Yuk Mulai Gaya Hidup Sehat dengan Clean Eating!

Sekarang ini tren gaya hidup sehat yang diikuti oleh kaum millenial semakin bervariasi. Sebut saja gaya hidup minimalis, kind eating sampai gaya hidup Zen. Salah satu tren gaya hidup yang mungkin sudah kamu kenal adalah gaya hidup sehat dengan clean eating.

Walau Clean Eating sudah dikenal cukup lama, masih banyak orang yang mengganggap sulit untuk mengikuti gaya hidup sehat ini. Tanpa kita sadari kita masih sering mengkonsumsi makanan yang digoreng tanpa mengindahkan minyak yang membasahi bibir layaknya lip gloss di kala bersantai. Kita juga lebih memilih minuman dingin bersoda di kala terik matahari dibandingkan dengan air putih.

Pilihan pola makan yang seperti itulah yang memunculkan keresahan akan meningkatnya ancaman kesehatan seperti penyakit jantung, kanker, tumor, diabetes dan penyakit-penyakit berat lainnya di kalangan usia muda. Oleh karena itu, yuk mulai perhatikan pola makan kita dengan memulai gaya hidup sehat Clean Eating!

 

Yuk Mulai Gaya Hidup Sehat dengan Clean Eating!
via pexels.com

Apa itu Clean Eating?

Clean eating secara sederhana dapat diartikan  sebagai gaya hidup untuk memilih makanan yang akan dikonsumsi dengan lebih bijak. Pilihan dilakukan berdasarkan asal bahan makanan sebelum ada di piring kamu. Gaya hidup ini juga bisa dibilang sebagai metode memilih makanan yang terbaik dari semua kelompok makanan.

Mereka yang melakukan gaya hidup ini diharuskan untuk memilih makanan alami atau wholefood (makanan yang masih mendekati bentuk atau kondisi aslinya).  Biasanya makanan tersebut menghindari proses pengolahan yang lama. Dengan proses masak yang tidak lama tersebut, maka bentuk asli makanan pun tidak berubah banyak dan zat gizi yang terkandung di dalamnya pun tidak hilang.

Clean eating vs. Diet

Gaya hidup clean eating berbeda dengan diet pada umumnya. Jika diet memiliki target untuk menurunkan berat badan, maka clean eating dapat dilanjutkan sebagai gaya hidup untuk sehat seterusnya.

Manfaat Clean Eating

Mengkonsumsi nabati atau wholefood sangatlah baik dan menyehatkan. Menurut beberapa penelitian, mengkonsumsi buah dan sayuran dapat mencegah penyakit tertentu yang mengancam jiwa seperti tekanan darah tinggi, jantung, diabetes tipe 2. Selain itu, ternyata mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran dapat menstabilkan berat badan dan menyehatkan kulit dan rambut.

Tips untuk mulai gaya hidup Clean Eating

  1. Lakukan secara bertahap dan mulai terapkan displin diri dalam memilih makanan.
  2. Konsumsi buah-buahan dan sayuran segar lebih banyak. Buah-buahan dan sayuran lokal lebih baik karena minim zat pengawet.
  3. Perbanyak minum air putih.
  4. Hindari makanan yang digoreng seperti kentang goreng atau gorengan di pinggir jalan.
  5. Kurangi/batasi konsumsi gula dan garam.
  6. Hindari makanan/minuman dengan bahan pengawet dan gula buatan.
  7. Hitung nutrisi, bukan kalori.
  8. Hindari bahan makanan olahan atau sintetis. Lebih baik makan daging/unggas asli daripada daging olahan seperti sosis.
  9. Utamakan kualitas makanan, bukan kuantitas. Live to eat or eat to live? You choose.
  10. Hindari makanan yang dipanaskan dan makanan serupa produk.
  11. Pilih bahan makanan dari pasar lokal dan belajar masak sendiri!
  12. Kalau memang tidak ada pilihan, sesekali kamu bisa makan makanan yang bukan termasuk kategori “clean eating” tanpa rasa bersalah.

Tertarik untuk memulainya? Yuk lakukan gaya hidup sehat dengan clean eating sekarang juga untuk hidup lebih sehat!


 

Leave a Reply