7 Manfaat yang Didapat dari Hobi Menulis

Menulis bagi sebagian orang mungkin adalah hal yang biasa. Namun bagi sebagian lainnya merupakan hal yang sulit. Sulit atau tidaknya sebetulnya terdapat dalam pikiran kita sendiri dan kebiasaan harian yang sering kita lewati. Terlepas dari itu ada tujuh manfaat yang didapat dari hobi menulis yang saya rasakan sejak menekuninya, yaitu:

1. Melatih imajinasi

7 Manfaat yang Didapat dari Hobi Menulis
via pixabay.com

Imajinasi kita akan bergerak pada saat kita menuliskan sesuatu hal. Misalnya kita tugaskan untuk menulis tentang apa pendapat kita mengenai sebuah botol tanpa isi yang diletakan di depan kita. Dari contoh judul tulisan berikut kita akan mendapatkan imajinasi yang berbeda beda.

A. Sebuah botol kosong

B. Botol yang habis isinya

C. Botol di depan mata

D. Botol minta diisi

E. Habis manis sepah di buang

Nah dari ketiga contoh judul tulisan tadi, kita sudah memiliki pilihan yang mana yang paling imajinatif.

2. Mengukur kemampuan

7 Manfaat yang Didapat dari Hobi Menulis
via pixabay.com

Menulis juga merupakan suatu cara untuk mengukur kemampuan kita memadukan beberapa huruf hingga angka dan tanda baca. Sebuah tulisan bisa dijadikan sebagai cermin seberapa besar kemampuan kita, untuk membuat kinerja jari, mata dan otak bekerja secara singkron.

3. Memperkuat ingatan

7 Manfaat yang Didapat dari Hobi Menulis
via pixabay.com

Ketika kita menulis, saraf sensorik dan motorik kita bekerja sama untuk menggerakkan bagian tubuh yang melakukan pekerjaan otak. Otak memerintahkan tangan bergerak dengan materi ingatan dan imajinasi yang ada. Kemudian mata merekam aktifitas jari, lalu di sampaikan ke otak sebagai pusat saraf.

Proses tersebut berotasi pada saat kita menuliskan sesuatu. Bersamaan dengan itu otak akan merekam kembali apa apa yang sedang di kerjakan. Hal ini otomatis membuat daya ingat akan menjadi lebih kuat.

Jadi bila kita sedang memiliki tugas untuk menghapalkan suatu materi namun mengalami kesulitan untuk mengingatnya, cobalah tulis ulang materi tersebut. Bila perlu ulang beberapa kali. Maka dengan metode ini materi akan lebih mudah diingat.

5. Menumbuhkan produktivitas

7 Manfaat yang Didapat dari Hobi Menulis
via pixabay.com

Menulis hal yang bermanfaat adalah salah satu upaya meningkatkan produktifitas. Misalnya agar tidak bosan disaat menunggu, kita bisa mencoba untuk menulis novel, cerita, review produk, dll.

Selain mengisi waktu, hasil tulisan tersebut juga bisa bermanfaat bagi pembaca. Biasanya kalau tulisan kita menarik, akan banyak tawaran yang menguntungkan untuk mengisi pundi-pundi keuangan kita loh.

6. Menyegarkan pikiran

7 Manfaat yang Didapat dari Hobi Menulis
via pixabay.com

Jika pikiran sedang lelah, biasanya kita enggan untuk menulis. Namun saat kamu dalam kondisi tersebut atau badan kurang segar, cobalah tuliskan kata atau kalimat yang membuat pikiran menjadi segar. Seperti, aku sehat, hidup semangat, bahagia kudapat dan sebagainya. Tuliskan berulang-ulang sampai pikiran menjadi segar.

7. Mendapatkan pengetahuan

7 Manfaat yang Didapat dari Hobi Menulis
via pixabay.com

Saat kita menuliskan tentang hal apapun, biasanya kita mencari banyak info mengenai hal-hal tersebut. Nah secara tak sengaja banyak sekali manfaat yang bisa didapat secara tak langsung dan tanpa disengaja. Sambil menyelam sambil minum air.

Tulisan di atas adalah kiriman dari Arbib. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply