3 Hal Dasar untuk Memulai Usaha

Memulai usaha itu kalau dibilang sulit sebenarnya tidak juga, tapi kalau dibilang gampang jelas tidak. Namun yang pasti ketika kita mau memulai usaha apapun bentuk bisnisnya, ada tiga hal dasar yang harus dicermati. Sebisa mungkin kita upayakan hal-hal dasar ini ada dalam diri kita agar usaha yang kita rintis bisa terus maju dan bertahan. Berikut adalah tiga hal dasar untuk memulai usaha yang dapat kamu terapkan agar bisnismu sukses.

1. Keyakinan yang kuat

 

3 Hal Dasar untuk Memulai Usaha yang Harus Dimiliki Seorang Entrepreneur
via pixabay.com

Setiap langkah yang akan ditempuh pada saat kita memulai suatu bisnis pasti disertai rasa khawatir akan kegagalan. Tak sedikit orang yang batal melangkah menjadi seorang enterpreneur hanya karena rasa takutnya tumbuh lebih besar dibandingkan dengan keyakinannya akan keberhasilan.

Keyakinan untuk berhasil mesti ditanamkan sekuat mungkin, karena dengan keyakinan kuat akan mendapat keberhasilan maka rintangan yang akan di temui di depan bisa diatasi dan didapatkan jalan keluarnya. Sebelum memiliki keyakinan akan berhasil cobalah terus tegaskan ke dalam diri kita “saya mampu mencobanya”. Kamu harus berani mencoba, karena keyakinan yang kuat muncul dari berbagai cobaan.

2 Memiliki gambaran keberhasilan

3 Hal Dasar untuk Memulai Usaha yang Harus Dimiliki Seorang Entrepreneur
via pixabay.com

Gambarkan keberhasilan yang akan diperoleh ketika kita sedang merencanakan suatu bisnis. Sebagai contohnya; pada saat bekerja kita bisa membayangkan memiliki usaha sendiri yang memberikan penghasilan yang lebih besar dan memiliki waktu yang bisa diatur sendiri. Gambaran keberhasilan bisa kita tuangkan dalam bentuk kendaraan, properti, gaya hidup dan berbagai hal lain yang menyenangkan. Semua itu bisa kita dapatkan jika kita sudah mencapai target usaha yang akan dijalankan nanti.

Visualisasi keberhasilan yang bakal diraih sah-sah saja kamu buat jauh melampaui realita yang ada. Namun kita harus tetap siap untuk menerima jika realita yang ditemui setelah usaha dijalankan belum mencapai gambaran yang kita buat. Jika realita yang ditemui nanti belum mencapai apa yang kita lukiskan, hal tersebut bisa saja terjadi karena keyakinan dan keseriusan kita dalam membuat gambaran keberhasilan belum maksimal.

3. Pantang menyerah

3 Hal Dasar untuk Memulai Usaha yang Harus Dimiliki Seorang Entrepreneur
via pixabay.com

Menyerah berarti mati. Tiga kata tersebut seringkali dijadikan pegangan utama para petarung handal di medan tempur. Hal yang sama juga bisa kita pakai ketika kita sedang bekerja, melaksanakan tugas, terlebih lagi ketika kita memulai kegiatan berniaga atau suatu bisnis yang sedang di upayakan. Tak selalu langkah kita berada pada jalan yang menyenangkan. Sering kali jalan yang harus kita lalui adalah jalan yang curam bahkan terjal dan beresiko berat.

Banyak orang mundur teratur ketika dihadapkan pada rintangan yang berat dan beralih mengambil langkah yang lebih nyaman dan aman. Tapi cobalah tanamkan pada diri kita “Saya beda dengan yang lain, saya akan mencobanya”. Ketika gagal maka kita harus mencobanya lagi. Ketika gagal lagi maka kita musti upayakan lagi, lagi, dan lagi.

Ketiga hal dasar untuk memulai bisnis di atas tidak berbicara persoalan modal, situasi dan kondisi ekonomi, ataupun kemampuan diri pribadi. Apabila tiga hal tersebut sudah dimiliki seseorang, maka jalan untuk bertemu dengan modal, situasi dan kondisi yang menguntungkan serta kemampuan dalam menjalankan usaha perlahan lahan akan datang pada diri kita. Ketiga hal tersebut jika dikemas dalam satu kalimat yaitu “Pola berpikir yang positif”.

Hal-hal yang sudah kita baca tadi merupakan rangkuman singkat yang sering diberikan oleh berbagai motivator bisnis dan juga berbagai artikel pengembangan diri yang seringkali kita baca. Pada intinya apapun yang akan kita lakukan termasuk dalam membangun usaha, “Pola berpikir yang positif” merupakan bekal utama yang harus dimiliki agar perjalanan kita terarah hingga mencapai keberhasilan.


 

Leave a Reply