5 Tips Keluar dari Zona Nyaman untuk Meningkatkan Kondisi Finansial

Semua orang pasti mengidamkan hidup yang makmur dan nyaman. Namun sayangnya enggak semua orang mau berusaha cukup keras untuk meraih kesuksesan finansial. Pasalnya, banyak hal yang perlu dilakukan untuk sukses mengharuskan kita untuk keluar dari zona nyaman. Agar kamu enggak stuck dan bisa mencapai kesuksesan finansial, yuk baca 5 tips keluar dari zona nyaman finansial berikut ini.

1. Paksa diri untuk bergerak

Via publicdomainpictures.net

Semua hal dalam hidup perlu berubah agar dapat berkembang. Itu sebabnya ada perumpamaan yang mengatakan kalau kita sudah berhenti belajar dan berkembang itu artinya kita sudah mati. Namun sepertinya kok susah banget ya untuk berubah?

Kamu enggak harus membuat perubahan besar kok untuk memulai. Justru langkah-langkah kecil tapi terus-menerus yang bisa membuat kita berkembang. Lakukan saja langkah pertama yang mampu kamu lakukan.

Enggak usah muluk-muluk yang malah bikin kamu ogah memulai, asalkan positif dan terus-menerus. Beli buku finansial dan baca setidaknya satu lembar tiap hari. Ikuti komunitas bisnis terdekat yang bisa mengembangkan pengetahuan finansialmu.

Mulai terapkan pelajaran finansial yang paling mudah. Sisihkan uangmu sedikit lebih banyak setiap bulannya untuk membayar hutang. Terus lakukan sampai tahu-tahu kamu menjadi pribadi yang berbeda dan jauh lebih baik. Tentu saja, juga lebih sukses secara finansial.

2. Buat komitmen untuk dirimu

Via wikimedia.org

Buatlah komitmen untuk berubah kepada dirimu sendiri. Kenapa? Karena kamu seharusnya melakukan perbaikan untuk dirimu sendiri dan bukan untuk alasan lain. Paksa dirimu menelepon kreditur untuk mendiskusikan penyelesaian hutangmu.

Periksa tumpukan tagihanmu saat ini juga untuk merinci pengeluaranmu. Buat tabel pengeluaran untuk mulai membuat anggaran yang lebih baik. Tulislah deklarasi upaya apa saja yang akan kamu lakukan untuk mencapai tujuan finansialmu.

Tuliskan juga targetmu secara spesifik, seperti berapa jumlah utang yang ingin kamu lunasi atau jumlah uang yang ingin kamu miliki saat mencapai usia tertentu. Ayo mulai sekarang!

3. Cari uang tambahan

Via flickr.com

Mulailah mencari pendapatan tambahan. Kamu bisa mulai dari berjualan kecil-kecilan, mengambil pekerjaan sampingan atau mendapatkan penghasilan dari hobimu. Awalnya mungkin kamu akan merasa malas atau malu untuk mulai berjualan. Namun jangan khawatir.

Semakin lama kamu melakukannya, apalagi setelah mulai menghasilkan, maka kamu akan semakin terbiasa. Apalagi uang tambahan ini bisa digunakan untuk simpanan, modal investasi, atau melunasi hutang. Bahkan setelah tujuanmu tercapai, kamu akan tetap mendapatkan manfaat dari upayamu mencari pendapatan tambahan.

4. Hilangkan kepercayaan yang menghambat

Via pixabay.com

Kita memiliki kekuatan untuk menciptakan hidup yang lebih baik termasuk kesuksesan finansial. Hal ini membutuhkan konsistensi dan perubahan gaya hidup yang memungkinkanmu untuk memiliki kondisi finansial yang stabil dan berkelanjutan.

Untuk melakukan hal ini kita perlu mengidentifikasi dan membuang kepercayaan yang menghambat perkembanganmu dalam hal uang. Mulailah membaca dan mempelajari mengenai finansial dari buku-buku seperti Rich Dad Poor Dad, dan Think and Grow Rich.

Lakukan hal ini sampai kamu memahami mengenai prinsip-prinsip kunci untuk menciptakan kemakmuran. Hal ini juga dapat membuka pikiranmu akan hal-hal yang mungkin menghambatmu dalam mencapai kesuksesan finansial. Kalau masih kurang, kamu bisa mengambil kelas-kelas pengembangan diri.

5. Sering evaluasi

Via pxhere.com

Enggak ada hal yang sempurna. Oleh sebab itu sebaik apapun perencanaan dan pelaksanaan finansialmu, kamu tetap perlu sering melakukan evaluasi. Cek apa saja yang dapat membuatmu kesulitan uang. Evaluasi kondisi finansialmu dan cari cara untuk melakukan penghematan. Bahkan untuk pengeluaran-pengeluaran yang kamu anggap enggak bisa dikurangi lagi.

Perhatikan apakah kamu cenderung ingin menghabiskan semua uang yang kamu anggarkan atau malas mencari tambahan uang. Kamu jadi bisa melihat pola apa sajakah dalam hidupmu yang perlu diperbaiki.

Mengubah kebiasaan tentu saja awalnya enggak nyaman untuk dilakukan. Namun untuk mendapatkan kesuksesan yang kita idamkan, pikiran kita harus terbuka dan mau mengubah cara hidup kita. Lagipula, yang menuai hasilnya kita sendiri kan? Yuk mulai sekarang juga.


 

Leave a Reply