5 Jenis Cuaca dan Pengaruhnya bagi Produktivitas

Pernah enggak waktu berangkat kerja dan hari cerah semangatmu jadi melambung, tapi ketika sampai kantor hujan turun, kamu jadi malas kerja? Ternyata ini bukan kebetulan. Menurut studi, cuaca memang mempengaruhi keadaan emosional manusia dan tentu saja mempengaruhi produktivitas kita.

Apa saja sih pengaruhnya dan apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kondisi cuaca yang enggak ideal? Yuk baca terus 5 jenis cuaca dan pengaruhnya bagi produktivitas berikut ini.

1. Cerah

jenis cuaca dan pengaruhnya bagi produktivitas
via wikimedia.org

Saat matahari bersinar cerah, biasanya kita juga jadi semangat. Otak kita memang dirancang untuk aktif dan fokus saat matahari bersinar. Kita secara naluri akan menganggap bahwa siang hari adalah saat produktif untuk bekerja.

Namun, hari cerah juga mengirimkan sinyal lain ke otak kita, yaitu waktunya bermain-main! Kamu mungkin malah jadi enggak fokus dan pikiranmu kemana-mana. Kalau kamu duduk dekat jendela, lebih baik kamu menutup dulu pemandangannya dengan tirai.

2. Terik

jenis cuaca dan pengaruhnya bagi produktivitas
via publicdomainpictures.net

Bagaimana kalau matahari bersinar terlalu terik dan akibatnya udara menjadi panas? Udara panas ternyata merupakan penyebab umum penurunan produktivitas. Kamu harus mengeluarkan energi lebih untuk beraktifitas pada saat suhu udara naik.

Umumnya karyawan akan lebih mudah kelelahan dan mengalami gejala fisik seperti mual, pusing, atau frustrasi karena kepanasan di tempat kerja. Pada saat seperti ini harus diperhatikan kondisi ventilasi tempat kerja.

Selain suhu pendingin ruangan perlu disesuaikan, kamu juga bisa mengkonsumsi makanan dan minuman yang bisa mendinginkan dan meningkatkan kekebalan tubuh seperti air kelapa, buah-buahan dengan kadar air tinggi, vitamin C dan tentu saja minum air yang banyak. Hindari dulu makanan-makanan yang membuat suhu tubuhmu naik.

3. Mendung

jenis cuaca dan pengaruhnya bagi produktivitas
via wikimedia.org

Kalau awan mendung sudah menggantung rasanya semangat kerja jadi rendah. Ternyata, menurut penelitian mendung memang bikin motivasi bekerja jadi turun.

Rupanya kurangnya sinar matahari dan ruang kerja yang lebih gelap mengirimkan tanda ke otak untuk rileks sehingga karyawan jadi merasa ngantuk. Agar kamu tetap semangat kerja, gunakan lampu LED di meja kerjamu yang menghasilkan cahaya lebih terang dan lebih alami sehingga otakmu terus bersemangat untuk melanjutkan kerja dan menyelesaikan tugas.

4. Hujan

via maxpixel.freegreatpicture.com

Kamu tidur lebih nyenyak saat hujan? Wajar saja karena suara hujan memang menimbulkan white noise yang membuat otak rileks dan siap untuk tidur. Apalagi kalau hujan disertai petir, kamu jadi semakin terdistraksi dari pekerjaanmu.

Kalau kamu bekerja di dekat jendela, tutup dengan tirai agar kamu lebih fokus. Kamu juga bisa menggunakan earphone dan mendengarkan musik yang bertempo cepat agar kamu tetap semangat kerja.

5. Udara dingin

jenis cuaca dan pengaruhnya bagi produktivitas
via media.defense.gov

Jika sepanjang hari hujan dan suhu udara turun, ternyata kondisi ini malah bagus untuk bekerja. Saat udara dingin, kamu akan cenderung bergerak sedikit lebih cepat. Namun, kalau terlalu dingin, kamu malah akan frustasi sehingga pekerjaanmu terganggu dan malah menghentikan produktivitasmu.

Bicarakan dengan pihak manajemen untuk menjaga keadaan kantor agar suhu tetap nyaman. Siapkan jaket dan pelindung dingin di kantor agar kamu selalu siap sedia dan tetap bekerja penuh semangat.

Dari lima cuaca di atas, mana cuaca favoritmu dan apa yang kamu lakukan untuk tetap produktif?


 

Leave a Reply