7 Tanda Tubuhmu Mengalami Masalah Kesehatan

Seringkali kita mengabaikan sinyal-sinyal yang diberikan oleh tubuh. Akibatnya kamu terus mempraktekkan gaya hidup enggak sehat dan alpa untuk merawat tubuh. Sebagai generasi muda yang peduli akan kualitas hidup yang sehat, yuk buruan cermati apa kamu mengalami tujuh tanda tubuhmu mengalami masalah kesehatan di bawah ini.

1. Cincin di sekitar iris mata

tanda tubuhmu mengalami masalah kesehatan
via wikimedia.org

Coba kamu perhatikan matamu. Cermati daerah sekitar iris matamu. Apakah kamu melihat ada bagian berkabut berwarna putih atau abu-abu muda di sekitar atau sebagian iris matamu? Kalau jawabannya enggak, berarti kamu beruntung dan perlu terus menjaga kesehatanmu.

Bayangan ini dinamakan juga cincin kolesterol yang terbentuk di sekitar iris mata. Biasanya muncul pada orang-orang di atas umur 50 tahun. Namun, kalau muncul pada orang yang masih muda, ini bisa menandakan bahwa kamu memiliki tingkat kolesterol tinggi. Segera periksa ke dokter.

Bagi kamu yang enggak tahu apa itu iris mata, ini adalah daerah berbentuk gelang pada mata yang dibatasi oleh pupil dan bagian putih dari mata. Simpelnya, kalau kamu suka Benedict Cumberbatch, iris adalah bagian matanya yang berwarna biru dan digilai oleh perempuan sejuta umat. Jelas kan?

2. Rambut dan kuku rapuh

via staticflickr.com

Kamu susah punya kuku panjang karena sering patah? Kukumu tipis dan rapuh serta terlihat enggak sehat? Atau rambutmu pecah-pecah dan rontok?

Daripada menghabiskan uang untuk membeli produk kecantikan, lebih baik kamu mulai dari dalam. Kondisi ini kemungkinan disebabkan karena tubuhmu kurang vitamin B.

Vitamin B dibutuhkan tubuh untuk metabolisme sel dan perbaikan sel-sel tubuh. Konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin B seperti susu, nori, rumput laut dan jamur-jamuran. Kalau perlu kamu bisa menambahkan suplemen.

3. Gusi berdarah

via staticflickr.com

Pernah sikat gigi dan kamu melihat ada darah? Kemungkinan gusimu berdarah karena kekurangan vitamin C. Segera makan banyak makanan dan minuman yang mengandung vitamin C tinggi seperti jambu klutuk, jeruk, paprika, tomat, kubis, kembang kol, dan brokoli.

4. Kulit kering dan bibir pecah-pecah

via wikimedia.org

Kulit kering dan bibir pecah-pecah bisa jadi tanda kamu kekurangan vitamin E. Daripada beli pelembab tubuh dan pelembab bibir yang mahal, lebih baik perbanyak makan sayur-sayuran, minyak sehat, kacang-kacangan dan ikan. Kalau asupan vitamin E-mu cukup, dijamin kulitmu jadi cling!

5. Insomnia

via staticflickr.com

Kamu susah tidur? Insomnia bisa menjadi pertanda tingkat kortisol-mu dalam tubuh meningkat tajam di malam hari sebagai respon stres yang menumpuk di dalam tubuh. Ketika respon stresmu muncul, mekanisme alami tubuh untuk tidur dan meregenerasi sel-sel tubuh jadi terganggu. Akibatnya kamu jadi insomnia dan akhirnya sakit.

Segera edukasi dirimu untuk menangani stres. Kalau perlu datang ke dokter karena insomnia bisa menjadi tanda dari berbagai gejala penyakit lainnya seperti apnea, kolesterol tinggi dan lain sebagainya.

6. Ubanan sebelum berumur 40 tahun

via staticflickr.com

Jangan senang dulu, ini bukan tren mewarnai rambut perak dan putih yang marak dilakukan oleh generasi milenial sekarang ini secara gratis. Kamu harus mewaspadai hal ini jika ubanmu sudah mencapai 50% dari keseluruhan rambutmu, padahal kamu belum berumur 40 tahun. Kamu memiliki kemungkinan menderita diabetes. Jadi, segera pergi ke dokter untuk meminta diagnosa lengkap dan ikuti perawatan yang diperlukan.

7. Tubuh semakin pendek

via wikimedia.org

Walaupun manusia sudah berhenti bertumbuh tinggi sampai umur tertentu, bukan berarti kamu enggak bisa tambah pendek. Apa?? Yak benar, kamu enggak salah baca. Walaupun kamu sudah berada pada umur di atas usia pertumbuhan, ada baiknya kamu tetap mengukur tinggi badanmu.

Kalau tinggi badanmu menyusut, bukan berarti alatnya yang salah, namun kemungkinan tulangmu mulai keropos karena osteoporosis. Apalagi kalau kamu masih muda. Kalau hal ini terjadi padamu, itu tanda bahwa kamu kurang menjaga kesehatan tulangmu. Kalau enggak hati-hati, kamu bisa terkena banyak masalah tulang ketika tua, seperti patah tulang pinggul dan punggung bungkuk.

Untuk melindungi tulang, pastikan kamu mendapatkan cukup kalsium, dan vitamin D, melakukan olah raga (angkat beban adalah yang paling baik) serta relaksasi. Jangan anggap remeh pentingnya terhindar dari stres. Hal ini dapat membantu tulangmu untuk menguatkan diri!

Nah, tanda-tanda mana yang sudah kamu rasakan saat it? Yuk share jawabanmu di kolom komentar di bawah ini dan mulai jalanji hidup sehat kesehatan.


 

Leave a Reply