5 Aplikasi Olah Otak agar Kamu Cerdas Tangkas

Siapa sih yang nggak mau punya ingatan kuat dan otak yang pintar? Pastinya semua orang pengen dong. Sayangnya nggak semua orang diberkahi dengan bakat dan otak yang cemerlang. Namun jangan patah semangat guys. Bakat bisa dilatih dengan ketekunan. Nggak ngerti caranya? Tenang! Sekarang kan jamannya aplikasi. Unduh aplikasi olah otak di bawah ini agar pikiranmu makin tajam.

1. Lumosity


Lumosity adalah aplikasi paling populer untuk permainan olah otak. Permainannya yang menarik dan terbagi dalam tahapan-tahapan kesulitan membuatmu terpacu untuk meningkatkan kemampuanmu.

Aplikasi ini terbagi menjadi sesi-sesi yang terdiri dari tiga permainan. Tiap permainan disesuaikan dengan target pengguna, baik ingatan, fokus, pemecahan masalah, kecepatan memproses atau fleksibilitas berpikir. Tiap permainan dihitung waktunya dan berubah-ubah.

Pencipta permainan ini mengatakan bahwa satu sesi per hari dapat meningkatkan kemampuan otak. Pengguna juga dapat mengawasi perkembangannya dan membandingkan hasilnya dengan pengguna lain.

2. Happify


Happify adalah aplikasi yang melatih otakmu untuk menjadi lebih bahagia. Unik kan? Riset membuktikan bahwa beberapa aktivitas dalam aplikasi ini mampu membangun kemampuan untuk mengeliminir pemikiran negatif, menunjukkan rasa bersyukur, menghadapi stres, dan berempati. Semuanya adalah elemen penting untuk memiliki hidup yang lebih bahagia dan memuaskan.

Aplikasi ini menggunakan dasar-dasar psikologi positif. Keilmuan tersebut dituangkan dalam permainan-permainan yang mampu mendorong seseorang untuk menciptakan hidup yang memuaskan seperti kuis, tes pilihan, dan jurnal syukur yang dikombinasikan dengan komunitas yang juga positif.

Hal ini akan sedikit demi sedikit menciptakan kebiasaan dan kebiasaan yang mampu mengubah hidup. Tujuannya adalah untuk membangun keahlian-keahlian ini dan membuat pengguna tetap tersenyum sepanjang hari.

3. Eidetic

via staticflickr.com

Eidetic menggunakan teknik yang disebut dengan repetisi berjarak untuk membantu dalam mengingat apapun dari telpon rumah sampai kata atau fakta menarik. Aplikasi ini berbeda dari yang lainnya. Hal ini dikarenakan penggunaan alat beragam yang memiliki arti atau konteks tersendiri.

Seperti contoh; nomor telepon pacar, detil rekening bank, atau kutipan baru yang bagus untuk diingat. Aplikasi ini juga memiliki alarm untuk mengingatkanmu ketika sudah waktunya untuk menguji dirimu dan memberi jarak waktu agar kamu mampu mengingat secara jangka panjang.

4. CogniFit Brain Fitness


CogniFit Brain Fitness bekerja untuk meningkatkan kemampuan kognitif seperti ingatan dan konsentrasi dengan permainan yang mudah, seru, dan bikin nagih. Namun jangan kira permainannya ecek-ecek. Semua permainan didesain oleh para ahli syaraf. Pengguna dapat mengamati perkembangan dan mengakses informasi mengenai kesehatan otak secara keseluruhan.

Kalau kamu suka bersaing, kamu bisa mengundang temanmu untuk berkompetisi. Aplikasi ini akan semakin sulit menyesuaikan dengan profilmu dan memberikan rekomendasi berdasarkan hasilmu. Berdasarkan penelitian, aplikasi ini memberikan hasil kepada pengguna yang memainkan aplikasi ini dua sampai tiga kali seminggu, seenggaknya 20 menit.

5. Fit Brains Trainer


Fit Brains Trainer  terdiri dari 360 permainan dan puzzle unik yang bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan ketangkasan pikiran melalui serangkaian latihan. Tiap sesinya akan semakin sulit sesuai dengan peningkatan yang kamu dapatkan.

Selalu akan ada tantangan untuk memberikanmu olah otak. Untuk hasil terbaik, kamu bisa menggunakan alat pengamatan kinerja untuk mengukur peningkatan dan memberikan rekomendasi latihan olah otak.

Dari lima aplikasi di atas, mana yang kamu pilih untuk melatih otakmu agar semakin tajam?


 

Leave a Reply