5 Cara Mudah untuk Memulai Blog bagi Pemula

Ada banyak cara untuk menuangkan ide, dan uneg-unegmu. Di dunia digital dan sosmed saat ini ada dua cara yang populer, yaitu melalui Video blogging/Vlogging dan Blogging. Namun kalau kamu enggak berani menampilkan wajah di dalam videomaka cara yang paling aman adalah menuangkan semua pikiranmu ke dalam tulisan dengan menggunakan blog. Berikut adalah cara mudah untuk memulai blog yang sederhana untuk kamu ikuti:

1.     Pilih Tema

5 Cara Mudah untuk Memulai Blog bagi Pemula
Hobi traveling dan photography, tulis pengalamanmu di blog via pixabay.com

Hal pertama yang harus kamu pikirkan sebelum memulai blog adalah menentukan tema blogmu. Dengan menentukan tema, maka kamu bisa menentukan nama dan konten yang akan kamu tulis. Kalau bingung, kamu bisa membuat kategori tema yang sederhana, seperti:

  • Catatan Keseharian: Kamu bisa menceritakan apa yang terjadi dalam keseharianmu dan pengalamanmu. Selain itu ide yang ada di kepalamu atau menuliskan opinimu tentang sesuatu hal.
  • Ulasan produk: Banyak produk yang bisa diulas seperti kosmetik, film, buku, alat rumah tangga, tempat makan, makanan, atau lain sebagainya. Jika kamu senang dengan make up, kamu bisa menuliskan pengalamanmu saat mencoba produk tersebut dan menuliskan kelebihan dan kekurangannya.
  • Hobi: Jika kamu mempunya hobi yang benar-benar kamu sukai, pasti kamu akan bersemangat untuk menulisnya. Kamu bisa membagikan pengalaman atau ilmu dari hobi kamu itu. Kalau kamu suka masak, kamu bisa membagikan resep yang sudah kamu uji sebelumnya. Di sini kamu juga bisa membagikan foto hasil masakanmu.
  • Menulis Fiksi: Kalau kamu senang menulis fiksi, blog bisa menjadi salah satu tempat dimana kamu bisa menulis cerita sesuka hatimu. Selain orang lain bisa menikmatinya, mereka juga bisa memberikan penilaian atas tulisanmu. Siapa tahu ada penerbit yang ingin membuat tulisanmu ke dalam buku.
  • Profesional: Jika kamu adalah seorang profesional, kamu bisa menginformasikan kepada orang lain tentang apa yang telah kamu kerjakan. Kamu bisa membuat blog untuk membagikan tentang kamu dan pekerjaanmu seperti portofolio online.

2.     Pilih Nama Blog

5 Cara Mudah untuk Memulai Blog bagi Pemula
Tentukan nama blogmu dengan baik via pixabay.com

Setelah kamu menentukan temanya, pilihlah nama blog yang cocok dengan konten dan kepribadianmu. Nama blogmu sangat penting karena akan akan mewakili keseluruhan isi blog dan juga dirimu. Ini juga akan memberikan kesan pertama bagi pengunjung blogmu.

Jika nama blogmu unik dan menarik, maka orang akan tertarik untuk meng-klik blogmu. Jika blog tersebut personal atau profesional (portofolio) kamu bisa mencantumkan namamu sebagai nama blog.

3.     Pilih Platform

5 Cara Mudah untuk Memulai Blog bagi Pemula
Tentukan platform dan domainmu via pixabay.com

Bagi yang baru pertama kali membuat blog, kamu bisa memilih platform gratisan seperti WordPress, Blogger, Tumblr, atau Medium. Setelahnya kamu bisa memilih domainmu, seperti .com, .co.id, .net atau .org. Kalau kamu sudah mulai serius, kamu bisa membeli sebuah nama hosting agar lebih profesional.

4.     Desain Blog

5 Cara Mudah untuk Memulai Blog bagi Pemula
Desain blogmu agar menarik via pixabay.com

Setelah kamu memilih platform, kamu bisa mulai untuk mendesain blogmu agar lebih menarik dan mudah dibaca oleh orang lain. Tentunya kamu ingin pengunjung blogmu memberikan kesan yang bagus saat membacanya.xPilihlah tema tampilan yang cocok dengan tema blogmu.

Jangan terlalu banyak dekorasi atau warna, karena kenyamanan pembaca sangat penting. Pilih maksimal tiga warna untuk tampilan blogmu dan tiga jenis huruf yang digunakan untuk judul, subjudul, dan isi tulisan.

Selain itu perhatikan tampilan menu yang ada pada halaman awal blog. Seperti Beranda, Profil, Menu Konten, Daftar Berlangganan, Judul Artikel (per bulan), Hits tulisan, Tulisan terbaru, Kolom pencarian, Diskusi, dan Widgets. Pelajari fungsinya agar blogmu makin seru.

5.     Mulailah menulis dan publikasikan!

5 Cara Mudah untuk Memulai Blog bagi Pemula
Mulailah menghias blogmu dengan tulisan-tulisanmu via pixabay.com

Setelah desain sudah selesai, sekarang kamu sudah bisa mulai menulis konten yang menarik dan siap di publish! Yuk buruan menulis.

Selamat Blogging!


 

Leave a Reply