolong narsis dan doyan selfie, kamu bisa memanfaatkan hobi tersebut untuk mempromosikan barang-barang orang lain. Dengan begitu kamu bisa mendapat penghasilan dari hobi tersebut. Atau kalaupun tidak dapat uang, setidaknya kamu bisa dapat barang gratisan yang untuk dipromosikan tersebut alias barang endorse.

 

  • Traveling

Dari beberapa hobi yang potensial, traveling adalah hobi yang paling asyik nih! Apalagi beberapa tahun ke belakang, traveling begitu digemari berbagai kalangan. Potensi bisnis untuk para pelancong ini tentu sangat banyak. Misalnya, kamu bisa jadi pemandu wisata atau buat usaha biro perjalanan. Kalau suka naik gunung, bisa juga mendapatkan penghasilan dari menjual atau menyewakan perlengkapan mendaki.

 

  • Blogging

Kamu hobi menulis dan sering memuat tulisan tersebut di blog? Hobi ini sangat potensial dan menjanjikan lho. Saat ini banyak narablog profesional yang terkenal dan dikenal banyak orang gara-gara tulisan mereka. Kuncinya, konsisten membuat tulisan dengan tema atau topik tertentu.

Misalnya kamu suka dandan dan mencoba berbagai produk kosmetik, cobalah ngeblog berisikan ulasan produk kosmetik yang kamu gunakan tersebut. Tidak jarang, perusahaan kosmetik melirik tulisanmu. Selain bisa diundang ke acara peluncuran produk baru mereka, kamu juga bisa mendapatkan produk baru secara cuma-cuma untuk diulas. Dengan ketekunan dan konsistensi, pundi-pundi uang bisa mengalir ke rekeningmu.

 

2. Action!

Setelah menentukan hobi yang ingin kamu serius, langkah selanjutnya adalah ACTION! Jangan menunggu terlalu lama untuk menjadikan hobimu sebagai ladang uangmu. Caranya bagaimana?

Seperti yang sudah disinggung di atas, media sosial merupakan platform yang bagus untuk mempromosikan usaha barumu ini. Salah satu media sosial yang cocok adalah Instagram.

Melanjutkan dari contoh sebelumnya, mungkin kamu ingin mempromosikan pizza rendang buatanmu. Nah, foto-foto atau video lezatnya pizza rendang tersebut bisa kamu unggah. Intinya buat orang lain tergiur dengan tampilannya. Dengan rajin mempromosikan dan menjaga kualitas produk, niscaya usahamu dapat berkembang ke depannya.

Selamat mencoba!

 

 

Leave a Reply