6 Tempat Wisata di Jakarta yang Sayang Jika Dilewati

Saat memasuki weekend atau libur nasional, banyak sekali wisatawan domestik memilih untuk berwisata ke Puncak atau Bandung untuk memperoleh ketenangan. Padahal, perjalanan menuju ke lokasi saat weekend dan hari libur dipadati oleh wisatawan lain sehingga macet parah. Akibatnya, niat awal berwisata untuk menghilangkan stres akibat rutinitas kerja akhirnya harus ditambah stres akibat macetnya perjalanan menuju lokasi wisata.

Padahal jika kamu perhatikan lagi, banyak kok lokasi wisata di Jakarta yang asyik untuk wisata dan melepas stres. Kita akan mengecualikan mall, karena meskipun jumlah Mall di Jakarta sudah sangat banyak, tapi pergi ke mall bukanlah wisata yang menarik. Berikut rekomendasi 6 destinasi tempat wisata di Jakarta yang sayang jika dilewati saat akhir pekan ataupun hari libur nasional.

1. Monumen Nasional (Monas)

Tugu dengan tinggi 132 meter ini sangat popular di kalangan para wisatawan bahkan sampai ke mancanegara. Entah bagaimana caranya tugu yang awalnya dibuat untuk peringatan perjuangan rakyat Indonesia ini ini populer menjadi tempat wisata keluarga.

Ikon kota Jakarta yang bahkan menjadi ikon Indonesia di dunia internasional ini bisa menjadi alternatif wisata dalam kota Jakarta. Selain bisa melihat tugu ini secara langsung, Monumen Nasional (Monas) juga memiliki taman dan halaman luas yang cocok digunakan untuk bersantai bersama keluarga.

Kamu bisa masuk ke tugu Monas dan naik ke puncak untuk melihat indahnya pemandangan Jakarta. Loketnya buka dari jam delapan pagi sampai tiga sore dan hanya tidak beroperasi setiap senin pada minggu akhir bulan. Selain itu di bagian dasar Monas terdapat Museum Sejarah Nasional yang juga layak dikunjungi.

2. Aneka Museum

Tidak ada salahnya jika weekend ini mengajak anak-anak ke museum untuk mengenalkan sejarah Indonesia. Jakarta sebagai ibu kota Indonesia memiliki banyak sekali museum yang bisa dikunjungi. Salah satunya, Museum Nasional

Museum Nasional memiliki koleksi beruba peninggalan arkeologis zaman prasejarah dan keramik yang jumlahnya mencapai 100 ribu buah. Dekat dengan Museum Nasional kamu bisa sekalian menyambangi Museum Fatahillah yang lokasinya terletak di Kota Tua Jakarta. Museum lainnya yang bisa dikunjungi adalah Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Tekstil, Museum Taman Prastasi, dan masih banyak lagi.

3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Rasa kangen kampung halaman banyak dirasakan oleh sebagian besar perantau yang ada di Jakarta. Tapi tenang saja, rasa kangen itu akan segera terobati jika kamu mengunjungi objek wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Terdapat koleksi budaya, rumah adat dari setiap provinsi yang ada di Indonesia.

Objek wisata ini juga sangat cocok sebagai media pembelajaran anak usia dini untuk pengenalan budaya dan rumah adat yang ada di Indoensia. Tidak heran setiap akhir semester sekolah ada saja rombongan Taman Kanak-Kanak (TK) yang mengunjungi obyek wisata ini.

4. Kebun Binatang Ragunan

wikimedia.org

Selain TMII, terdapat objek wisata edukasi lainnya yang akan mengenalkan berbagai jenis binatang ke anak-anak, yaitu Kebun Binatang Ragunan. Berlokasi di Jakarta Selatan, objek wisata ini memiliki luas sebesar 146 hektare dengan dua ribu ekor satwa dan 50 ribu pepohonan.

Tiket masuknya juga cukup terjangkau hanya sebesar 5 ribu rupiah saja. Selain bisa melihat koleksi binatang, obyek lokasi ini juga memiliki halaman yang luas sehingga bisa dijadikan tempat untuk bersantai keluarga. Disini juga terdapat beberapa wahana bermain seperti kereta keliling, sepeda ganda, dan masih banyak lainnya.

5. Kepulauan Seribu

wikimedia.org

Jakarta selain mempunyai lima kota, juga mencakup satu kabupaten yang menyimpan indahnya wisata bahari, yaitu Kepulauan Seribu. Dinamakan seribu karena memang terdiri dari pulau-pulau kecil yang jumlahnya banyak. Dari banyak pulau terdapat beberapa kawasan yang popular dikunjungi oleh para wisatawan, sebagai contoh Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pari, dan Pulau Harapan.

Kawasan kepulauan seribu memang sangat cocok untuk wisata keluarga. Terdapat wahana yang biasanya disediakan oleh penyedia paket wisata travel seperti diving, snorkeling, berkemah, banana boat, dan barbeque. Jika tidak ingin bermalam, kamu juga bisa sekedar jalan-jalan menikmati segarnya hembusan angin laut.

Kalau kamu liburan bersama keluarga maupun orang terdekat, ada beragam aktivitas yang bisa kamu lakukan di Kepulauan Seribu seperti diving, snorkeling, berkemah, banana boat, atau sekadar berjalan-jalan menikmati momen matahari terbenam. Menariknya, kamu tidak perlu repot. Pasalnya, beberapa wilayah di Kepulauan Seribu sudah memiliki beragam fasilitas dan akomodasi yang memudahkan pengunjungnya.

6. Kota Tua Jakarta

wikimedia.org

Wisata gratis di Jakarta yang satu ini sangat diminati oleh para wisatawan  dan biasanya sering dijadikan untuk tempat kopi darat bagi banyak komunitas di Jakarta. Di kawasan ini selain kamu bisa melihat ornamen bangunan dari jaman kolonialisasi Belanda, banyak sekali hal menarik lain yang bisa dilakukan seperti berfoto bersama para artis manusia patung, wisata kuliner, atau juga bersepeda ala tuan putri.

Gimana, seru dan murah meriah kan? Semoga rekomendasi 5 tempat wisata di Jakarta tadi bisa menjadi referensi libur akhir pekanmu yaa.


 

Leave a Reply