Memangnya Ada Sisi Positif dari Sifat Malas? Ada lho!

Setiap hal memiliki sisi positif dan negatif, tapi yang mana lebih dominan tergantung bagaimana kita menyikapinya. Termasuk dari sifat malas yang seringkali merugikan banyak orang. Kalau kita mau mengambil sisi positifnya, ternyata ada juga lho sisi positif dari sifat malas. Yuk sejenak kita lihat sisi positif dari sifat malas tersebut.

1.      Inovatif dan kreatif

Memangnya Ada Sisi Positif dari Sifat Malas?
Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Orang malas enggak ingin bertele-tele atau sulit untuk mengerjakan sesuatu. Oleh karena itu, mereka suka memikirkan bagaimana membuat sesuatu menjadi lebih mudah dan enggak membuat mereka susah. Mereka akan memikirkan sesuatu yang “out of the box” dari yang dilakukan kebanyakan orang. Mereka akan membuat sesuatu yang inovatif dan kreatif untuk mempermudah pekerjaannya.

2.      Fokus dan efisien

Memangnya Ada Sisi Positif dari Sifat Malas?
via pixabay.com

Orang malas biasanya sering mengerjakan tugasnya pada saat-saat terakhir atau last minute. Walaupun secara pandangan umum hal ini negatif, namun ternyata orang jadi cenderung lebih fokus dengan mengabaikan hal-hal yang dapat menghambat kinerja seperti melihat sosial media atau melakukan multi tasking. Selain itu mengerjakan tugas pada detik-detik terakhir akan menstimulasi otak untuk berpikir dan menyelesaikan tugas.

3.      Lebih memikirkan arti hidup lebih dalam

Memangnya Ada Sisi Positif dari Sifat Malas?
via pixabay.com

Orang malas ketika sedang duduk atau tiduran dengan mata terbuka dan melihat ke suatu arah biasanya sedang berpikir mengenai sesuatu. Seperti tujuan hidupnya, orang lain dan/atau introspeksi diri. Jadi, diam bukan berarti tidak melakukan apa-apa, karena berpikir juga termasuk kegiatan yang berat.

4.      Dapat mengurangi tingkat stres

Memangnya Ada Sisi Positif dari Sifat Malas?
Photo by rawpixel.com from Pexels

Orang malas biasanya menyusun prioritas dalam melakukan hal-hal yang harus dikerjakannya. Sehingga walau malas, dia akan tetap menyelesaikan tugasnya, walaupun hanya dia dan Tuhan yang tahu kapan dia akan mengerjakannya.

Dengan waktu pengerjaan tugas yang semaunya, sebenarnya mereka enggak menumpuk stres dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain. Setelah satu pekerjaan selesai, ia akan rehat sejenak. Hal ini dapat mengurangi tingkat stres mereka.

5.      Pintar dalam pendelegasikan tugas

Memangnya Ada Sisi Positif dari Sifat Malas?
via pixabay.com

Orang malas bisa menjadi seorang observer yang pintar melihat potensi dari orang lain. Oleh karena itu apabila mereka berada di posisi sebagai pemimpin, mereka dapat memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan orang-orang di bawahnya.

Nah, itu adalah sisi positif dari sifat malas. Tapi tentunya sifat malas akan lebih banyak merugikan jika kita tidak bisa mengendalikannya. Apakah kamu tahu cara mengendalikannya? Yuk share cara kamu menangani ketika rasa malas melanda di kolom komentar di bawah ini.


 

Leave a Reply