7 Tips Memulai Bisnis Online Shop Dengan Modal Gadget Saja

Bagi kalian yang masih SMA atau kuliah bisnis ini cocok untuk kalian. Hanya dengan modal gadget tanpa harus mengeluarkan modal berjuta-juta yang bikin tabungan kalian merana, kalian sudah bisa menambah uang jajan. Bahkan kamu tidak perlu lagi minta uang saku dari orang tua. Buat kamu yang ingin mencari tambahan uang atau memang berniat untuk mulai berbisnis sendiri tapi enggak punya banyak modal, kamu bisa mulai dengan membuka online shop. Penasaran bagaimana caranya memulai bisnis online shop yang gratis tis? Yuk simak 7 tips bisnis online shop dengan modal gadget berikut ini:

1) Riset Apa yang Ingin Kita Jual

via pxhere.com

Pertama-tama kalian harus tahu apa yang ingin kalian jual atau apa yang sedang tren di pasaran. Setelah tahu apa yang sedang menjadi trend di pasaran kalian bisa mulai catat barang apa yang sedang digemari oleh para netter. Hitung-hitung menajamkan intuisi kita sebagai seorang pebisnis yang handal.

Kalian bisa fokus untuk menjual satu produk saja atau menjual semua produk yang ada. Namun tentunya dengan akun media sosial yang berbeda-beda. Jangan dicampur aduk ya, karena konsistensi kita sebagai penjual pun perlu dan penting.

2) Mencari Nama Media Sosialmu

via flickr.com

Menentukan nama sosial mediamu adalah bagian penting dalam branding. Jangan remehkan, memilih nama yang baik. Meskipun di awal-awal kita hanya menjual produk orang lain namun membangun branding tetap merupakan keharusan. Tips paling jitu sih memilih nama yang kebarat-baratan, karena menurut orang itu keren. Namun banyak juga kok yang sukses dengan nama-nama asli Indonesia.

3) Riset Siapa Saja Distributor Kita

via wikimedia.org

Karena modal kita nol rupiah kita harus mencari distributor yang menerima reseller ataupun dropshipper. Cukup dengan modal tagar di instagram kita bisa memilih banyak distributor di situ. Catat dan pilih yang sesuai dengan karakter tokomu dan tidak akan merusak citra tokomu. Lalu hubungi mereka via WA atau DM. Biasanya mereka pasti merespon dengan baik dan cepat. Memilih lebih dari satu distributor tidak apa-apa asal kita mencatat produk-produk mereka dengan baik, supaya tidak bingung nantinya saat pelanggan ingin memesan.

4) Membuat Akun Sosial Media

via flickr.com

Sekarang sudah banyak e-commerce seperti Shopee, Tokopedia dan lain-lain. Ayo manfaatkan! Buat akun sosial mediamu dan daftarkan tokomu di berbagai situs e-commerce sebanyak-banyaknya.

5) Belajar Strategi Marketing Online

via pixabay.com

Perjuanganmu belum berakhir, kawan. Jangan hanya berhenti di sini! Setiap sosial media memiliki trik-trik khusus bagaimana cara memaksimalkan penggunaan mereka dalam berbisnis. Kita bisa pelajari trik-trik ini melalui Google atau Pinterest. Belajar kapan waktu yang tepat untuk mem-posting sosial media pun penting lho!

6) Mengumpulkan Modal

via pixabay.com

Nah, setelah bisnismu berjalan, kelola keuangannya dengan baik dan benar> lalu ciptakan produkmu sendiri untuk menjaring reseller dan dropshipper atau bahkan mengembangkan sayap bisnismu ke bidang lain yang lebih menjanjikan.

7) Mulai Sekarang Juga!

via flickr.com

Ide dan keinginan sebaiknya jangan diangan-angankan. Kamu harus berani keluar dari zona nyaman saat ini juga, detik ini juga. Memulai suatu proses meskipun itu lambat jauh lebih baik dari pada tidak melakukan apa-apa sama sekali. Yuk mulai sekarang!


 

Leave a Reply