5 Wanita Terkaya di Dunia

5 Wanita Terkaya di Dunia

Sebagian besar deretan orang terkaya di dunia memang diisi dengan kaum pria. Tetapi beberapa sosok wanita di bawah ini tidak mau kalah. Mereka pun masuk dalam deretan orang terkaya di dunia. Siapa saja mereka? Berikut 5 wanita terkaya di dunia

1. Liliane Bettencourt


Wanita mana yang tak kenal dengan produk kosmetik dan kecantikan bernama L’Oréal? Liliane ialah pemimpin dan pemegang saham utama dari perusahaan L’Oréal. Liliane Bettencourt lahir pada 21 Oktober 1922 dan anak satu-satunya dari Eugène Schueller yang merupakan pendiri dari L’Oréal.

Pada tahun 1957, Liliane mewarisi kekayaan L’Oréal dari ayahnya. Liliane sempat bekerja sebagai pegawai magang dan mulai menjalankan perusahaan L’Oréal secara penuh pada tahun 1984.

Ia kemudian mencaplok Warner Cosmetics. Sekarang, saham L’Oréal yang dimiliki Liliane sebesar 33%. Saat ini ia merupakan wanita terkaya di dunia versi Frobes dengan kekayaan mencapai $39,5 miliar atau setara dengan Rp 525,71 triliun (asumsi kurs 1 dolar Amerika setara dengan Rp 13.309).

2. Alice Walton


Alice Walton merupakan anak perempuan satu-satunya dari Sam Walton. Sam Walton merupakan pendiri Wal-Mart, perusahaan department store asal Amerika Serikat. Ia mengawali karirnya sebagai analis keuangan di First Commerce Corporation.

Beberapa tahun kemudian, ia bekerja di Arvest Group Bank. Lalu ia mendirikan sebuah investment bank bernama Llama Company. Tetapi, sayangnya perusahaan ini ditutup pada sekitar tahun 1990-an akhir. Lantas Alice pindah mengelola peternakan di texas bernama Walton Rocking W Ranch.

Pada tahun 2011, ia mendirikan sebuah museum dengan nama Crystal Bridges di kampung halamannya Bentoville, Arkansas. Museum ini memiliki koleksi yang bernilai jutaan dolar dan dikelola bersama dengan tiga rekannya yaitu Andy Warhol, Norman Rockwell dan Mark Rothko. Kekayaan Alice saat ini sebesar US$ 38 miliar atau setara dengan Rp 505,7 triliun.

3. Jacqueline Mars

5 Wanita Terkaya di Dunia
Jacqueline Mars via Forbes.com

Memiliki kekayaan senilai US$ 26,8 miliar atau apabila dirupiahkan sebesar Rp 356,68 triliun, Jacqueline Mars merupakan cucu dari Frank C. Mars yang merupakan pendiri dari perusahaan permen Amerika bernama Mars, Inc. Ia merupakan pewaris perusahaan Mars, Inc dan kekayaannya berasal dari perusahaan tersebut.

4. Maria Franca Fissolo

5 Wanita Terkaya di Dunia
Maria Franca Fissolo via forbes.com

Milyarder wanita asal Italia yang lahir pada tahun 1941 ini adalah seorang janda dari Michele Ferrero. Maria memiliki kekayaan sebesar US$ 25,2 miliar atau sekitar Rp 335,39 triliun. Michele Ferrero merupakan pemilik dari perusahaan Ferrero, sebuah pabrik coklat dan makanan manis asal Italia.

5. Susanne Klatten

5 Wanita Terkaya di Dunia
Susanne Klatten via Stern.de

Wanita kelahiran 28 April 1962 ini merupakan anak perempuan dari Herbert and Johanna Quandt. Ia menjadi wanita terkaya di Jerman dengan jumlah harta kekayaan sebesar US$ 20,4 miliar atau senilai dengan Rp 271,59 triliun per tahun 2015.

Setelah kematian ayahnya, ia mendapat warisan berupa saham perusahaan Altana sebesar 50,1%. Altana merupakan pabrik obat farmasi dan kimia asal Jerman. Ayahnya juga meninggalkannya saham perusahaan otomotif Jerman bernama BMW sebesar 12,5%.

Walaupun sebagian besar wanita terkaya berasal dari keluarga yang kaya raya, lima wanita terkaya di dunia di atas tetap bekerja keras agar dapat mencapai posisi yang tertinggi di perusahaan yang akan mereka pimpin.

Tulisan di atas adalah kiriman dari Amelia Hadiwinata. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply